ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 10 Desember 2019 | 13 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
KESEHATAN

5 Manfaat Kesehatan jika Konsumsi Jus Tomat

18 June 2019 09:00:03
Manfaat kesehatan, jus Tomat,
Jus Tomat (Source: livestrong)

ChanelMuslim.com - Tahukah, tomat adalah buah bukan sayuran. Tomat adalah sumber kuat vitamin dan mineral. Di luar nutrisi dasarnya, jus tomat dapat membantu sistem kekebalan, mencegah dan melawan sejumlah penyakit

Tomat sarat kandungan zat gizi, di antaranya vitamin A, B kompleks, C, E, dan K. Lantas selain vitamin, ada zat lain yang baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Zat itu adalah magnesium, fosfor, potasium, mineral, zat besi, antioksidan, likopen, flavonoid, klorin, sulfur, dan sebagainya.

Salah satu manfaat jus tomat berasal dari kandungan vitamin, mineral, dan fitonutrien yang kaya tomat. Jus tomat mengandung banyak nutrisi. Satu gelas berisi:

41 kalori

0,7 gram lemak

8,6 gram karbohidrat

2 gram protein

Diantara manfaat mengkonsumsi buah Tomat adalah

1. Kesehatan mata

Tomat mengandung Vitamin A sehingga sangat baik untuk kesehatan mata.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Nutrisi penting dalam jus tomat yang mendukung kesehatan jantung termasuk kalium dan vitamin C dan E. Kalium sangat penting untuk menjaga tekanan darah dengan mengurangi kelebihan natrium dalam tubuh Anda. Likopen membantu memperkuat arteri dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah Anda.

Para peneliti melakukan tinjauan sistematis terhadap 28 publikasi untuk menilai hubungan likopen pada tomat dan risiko penyakit kardiovaskular. Hasil yang dipublikasikan dalam Critical Review of Food Science and Nutrition pada tahun 2017, menunjukkan bahwa konsumsi konsentrat tomat tertinggi dikaitkan dengan 26 persen pengurangan risiko stroke, 14 persen penurunan penyakit jantung dan 37 persen risiko kematian yang lebih rendah.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Likopen dalam jus tomat, minum segelas setiap hari dapat membantu mencegah berbagai bentuk kanker. Laporan menunjukkan bahwa likopen memiliki efek anti-inflamasi dan anti-kanker yang berhubungan dengan penurunan risiko kanker payudara, prostat, dan paru-paru.

Bukti dilaporkan dalam edisi 2013 jurnal Evidence Based Complementary dan Alternative Medicine . Uji klinis dan studi in vitro menunjukkan bahwa likopen dapat menghentikan pertumbuhan sel dan membunuh sel kanker tanpa mengganggu sel normal. Temuan juga mengungkapkan bahwa likopen menghambat pertumbuhan tumor di hati, paru-paru, prostat, payudara dan usus besar, dan melindungi terhadap kanker prostat.

Temuan serupa yang mengkonfirmasi efektivitas likopen dalam jus tomat dihasilkan dari sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 di jurnal Nutrition Research and Practice yang meneliti peran likopen pada peradangan. Kesimpulannya menunjukkan bahwa sel kanker kolorektal dihambat oleh likopen yang bertindak sebagai anti-inflamasi.

4. Turunkan Berat Badan

Manfaat lain dari jus tomat sebagai makanan yang melawan peradangan melibatkan manajemen berat badan. Perawatan medis untuk menurunkan berat badan berfokus pada kebutuhan untuk mengurangi peradangan kronis, yang mungkin merupakan faktor yang mendasari dalam manajemen berat badan, menurut penelitian oleh Organisasi Biologi Molekul Eropa .

Peradangan mengganggu respons tubuh terhadap hormon leptin, yang memberi sinyal pada otak untuk berhenti makan ketika Anda kenyang. Resistensi terhadap leptin sekarang dianggap sebagai pendorong utama kenaikan berat badan pada manusia . Dengan mengurangi peradangan, leptin dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan penurunan berat badan.

Para peneliti di Universitas Ilmu Kedokteran Teheran menganalisis bagaimana konsumsi jus tomat dapat membantu mengurangi peradangan pada orang yang kelebihan berat badan. Mereka mengamati bahwa kelompok yang kelebihan berat badan yang diberi 330 mililiter jus tomat per hari memiliki lebih sedikit peradangan daripada mereka yang diberi air.

Kesimpulannya adalah jus tomat mengurangi peradangan pada wanita yang kelebihan berat badan, seperti yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition pada 2013. Jus tomat juga dapat membantu mengurangi risiko mengembangkan kondisi peradangan lainnya, seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes.

5. Detoks racun dalam tubuh

Tomat sarat akan zat sulfur serta klorin yang akan membuang racun dalam ginjal serta hati.

Masya Allah begitu banyak manfaat buah tomat untuk kesehatan kita ya!

Semoga bermanfaat. [jwt/livestrong]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
manfaat kesehatan
jus tomat
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
29 October 2019 09:10:40

Resep JSR untuk Anak Kost

 
KESEHATAN
22 February 2019 08:00:02

5 Alasan Sarapan Itu Penting bagi Kesehatan

 
KESEHATAN
16 September 2019 10:12:11

Tips Jaga Kesehatan Mata untuk Pengguna Laptop dan Gadget

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284