ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 24 November 2020 | 9 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

5 Manfaat Telur bagi Kesehatan Keluarga

03 October 2019 12:00:01
Telur, manfaat kesehatan , telur,
Healthline

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, tahukah bahwa ternyata telur tidak saja tinggi protein tetapi juga memiliki kandungan vitamin A, asam folat, vitamin B, fosfor, selenium, vitamin E, vitamin D, vitamin K, kalsium, dan juga seng. Nutrisi yang terkandung dalam telur ini yang membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.

Dilansir dari Healthline, berikut 5 manfaat telur bagi kesehatan keluarga::

1. Telur Makanan Bergizi

Telur adalah salah satu makanan paling bergizi. Telur utuh mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk mengubah satu sel menjadi bayi ayam. Satu telur rebus besar mengandung ( 1 ):

Vitamin A: 6% dari AKG

Folat: 5% dari RDA

Vitamin B5: 7% dari AKG

Vitamin B12: 9% dari AKG

Vitamin B2: 15% dari AKG

Fosfor: 9% dari RDA

Selenium: 22% dari AKG

Telur juga mengandung vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng yang layak

5 Manfaat Telur bagi  Kesehatan Keluarga

2. Telur Mengandung Kolesterol Baik

HDL adalah singkatan dari high-density lipoprotein. Ini sering dikenal sebagai kolesterol "baik".

Orang yang memiliki kadar HDL yang lebih tinggi biasanya memiliki risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya yang lebih rendah.

Makan telur adalah cara terbaik untuk meningkatkan HDL. Dalam satu studi, makan dua telur per hari selama enam minggu meningkatkan kadar HDL sebesar 10%.

Makan telur secara konsisten menyebabkan peningkatan kadar HDL ("baik") kolesterol, yang dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari banyak penyakit.

3. Telur Mencegah Penyakit Jantung

Kolesterol LDL umumnya dikenal sebagai kolesterol "jahat".

Telah diketahui bahwa memiliki kadar LDL yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Tetapi banyak orang tidak menyadari bahwa LDL dibagi menjadi beberapa subtipe berdasarkan ukuran partikel.

Ada partikel LDL kecil dan padat dan partikel LDL besar .

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki partikel LDL padat yang kecil dan dominan memiliki risiko penyakit jantung lebih tinggi daripada orang-orang yang sebagian besar memiliki partikel LDL besar.

Bahkan jika telur cenderung sedikit meningkatkan kolesterol LDL pada beberapa orang, penelitian menunjukkan bahwa partikel berubah dari LDL kecil, padat menjadi besar, yang merupakan perbaikan.

Konsumsi telur tampaknya mengubah pola partikel LDL dari LDL kecil, padat (buruk) menjadi LDL besar, yang terkait dengan pengurangan risiko penyakit jantung.

5 Manfaat Telur bagi  Kesehatan Keluarga

4. Mengurangi Lemak dalam Darah

Tidak semua telur diciptakan sama. Komposisi nutrisi mereka bervariasi tergantung pada bagaimana ayam diberi makan dan dibesarkan.

Telur dari ayam yang dibesarkan di padang rumput dan / atau diberi pakan yang diperkaya omega-3 cenderung jauh lebih tinggi dalam asam lemak omega-3 .

Asam lemak omega-3 diketahui mengurangi kadar trigliserida (lemak) dalam darah, faktor risiko penyakit jantung yang terkenal.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi telur yang diperkaya omega-3 adalah cara yang sangat efektif untuk menurunkan trigliserida darah. Dalam satu studi, makan hanya lima telur omega-3 yang diperkaya per minggu selama tiga minggu mengurangi trigliserida sebesar 16-18%.

Telur Omega-3 yang diperkaya dan digembalakan mungkin mengandung sejumlah besar asam lemak omega-3. Makan jenis telur ini adalah cara yang efektif untuk mengurangi trigliserida darah.

5. Telur Menurunkan Berat Badan

Telur sangat mengisi. Mereka adalah makanan berprotein tinggi, dan protein, sejauh ini, makronutrien yang paling mengenyangkan.

Telur mendapat skor tinggi pada skala yang disebut indeks kenyang, yang mengukur kemampuan makanan untuk menyebabkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan kalori di kemudian hari.

Dalam sebuah penelitian terhadap 30 wanita yang kelebihan berat badan, makan telur dan bukannya roti untuk sarapan meningkatkan perasaan kenyang dan membuat mereka secara otomatis makan lebih sedikit kalori selama 36 jam ke depan.

Dalam studi lain, mengganti sarapan bagel dengan sarapan telur menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan selama delapan minggu.

Telur sangat mengenyangkan dan dapat mengurangi asupan kalori di kemudian hari. Makan telur secara teratur dapat meningkatkan berat badan.

Nah, jadi jangan ragu menyajikan telur untuk menu makan keluarga. Lebih baik disajikan tanpa olahan minyak dan santan agar manfaat telur dapat lebih terasa ke tubuh.

Semoga bermanfaat. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
telur
manfaat kesehatan
telur
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
24 November 2018 15:33:10

Perawatan Rambut Tidak Mudah Rontok bagi Muslimah

 
KESEHATAN
28 June 2018 13:34:56

Bahaya Kesehatan Minum dengan Sedotan Plastik

 
KESEHATAN
03 July 2018 16:31:22

Minum Bahan Alami Ini Agar Haid Teratur

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284