ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 10 Desember 2019 | 13 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
KESEHATAN

Ini Faktanya Penyebab Anak Memiliki Lubang Kecil di Dekat Telinga

08 January 2018 11:35:54
Ini Faktanya Penyebab Anak Memiliki Lubang Kecil di Dekat Telinga

ChanelMuslim.com – Beberapa mitos orang jaman dahulu terkait lubang

 kecil di dekat telinga dianggap lantaran ketika masa kehamilan, ibu hamil tersebut memaku sesuatu sehingga bayi yang dilahirkannya memiliki lubang kecil di dekat telinga. Meskipun kondisi seperti ini jarang terjadi dan sering kali disebut langka, ternyata ada penjelasan secara ilmiah terkait kejadian lubang kecil di dekat telinga.

Di Inggris, kondisi daun telinga yang berlubang hanya 1%, di Afrika 9%, dan di Asia 4-10%. Kondisi ini disebut sebagai preauricular sinus. Sederhananya, lubang ini merupakan malformasi dari bintil atau lesung yang terbentuk di dekat telinga. Preauricular sinus merupakan efek warisan kelahiran. Kondisi ini pertama kali didokumentasikan pada tahun 1864 oleh dokter Van Heusinger.

Lubang kecil ini umumnya muncul di salah satu daun telinga saja namun saat ini 50% orang mengalami kondisi ini pada dua daun telinganya. Menurut Neil Shubin, seorang ilmuwan biologi, lubang tersebut bisa jadi sisa evolusi dari insang ikan.

Meskipun terbilang aneh tetapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari kondisi ini karena tidak memberikan dampak yang amat serius. Risiko memiliki lubang ini adalah kemungkinan infeksi namun hal ini dapat dengan mudah diatasi dengan antibiotik.

Ini fakta penjelasan ilmiah penyebab terjadinya lubang kecil di dekat telinga, adalah:

1. Adanya kegagalan dari penutupan hillocks of His (tonjolan) pada arkus branchialis pertama dan kedua yang akan membentuk daun telinga, pada tahapan embrionik. Kegagalan ini terjadi saat janin berusia 4 dan 6 minggu. Gangguan penutupan inilah yang menyebabkan fistula preaurikular kongenitan

2. Embriologi Pengembangan lengkungan branchial daun telinga terbentuk selama minggu keenam kehamilan. Lengkungan branchial pertama dan kedua menimbulkan serangkaian 9 proliferations mesenchymal dikenal sebagai hillocks, untuk membentuk daun telinga definitif. Cacat atau tidak lengkap penggabungan selama pembentukan aurikularis dianggap sebagai sumber kelainan sinus preauricular. Teori lain menunjukkan bahwa lipat lokal dari ektoderm selama aurikularis pembangunan adalah penyebab pembentukan sinus preauricular.

3. Genetika aktivasi gen yang benar sekuensial diperlukan untuk telinga normal dan perkembangan wajah. Penelitian menunjukan adanya gangguan urutan aktivasi gen pada hewan laboratorium pengembangan mengganggu perkembangan telinga. Studi hubungan genetik analisis menunjukkan bahwa bawaan preauricular sinus pada kromosom 8q11.1-q13.3

4. Bagian aparat neurologis, koklea, saraf pendengaran dan bentuk dalam hubungannya dengan struktur telinga luar selama tahap awal perkembangan. Kelainan eksternal berhubungan dengan kelainan neurologis dalam.

Fakta tersebut mengungkapkan bahwa anak yang memiliki lubang kecil di dekat telinga bukan lantaran sang ibu ketika hamil mematu sesuatu tetapi disebabkan adanya gangguan perkembangan janin di usia 4 dan 6 minggu. Untuk itu, periode kehamilan sedapat mungkin dijaga dengan baik demi kesehatan ibu dan janin. (Wnd/WjbBc)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
18 March 2019 16:41:04

Tips Pemakaian Masker Medis secara Benar

 
KESEHATAN
29 October 2018 09:30:01

5 Manfaat Kedelai untuk Kesehatan

 
KESEHATAN
10 January 2019 09:12:51

7 Manfaat Konsumsi Beras Merah bagi Kesehatan

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284