ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 13 Agustus 2020 | 24 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Cara Atasi Mual Makan Daging dan Ikan bagi Ibu Hamil

17 July 2018 12:13:18
kesehatan, kehamilan, nutrisi, daging, ikan
Foto: Kitanesia

ChanelMuslim.com – Kehamilan selalu memiliki banyak mitos menakutkan. Tidak hanya mitos, kehamilan selalu sukses membuat ibu hamil cenderung tidak enak ini dan itu. Bahkan ibu hamil sering tidak bernafsu makan karena rasa mual yang berkepanjangan.

Padahal ibu hamil harus mengonsumsi makanan bergizi. Salah satunya makanan dengan kandungan protein hewani tinggi seperti daging, ikan, dan telur. Tidak jarang beberapa kampanye makan sehat sengaja diperuntukan untuk ibu hamil. Apalagi pada fase awal kehamilan. Edukasi untuk rutin mengonsumsi hati ayam, telur, dan ikan sangat gencar dilaksanakan.

Makanan berprotein hewani sangat penting bagi ibu hamil. Makanan tersebut padat gizi dengan mutu gizi tinggi dan mudah diserap tubuh. Dikutip dari DokterSehat, selama ibu hamil tidak mengalami alergi akan makanan berprotein, ibu hamil sebaiknya tetap mengonsumsi makanan berprotein hewani dalam bentuk segar, bukan mencari pengganti makanan lain atau mengonsumsi suplemen. Untuk itu beberapa cara berikut ampuh mengatasi mual akibat konsumsi makanan berprotein hewani bagi ibu hamil, yaitu:

1. Mengurangi risiko terjadinya morning sickness

Sebaiknya mengonsumsi makanan yang tepat saat pagi hari, misalnya makanan yang kering dan tidak berbumbu yaitu biskuit gandum, atau krakers. Mengurangi morning sickness bisa menjadi langkah bagi ibu hamil bisa mengonsumsi makanan berprotein hewani lebih baik saat makan utama di pagi, siang, malam, maupun saat camilan.

2. Perbanyak mengonsumsi makanan atau minuman dari jahe

Makanan atau minuman dari jahe bisa jadi pilihan untuk mengatasi rasa mual pada ibu hamil. Ibu bisa mengonsumsi jahe lebih sering baik sebelum makan, di jeda waktu makan, atau menambahkan jahe pada berbagai camilan makanan dan minuman ibu hamil.

3. Memberikan banyak bumbu dan rempah alami yang menyegarkan untuk makanan berprotein hewan

Usahakan memberikan banyak bumbu alami yang menyegarkan, misalnya bumbu kuning tanpa santan, yang akan membuat makanan berprotein hewani menjadi lebih segar saat akan dikonsumsi ibu hamil. Ditambah dengan sayuran yang menyegarakan seperti sayur asam sehingga meningkatkan nafsu makan ibu hamil.

4. Hindari menyajikan makanan berprotein hewani dengan metode yang berlemak

Sajikan makanan berprotein hewani dengan metode rebus, kukus atau bakar dengan bumbu dan rempah alami. Jangan menyajikan makanan berprotein hewani dengan metode deep frying atau goreng tepung.

Cara tersebut dapat diterapkan bagi Anda, ibu hamil, yang sering merasa mual saat mengonsumsi daging dan ikan. Selamat mencoba! (Wnd)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
kesehatan
kehamilan
nutrisi
daging
ikan
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
20 June 2019 06:59:14

Luar Biasa, Ini 10 Manfaat Lemon bagi Kesehatan

 
KESEHATAN
04 December 2018 07:00:01

7 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

 
KESEHATAN
02 April 2018 15:57:02

Kenali Gejala Radang Sendi Lutut

 
KESEHATAN
25 April 2019 09:00:03

7 Tips Ramadan agar Lebih Sehat

 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga