ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 15 November 2019 | 18 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

22 January 2019 07:45:02
Fruit, makanan sehat untuk ibu hamil,
Fruit (source: giftbasket)

ChanelMuslim.com - Bagi ibu hamil, makanan sehat haruslah mengandung berbagai macam nutrisi untuk mendukung kehamilan. Selain juga makanan bisa mengatasi berbagai macam gangguan penyakit yang disebabkan karena kekurangan nutrisi tertentu seperti asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin B6, omega 3 dan protein. Semua makanan yang mengandung zat ini sangat penting untuk kesehatan ibu hamil dan calon bayi yang akan dilahirkan.

Nutrisi Ibu Hamil

Dikutip laman hamil.co memaparkan mengenai kandungan makanan yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk janin sehat:

Asam folat : Agar tidak lahir cacat

Kalsium : untuk tulang dan gigi

Serat : membantu pencernaan ibu hamil

Zat besi : untuk menyalurkan oksigen ke janin

Protein : untuk membangun struktur tubuh dan otak

Omega 3 : pertumbuhan organ dan syaraf

Magnesium : Mengurangi risiko prematur

Kalium : menjaga keseimbangan cairan

Vitamin B6 : Membantu sistem syaraf dan otak janin

Berikut ini beberapa asupan makanan sehat untuk ibu hamil, terbaik karena memiliki nutrisi yang sangat lengkap (per 100 gram Penyajian) dikutip laman yang sama:

1. Bayam (#Top Asam Folat)

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Source : Livestrong

Bayam menjadi sayuran yang sangat baik untuk ibu hamil. Bayam mengandung berbagai macam nutrisi seperti zat besi, folat, kalsium dan serat.

Serat pada bayam bisa membantu ibu hamil mengatasi masalah sembelit dan gangguan pencernaan. Bayam mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk membentuk sistem kekebalan tubuh bagi ibu hamil.

Kandungan manfaat kalsium bagi ibu hamil sangat baik untuk mendukung proses pembentukan tulang pada janin. Dan zat besi pada bayam bisa membantu ibu hamil dalam produksi sel-sel darah merah.

Bayam yang masih segar sangat disarankan dibandingkan dengan bayam yang sudah disimpan di kulkas. Ibu hamil bisa memasak sayur bayam dengan campuran wortel dan sedikit bawang merah.

2. Brokoli (#Top Serat)

[gambar 2]

Source: batamfresh

Brokoli menjadi sayur yang sangat baik untuk kehamilan. Cara penyajian terbaik untuk brokoli adalah mencampurnya dalam olahan sup dengan sedikit garam. Jangan mengkonsumsi brokoli yang sudah disimpan dalam kulkas selama lebih dari 24 jam, karena kandungan nutrisinya sudah tidak baik untuk kesehatan ibu hamil.

Manfaat brokoli untuk kesehatan ibu hamil dan bayi adalah sebagai berikut.

1. Brokoli mengandung manfaat asam folat yang cukup tinggi sehingga bisa melindungi bayi dari kelainan tulang belakang dan cacat tabung syaraf.

2. Kandungan zat besi dalam brokoli mencegah anemia sehingga ibu hamil akan terasa segar dan sehat sepanjang hari.

3. Brokoli juga mengandung zat khusus yang bisa memberi perlindungan pada bayi dari berbagai jenis kanker.

4. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Monell Chemical, terungkap bahwa bayi yang mengkonsumsi brokoli saat masih janin bisa memiliki kecenderungan untuk makan sayur saat sudah besar.

5. Kalsium dalam brokoli menjadi kunci utama untuk mendukung pertumbuhan tulang, gigi dan otot.

6. Selain itu brokoli juga sangat baik untuk ibu hamil karena bisa menyimpan energi selama kehamilan dan saat menyusui.

3. Kacang hijau (#Top Asam Folat)

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Source: berashotel

Manfaat kacang hijau kita tidak perlu diragukan lagi. Salah satu jenis kacang-kacangan yang cukup populer di Indonesia dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi.

Bahkan di Indonesia, tanaman ini termasuk dalah tiga tanaman utama yang cukup populer kedelai dan kacang tanah.Kita dapat dengan mudah menemukan berbagai olahan kacang hijau seperti bubur, kue, kue dan berbagai makanan lainnya.

Selain protein nabati, kadungan mineral lain yang dimiliki oleh kacang hijau adalah kalsium, fosfor, dan asam lemak tak jenuh.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan janin antara lain adalah:

Konsumsi kacang hijau setiap hari pada trimester pertama bisa mengurangi resiko penyakit pernafasan pada bayi.

Kacang hijau menjadi sumber protein nabati yang sangat baik untuk ibu hamil. Kacang hijau bisa mengurangi rasa mual pada trimester pertama.

Kacang hijau mengandung kalium yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk mendukung kesehatan jantung pada ibu hamil dan janin.

4. Jeruk

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Source: sciencedaily)

Jeruk menjadi buah yang sangat populer untuk ibu hamil. Rasa manis dan asam pada buah jeruk sering bermanfaat untuk mengatasi rasa mual pada trimester pertama. Lebih dari semua itu jeruk mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin yang sangat penting untuk kesehatan ibu hamil.

Berikut ini manfaat konsumsi jeruk untuk ibu hamil.

Jeruk mengandung vitamin C yang bisa membantu ibu dalam meningkatkan sistem kekebalan, membantu menjaga sistem pelepasan zat besi dan menjadi mineral yang penting untuk sistem kesehatan ibu hamil dan janin.

Vitamin C dalam dalam jeruk juga sangat penting untuk menjaga kesehatan otak bayi dan melindungi janin dari masalah kesehatan pernafasan.

Kandungan folat dalam jeruk terbukti bisa mendukung pembentukan sel-sel darah merah dan mendukung pengembangan plasenta yang sehat sehingga menghindari cacat janin.

Jeruk mengandung kalium dan jumlah air yang sangat banyak sehingga bisa mencegah masalah dehidrasi pada ibu hamil. Dan kandungan serat dalam buah jeruk membantu ibu hamil agar bisa merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama, untuk mencegah bahaya obesitas bagi ibu hamil

5. Tomat

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Source: amazon.com

Tomat adalah makanan segar yang bisa Anda konsumsi dengan berbagai macam cara. Anda bisa mencampur tomat dalam sup, salad atau hidangan lain. Anda bisa makan tomat mentah atau tomat yang sudah dimasak. Tapi bagi wanita hamil yang memiliki masalah dengan penyakit maag sebaiknya tidak makan buah tomat.

Khasiat tomat untuk ibu hamil dan janin antaralain adalah:

Manfaat tomat untuk ibu hamil akan mendukung proses penyerapan zat besi dari berbagai jenis makanan yang masuk ke sistem pencernaan. Peran vitamin C dalam tomat mampu menyerap zat besi dan melindungi ibu hamil dari gangguan anemia.

Tomat mengandung zat licopen yang bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan. Zat licopen sangat penting untuk ibu hamil terutama untuk melindungi kesehatan janin.

Tomat juga mengandung asam folat sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan janin dan mendukung pembentukan penutupan tabung syaraf sehingga mencegah cacat spina bifida.

Semoga bermanfaat. (Jwt/hamil)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
fruit
makanan sehat untuk ibu hamil
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
KESEHATAN
04 December 2017 12:34:08

Musim Penghujan Datang, Jaga Keluarga dari Penyakit Ini

 
KESEHATAN
08 July 2019 21:41:37

Khasiat Istimewa dari Garam Himalaya

 
KESEHATAN
22 October 2019 06:20:58

Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan

 
KESEHATAN
21 October 2019 09:00:02

10 Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284