ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 20 Oktober 2019 | 21 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

6 Panduan Kandungan Makanan Sehat selama Puasa

08 May 2019 09:00:03
Puasa, tips kesehatan puasa,
Panduan Kandungan Makanan Sehat Selama Ramadan (Foto: islam21c.com)

ChanelMuslim.com - Puasa adalah momen terbaik dalam mengatur pola makan yang sehat dan bisa berpotensi diet yang sehat dan tepat.

Tetapi perlu diingat jika Diet saat puasa bisa diterapkan jika kita memperhatikan kandungan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Diet tidak akan berhasil jika kita tidak memfilter makanan saat berbuka dan sahur.

Agar Puasa kita bernilai ibadah dan agar diet kita berhasil, berikut 6 panduan kandungan makanan yang tepat saat berbuka dan sahur:

1. Karbohidrat kompleks

Makanan bertepung yang melepaskan energi secara perlahan sepanjang hari, karena mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan diserap ke dalam aliran darah kita.

Ini membantu kita tetap aktif sepanjang hari. Makanan mengandung karbohidrat kompleks antara lain gandum, kentang, couscous, biji-bijian, gandum, sereal, buah-buahan, dan banyak sayuran. Variasi gandum atau gandum adalah yang terbaik, karena mengandung jumlah serat yang baik juga. Makanan-makanan ini adalah fondasi utama untuk diet seimbang.

2. Gula sederhana

Makanan kadar gula tinggi yang dengan cepat menyerap ke dalam aliran darah. Mereka dapat digunakan untuk melepaskan energi instan ketika kita berolahraga atau aktif. Namun, ketika dikonsumsi berlebihan, sebagian besar tetap tidak digunakan dan selanjutnya disimpan sebagai lemak dalam tubuh.

Jumlah gula yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan kita menjadi kurang sensitif terhadap insulin yang diproduksi tubuh kita, sehingga meningkatkan risiko diabetes kita.

Gula sederhana juga diserap oleh bakteri di mulut yang melepaskan zat berbahaya bagi gigi.

Contohnya termasuk : manisan (coklat, manisan India), kue, makanan penutup, jus buah pekat, minuman berenergi, banyak varietas 'rendah lemak' yang mengimbangi rasa dengan menambahkan banyak gula!

3. Protein

Protein ini membentuk blok bangunan tubuh kita, yang terlibat dengan pertumbuhan dan perbaikan. Studi-studi juga mengaitkan protein makanan dengan peningkatan rasa kenyang, mencegah rasa lapar!

Contohnya termasuk daging, unggas, ikan, telur, produk susu, kacang, kacang-kacangan, biji-bijian.

4. Lemak

Lemak dalam jumlah kecil penting untuk banyak fungsi tubuh dan merupakan sumber energi. Namun, kelebihan lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol berbahaya, berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. Obesitas juga berhubungan dengan beberapa kanker dan diabetes.

Contoh makanan mengandung lemak : lemak hewani (minyak, daging merah, kulit unggas), susu penuh lemak, krim, keju, mentega, ghee, kue. Lemak tak jenuh dan tak jenuh ganda , di sisi lain membantu menurunkan kolesterol berbahaya ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Mereka termasuk: ikan berminyak, minyak zaitun, minyak sayur, alpukat, kacang tanah.

5. Serat

Serat penting dalam menjaga sistem pencernaan yang sehat. Serat sangat bermanfaat dan membantu kita merasa lapar lebih lama.

Makanan mengandung serat ada dalam sayuran, buah-buahan, biji-bijian gandum, sereal.

Jika memungkinkan, makanlah sayur dan buah dengan kulit mereka, lebih banyak serat untuk diet.

6. Vitamin dan mineral

Kita membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah kecil untuk tetap sehat dan berfungsi dalam tubuh kita. Mudah ditemukan dalam kombinasi buah-buahan, sayuran dan daging / unggas.

Semoga bermanfaat. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
puasa
tips kesehatan puasa
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
09 November 2017 12:12:09

Lambung Tetap Sehat, Lakukan Hal Ini

 
KESEHATAN
12 November 2017 00:18:42

Sulit Kurus? Yuk, Lakukan 6 Pekerjaan Rumah Tangga Ini!

 
KESEHATAN
06 November 2014 12:36:05

Thibbun Nabawi Sebagai Metode Pengobatan Bukan Alternatif

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284