ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 21 Juli 2019 | 18 Zulqaidah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KELUARGA

Peran Penting Orang Tua Mencegah Kekerasan pada Anak

03 December 2018 16:55:11
Peran Penting Orang Tua Mencegah Kekerasan pada Anak
foto: pixabay

ChanelMuslim.com – Orang tua memiliki peran penting dalam mencegah kasus kekerasan pada anak. Menurut Dr. Ir. Dwi Hastuti, MSc, ada dua poin penting yang bisa dilakukan orang tua terhadap anak-anaknya.

Bentuk pencegahan pertama bisa dilakukan melalui pemberdayaan keluarga. Orang tua perlu menguatkan peran dan fungsi keluarga.

Macam-macam pemberbedayaan keluarga bisa dilakukan di ranah sosial, ekonomi dan budaya. Dalam ranah sosial maupun budaya, anak-anak diajarkan cara bersosialisasi dengan sesama serta diberitahu sistem budaya yang ada pada masyarakat sekitar.

Di sisi ranah ekonomi, orang tua harus berusaha meningkatkan perekonomian keluarga. Pertumbuhan ekonomi untuk mencukupi kebutuhan perlu disadari. Hal ini mencegah faktor kemiskinan yang terkadang bisa memicu adanya penyimpangan.

Setelah ranah pemberdayaan, berikan kesadaran dan pengetahuan pada anak terkait bahaya, penyebab dan dampak kekerasan melalui sistem sekolah mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Perguruan Tinggi. Adanya sistem sekolah membantu perang orang tua mengurangi kasus kekerasan.

Membangun nilai kesadaran tidak akan cukup, jika orang tua tidak berusaha memiliki ikatan dan komunikasi positif terhadap anak.

Adanya sikap dan hubungan baik ini membuat orang tua agar menjadi teladan, khususnya bagi anak-anaknya sendiri. Jika sudah terbiasa melakukan ikatan dan komunikasi positif, hubungan keluarga memiliki nilai etik tersendiri sebagai bentuk blocking terhadap perilaku KDRT.

Selain pemberdayaan keluarga, orang tua harus menjadi role model bagi terbentuknya rasa aman. Memenuhi kebutuhan anak sudah selayaknya menjadi prioritas. Kebutuhan-kebutuhan ini juga perlu disesuaikan dengan umur dan kebutuhan itu sendiri.

Tidak lupa memberikan kasih sayang dan melindungi anak. Bentuk kasih sayang orang tua bisa dicurahkan dengan berbagai cara. Hal ini memang patut diketahui terkati cara memberikan kasih yang tepat.

Jika sudah bisa memberikan kasih sayang, seimbangkan juga pendidikan dan penanaman nilai-nilai sesuai norma dan agama.

Anak-anak harus diberi pemahaman terkait perintah agama yang melarang bentuk perlakuan kekerasan. Didik anak sesuai dengan petunjuk Alquran dan hadist. Ajarkan nilai Islam sejak dini agar mudah dijauhkan dengan perkara yang menyimpang kaidah syari. (Firda)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
KELUARGA
12 November 2017 07:01:11

Bunda, Ketahui 4 Kekeliruan dalam Pemberian MPASI

 
KELUARGA
01 April 2017 21:56:06

Every Childs is Unique

 
KELUARGA
03 December 2018 16:55:11

Peran Penting Orang Tua Mencegah Kekerasan pada Anak


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284