ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 15 November 2019 | 18 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

5 Manfaat Konsumsi Jamur bagi Kesehatan

22 July 2019 05:06:27
Manfaat, manfaat jamur bagi kesehatan
Jamur

ChanelMuslim.com - Jamur salah satu bahan makanan yang kian diminati pengganti daging. Jamur yang secara alami rendah natrium, lemak, kolesterol, dan kalori ini bahkan disebut sebagai "makanan fungsional."

Selain memberikan nutrisi dasar, mereka membantu mencegah penyakit kronis karena adanya antioksidan dan serat makanan yang bermanfaat seperti kitin dan beta-glukan.

Satu cangkir jamur putih mentah cincang atau diiris berisi:

15 kalori

0 gram lemak

2,2 gram protein

2,3 gram karbohidrat , termasuk 0,7 gram serat dan 1,4 gram gula

Berbagai macam jamur tersedia, tetapi kebanyakan menyediakan sekitar jumlah nutrisi yang sama per porsi, terlepas dari bentuk atau ukurannya.

Vitamin dan mineral

Jamur kaya akan vitamin B seperti riboflavin (B2), folat (B9), tiamin (B1), asam pantotenat (B5), dan niasin B3). Vitamin B membantu tubuh untuk mendapatkan energi dari makanan, dan mereka membantu membentuk sel darah merah.

Sejumlah vitamin B juga tampaknya penting untuk otak yang sehat. Wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat , atau folat, selama kehamilan, untuk meningkatkan kesehatan janin.

Jamur juga merupakan satu-satunya sumber vitamin D. makanan vegetarian yang tidak diperkaya produk susu biasanya merupakan sumber makanan vitamin D yang baik, tetapi vegan tidak mengkonsumsi produk hewani apa pun, sehingga jamur dapat menawarkan sumber alternatif vitamin penting ini.

Selain itu, Beta-glukan adalah jenis serat yang ditemukan di dinding sel dari banyak jenis jamur. Baru-baru ini, beta-glukan telah menjadi subjek penelitian luas yang menunjukkan bahwa mereka dapat meningkatkan resistensi insulin dan kadar kolesterol darah, menurunkan risiko obesitas dan memberikan dorongan kekebalan.

5 Manfaat Konsumsi Jamur bagi Kesehatan

Jamur juga mengandung kolin, nutrisi penting yang membantu tidur, pergerakan otot, belajar, dan memori. Kolin membantu menjaga struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, mendukung penyerapan lemak yang tepat dan mengurangi peradangan kronis.

Jamur yang kaya akan vitamin dan mineral ini memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Dilansir laman medicalnewstoday, berikut 5 manfaat kesehatan mengkonsumsi jamur:

1. Jamur Mencegah Kanker

Jamur tinggi antioksidan, seperti wortel, tomat, paprika hijau dan merah, labu , kacang hijau, zucchini, dan makanan utuh lainnya.

Antioksidan adalah bahan kimia yang menghilangkan radikal bebas, sejenis bahan kimia yang dapat membahayakan sel-sel tubuh seseorang, yang berpotensi menyebabkan kanker.

Selenium adalah mineral yang tidak ada di sebagian besar buah-buahan dan sayuran tetapi dapat ditemukan di jamur. Ini memainkan peran dalam fungsi enzim hati, dan membantu detoksifikasi beberapa senyawa penyebab kanker dalam tubuh. Selain itu, selenium mencegah peradangan dan juga mengurangi tingkat pertumbuhan tumor.

Vitamin D dalam jamur juga telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan kanker sel dengan berkontribusi terhadap regulasi siklus pertumbuhan sel. Menempatkan jamur yang baru dipotong di bawah sinar matahari secara signifikan meningkatkan kandungan vitamin D-nya.

Folat dalam jamur juga memainkan peran penting dalam sintesis DNA dan perbaikan, sehingga mencegah pembentukan sel kanker dari mutasi pada DNA.

2) Jamur Cegah Diabetes

Studi telah menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah dan orang dengan diabetes tipe 2 mungkin telah meningkatkan kadar gula darah, lipid dan insulin .

5 Manfaat Konsumsi Jamur bagi Kesehatan

3. Jamur baik untuk kesehatan jantung

Kandungan serat, kalium dan vitamin C dalam jamur semuanya berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Kalium dan natrium bekerja bersama dalam tubuh untuk membantu mengatur tekanan darah . Mengkonsumsi jamur, yang tinggi kalium dan rendah natrium, membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

.

4. Jamur tingkatkan Kekebalan

Selenium juga telah ditemukan untuk meningkatkan respon kekebalan terhadap infeksi dengan merangsang produksi sel-T pembunuh. Serat beta-glukan yang ditemukan di dinding sel jamur merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker dan mencegah pembentukan tumor.

5. Jamur baik untuk Diet

Serat makanan memainkan peran penting dalam mengatur berat badan dengan berfungsi sebagai "agen bulking" dalam sistem pencernaan. Jamur mengandung dua jenis serat makanan di dinding selnya, beta-glukan dan kitin.

Ini meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan. Dengan membuat kita merasa kenyang lebih lama, mereka dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Nah, banyak sekali manfaat dari jamur jika dikonsumsi dengan tepat ya. Semoga bermanfaat. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
manfaat
manfaat jamur bagi kesehatan
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
20 September 2019 08:00:01

Ini Bahaya Menggunakan Kosmetik Palsu bagi Kesehatan

 
KESEHATAN
10 April 2019 07:00:02

Kiat Hidup Sehat untuk Keluarga Muslim

 
KESEHATAN
14 November 2018 16:33:45

Orang Tua Patut Kenali Ciri Anak Terkena Ginjal

 
indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284