ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 03 Juni 2020 | 12 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Hindari Kanker Kulit dengan Rutin Makan Tomat

18 December 2017 13:26:01
tomat kanker kulit UV

ChanelMuslim.com – Tomat merupakan salah satu hasil pertanian

 Indonesia yang mudah ditemukan dimanapun. Bahkan setiap hari, tomat sudah tidak asing ada dalam makanan atau minuman. Ternyata, buah yang berwarna merah atau hijau ini memiliki manfaat untuk kesehatan kulit.

Seperti dilansir dari hellomagazine.com, penelitian yang dilakukan di Ohio State University membuktikan bahwa nutrisi dalam sebuah tomat dapat mengubah risiko kanker kulit.

Dengan mengkonsumsi tomat mampi menurunkan sampai 50 persen risiko kanker kulit terhadap objek penelitian yang mengkonsumsi tomat setiap minggunya dibandingkan yang tidak. Study co-author Jessica Cooperstone juga mengatakan bahwa tomat dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Tomat memiliki kandungan Likopen yang terbukti sebagai antioksidan paling efektif. Kandungan likopen untuk mencegah kemerahan akibat paparan sinar UV yang menjadi salah satu faktor penyebab kanker kulit. Kandungan lain di dalam sebuah tomat terdiri dari vitamin C, vitamin A, potasium, vitamin K, serat, asam folat, vitamin B6, vitamin B3, dan zat besi.

Aktifitas likopen pada tomat membantu memerangi kanker seperti kanker prostat, kanker serviks, kanker perut dan rektum, serta juga kanker tenggorokan. Berdasarkan studi yang dilakukan Harvard School Public Health, likopen pada tomat juga mampu untuk mencegah kanker payudara dan kanker mulut.

Selain kandungan antioksidannya yang tinggi, satu buah tomat juga mengandung sekitar 40% vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan alami yang mampu mencegah dan melawan kanker yang disebabkan karena radikal bebas akibat kerusakan sistem tubuh.

Tomat juga mengandung sejumlah vitamin A dan potassium yang tinggi. Selain itu, vitamin K juga tersedia pada buah ini. Vitamin K sendiri merupakan vitamin yang dibutuhkan untuk mempercepat penutupan bekas luka yang berdarah. Dengan mengkonsumsi jus tomat secara rutin dua kali sehari selama delapan minggu dapat meringankan gejala menopause. Selain sebagai jus, tomat juga dapat digunakan sebagai masker wajah alami tradisional sebelum tidur.

Hal ini bermanfaat untuk menangkal efek radikal bebas dari paparan sinar UV setelah seharian beraktifitas di luar ruangan. Karena jika dibiarkan akan mengakibatkan penuaan dini, keriput, dan munculnya flek hitam pada wajah. Beberapa produk kecantikan baik lotion, masker, maupun kapsul memilih tomat sebagai salah satu bahan dasar produk kecantikan yang bermanfaat melindungi dan mempercantik kulit dari efek buruk sinar UV. (Wnd/Fmlnia)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tomat kanker kulit uv
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
06 November 2014 12:36:05

Thibbun Nabawi Sebagai Metode Pengobatan Bukan Alternatif

 
 
KESEHATAN
18 April 2019 10:28:18

Brocolini dan Manfaat Kesehatan Mengkonsumsinya

 
KESEHATAN
16 February 2019 10:14:21

Turunkan Kolesterol dengan 5 Bahan Makanan Ini

 
KESEHATAN
15 February 2018 15:24:42

Cermat Konsumsi Pisang Bagi Penderita Diabetes

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284