ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 03 Juli 2020 | 13 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Keenam Hal Ini Pantang Dilakukan Saat Menstruasi

31 March 2018 20:08:21
Keenam Hal Ini Pantang Dilakukan Saat Menstruasi
Foto: Arwini

ChanelMuslim.com – Seringkali abai pada hal-hal sederhana saat menstruasi bisa memicu sejumlah risiko berbahaya. Misalnya, saat menstruasi wanita masih suka meminum kopi atau minuman beralkohol mengakibatkan kram perut. Tentu saja hal ini tidak menyenangkan.

Dikutip dari Klikdokter, setidaknya ada 6 hal yang pantang dilakukan saat menstruasi, yaitu:

1. Berhubungan seks tanpa pengaman

Berubungan seks tanpa pengaman mampu meningkatkan peluang terkena infeksi kemaluan jadi lebih tinggi. Berhubungan seksual saat menstruasi juga akan meningkatkan risiko bagi suami untuk tertular beberapa penyakit tertentu melalui darah. Hal tersebut karena darah merupakan media yang baik bagi tumbuh dan berkembangnya kuman penyakit. Dalam Islam juga tidak dianjurkan untuk berhubungan seks ketika wanita sedang menstruasi.

2. Minum kopi

Seperti yang sudah disebutkan bahwa kebanyakan wanita masih meminum kopi saat menstruasi. Padahal, kopi mampu meningkatkan rasa nyeri. Karena itu, sebaiknya ganti kopi dengan air putih atau teh herbal. Ahli gizi juga merekomendasikan wanita yang sedang haid untuk mengonsumsi makanan yang rendah gula, buah dan sayur segar, gandum utuh, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Mengabaikan warna darah

Memperhatikan warna darah dapat membantu mengetahui kondisi kesehatan. Warna darah normal selama periode mulai dari bercak cokelat pada hari pertama, warna cerah merah, lalu cokelat gelap pada hari terakhir. Jika ditemukan warna darah yang tidak biasa, misalnya oranye dan abu-abu bercampur merah, lebih baik diperiksakan ke dokter guna mengetahui lebih lanjut.

4. Tidak mengganti pembalut secara rutin

Tidak terlalu sering mengganti pembalut juga perlu diperhatikan. Waktu yang tepat untuk mengganti pembalut sekitar 6 jam. Bahkan bisa lebih cepat jika sudah merasa tidak nyaman. Hal ini dilakukan demi membantu menghindari rasa gatal pada organ intim.

5. Tidak memantau siklus menstruasi

Hal sepele ini sering diabaikan wanita. Memantau siklus menstruasi bukan hanya digunakan saat program hamil. Namun, siklus menstruasi perlu dipantau agar dapat mengetahui banyak hal tentang pola menstruasi diri sendiri. Sehingga jika ada hal tidak beres yang terjadi, identifikasi sedini mungkin akan lebih baik.

6. Menggunakan sabun pembersih vagina

Menggunakan sabun pembersih vagina saat menstruasi sama sekali tidak dianjurkan. Vagina wanita sudah dianugerahi mekanisme pembersihan sendiri. Lebih baik membersihkan vagina secara alami dengan menggunakan air bersih, dan jangan membersihkannya terlalu sering dalam sehari.

Itulah keenam hal pantang dilakukan saat menstruasi. Terapkan hal ini agar tubuh terbebas dari risiko penyakit berbahaya. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya ketika menstruasi datang setiap bulan. (Wnd)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
10 September 2019 14:09:39

5 Manfaat Daun Mint bagi Kesehatan

 
ADVERTORIAL
03 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
KESEHATAN
19 March 2018 16:38:26

Menjaga Kodisi Kesehatan Ibu Pasca Melahirkan

 
KESEHATAN
05 April 2019 08:00:02

Ini 5 Cara Ampuh Kurangi Perut Kembung

 
KESEHATAN
21 December 2017 08:45:22

Lakukan Hal Ini Jika Jantung Berdebar Selepas Minum Kopi

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284