ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 17 November 2019 | 20 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Essential Oil, Tren Pengobatan Alami Keluarga yang Kaya Manfaat

10 July 2019 09:00:02
Essential oil, manfaat kesehatan minyak essential,
Essential Oil (source: poradma)

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, tahukah sejak awal tahun ini penggunaan Minyak Essentials Oil di dalam keluarga tengah jadi perbincangan. Bagaimana minyak yang berasal dari berbagai tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir laman doktersehat.com memaparkan bahwa Minyak esensial atau essential oil adalah jenis minyak nabati yang memiliki wujud cairan kental jika disimpan pada suhu ruangan.

Minyak ini memiliki sifat yang mudah menguap dan dapat memberikan aroma yang khas. Essential oil juga dikenal dengan beberapa nama lain mulai dari minyak atsiri, minyak terbang atau volatile oil, dan juga eterik oil.

Minyak esensial biasanya digunakan sebagai bahan dasar wangi-wangian, bibit minyak wangi, hingga minyak untuk pengobatan. Senyawa yang menyusun minyak atsiri adalah senyawa yang rumit, tapi umumnya terdapat satu senyawa yang lebih kuat atau dominan yang mendominasi aroma dari minyak tersebut.

Tak hanya wangi, minyak essentials memiliki banyak manfaat kesehatan sesuai dengan jenis minyak Essentials gang dipilih. Secara umum berikut manfaat kesehatan menggunakan minyak Essentials Oil'

1. Essentials Oil bisa meningkatkan mood

Minyak esensial dapat memberikan efek psikologis terhadap yang menghirup udaranya. Penggunaan minyak esensial dapat memberi ketenangan dan memperbaiki mood seseorang. Beberapa jenis essential oil yang baik untuk memperbaiki mood adalah seperti essential oil lemon, chamomile essential oil, lavender essential oil. Aroma tersebut bahkan paling disukai oleh masyarakat tanah air.

2. Essentials Oil dapat mengatasi stres dan kecemasan

Selain meningkatkan mood, manfaat minyak esensial selanjutnya adalah dapat juga mengurangi stres dan juga gejala kecemasan. Hal ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya yang menyatakan bahwa minyak esensial dapat mempengaruhi psikogis seseorang.

Contohnya seperti minyak esensial lavender dan peppermint yang mampu untuk menurunkan hormon kortisol atau chamomile essential oil yang dapat membantu relaksasi tubuh.

Essential Oil,  Tren Pengobatan Alami Keluarga yang Kaya Manfaat

3. Essentials Oil bisa mengatasi gangguan tidur

Manfaat essential oil yang ketiga adalah mengatasi gangguan tidur. Khasiat essential oil yang dapat meningkatkan mood dan mencegah stres tentunya juga berpengaruh pada pola tidur seseorang. Masalah gangguan tidur banyak disebabkan oleh stres dan depresi, sehingga penggunaan minyak esensial yang dapat menenangkan juga akan membantu untuk tidur lebih teratur.

4. Essentials Oil baik untuk pencernaan

Essential oil ternyata juga dapat membantu menggatasi masalah pencernaan. Salah satu jenis minyak esensial yang baik untuk pencernaan adalah seperti peppermint essential oil. Minyak yang satu ini dapat membantu mengatasi kelebihan gas pada perut.

Selain itu, minyak seperti lavender dan minyak kayu putih adalah minyak yang ampuh membantu mengatasi sakit perut. Penggunaannya mudah sekali, hanya perlu dioleskan langsung ke perut.

5. Essentials Oil bisa menekan nafsu makan

Nafsu makan yang tidak terkendali juga tidak baik untuk tubuh. Menekan nafsu makan ternyata juga merupakan manfaat essential oil. Jenis essential oil yang dapat membantu menekan nafsu makan adalah grapefruit essential oil.

6. Essentials Oil membantu mengobati pilek dan flu

Manfaat essential oil selanjutnya adalah mengobati pilek dan flu. Saat musim hujan datang, penyakit ini memang sering kali muncul. Ada baiknya untuk mencoba pengobatan rumahan menggunakan minyak esensial lebih dulu dibandingkan dengan langsung mengonsumsi obat-obatan.

Menguap hidung menggunakan campuran air hangat yang diberi tetesan minyak kayu putih atau minyak eukaliptus bisa menjadi pengobatan yang tepat.

Aroma minyak kayu putih dapat membantu merelaksasi otot hidung dan adanya sifat antibakteri dari minyak ini juga baik untuk mencegah infeksi.

Essential Oil,  Tren Pengobatan Alami Keluarga yang Kaya Manfaat

Cara Menggunakan Essentials Oil

Secara umum cara menggunakan essentials oil dengan cara mengaplikasikan langsung dan menghirupnya juga berbeda-beda.

Ada essential oil yang bisa langsung diaplikasikan atau ada juga yang dilarutkan dengan media tertentu seperti menggunakan cuka, minyak tanaman lain seperti minyak kelapa, minyak bunga matahari, atau minyak zaitun, atau dengan lidah buaya.

Sedangkan untuk menghirup essential oil, Anda dapat mencampurkannya dengan air untuk mandi, menghirupnya langsung dari botol, menggunakan sapu tangan, atau mencampurkannya dengan air dan menyemprotkannya.

Biasanya sebagian produk essential oil mungkin sudah disertai dengan cara penggunaannya, sehingga sebaiknya lakukan sesuai dengan saran yang ada pada kemasan.

Meski relatif mahal, banyak keluarga yang beralih ke Minyak Essential karena aman dan bebas dari bahan kimia.

Bagaimana dengan Sahabat Muslim semua? [jwt/dokter sehat]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
essential oil
manfaat kesehatan minyak essential
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
10 January 2018 21:50:08

Mengenal Press Needle Therapy, Akupunktur Tanpa Jarum

 
KESEHATAN
24 July 2018 14:50:00

Ini Alasan Jeruk Baik Bagi Mata

 
 
KESEHATAN
09 May 2019 06:36:38

Panduan Asupan Nutrisi Anak selama Ramadan

 
KESEHATAN
09 April 2018 13:53:41

Inilah Makanan Terbaik Untuk Ginjal Sehat

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284