ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 23 September 2019 | 24 Muharram 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KELUARGA

Ayah Bunda, Lakukan 3 Hal Ini agar Bahagia Mendidik Anak dengan Alquran Bisa Terwujud

15 December 2017 18:24:09
Ayah Bunda, Lakukan 3 Hal Ini agar Bahagia Mendidik Anak dengan Alquran Bisa Terwujud, Alquran, keluarga, pendidik, Ustadzah Aan Rohana, RKI Pesanggrahan, Rumah Keluarga Indonesia
Foto: Depokpos

ChanelMuslim.com - Ayah Bunda yang dicintai Allah, maukah Ayah Bunda mendapat mahkota dari Ananda di syurga nanti? Melalui Alquran, in sya Allah kebahagiaan tersebut bisa kita rasakan di dunia. Namun, bagaimana caranya?

Dalam Seminar menyambut Hari Ibu, yang diselenggarakan oleh Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Pesanggrahan, Ahad (10/12), Ustadzah Aan Rohana menjelaskan ada 3 hal yang harus dipahami para orangtua dalam mendidik anak bersama Alquran.

Anak adalah Sumber Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

Para orangtua dan pendidik harus memahami betul dengan konsep pendidikan anak. Dr. Yusuf Qordhowi mengatakan, “Pendidikan Anak adalah Pendidikan Masyarakat.”

Anak yang kita didik sekarang adalah sumber sedekah jariyah yang panjang sekali. Mendapatkan istighfar dan doa yang terus menerus hingga hari kiamat. Karena doa “robbighfirlii” bukan hanya berlaku bagi orang tua kandung saja, tapi juga bagi pendidik anak.

 

Memahami Keutamaan Alquran

Sumber keberhasilan mengajar adalah cinta kasih. Sumber cinta kasih tidak boleh dari materi. Rasa sayang kita kepada seluruh anak harus adil. Banyak anak yang ketika kecilnya susah diatur, tapi ketika sudah dewasa ia menjadi orang besar. Inti dari surat Ar Rohman adalah cinta kasih. Kalau ingin mengajar Al Quran dengan bahagia, ajarkan dengan kasih sayang.

“Siapa pun yang ikhlas, maka Allah akan gerakkan hati manusia untuk berbuat baik kepadanya, " (Al Hadist)

Menjadi sumber hidayah kepada anak-anak. Ini adalah tugas mulia. Kalau orang bisa berubah di tangan kita, maka itu lebih baik dari nilai sebuah kendaraan termewah di masanya. Dalam QS 17 ayat 9 dijelaskan bahwa Alquran adalah hidayah bagi hati yang lurus. Ketika masa kanak-kanak, terutama usia emas balita, maka kita menjadi sumber hidayah bagi mereka. Kita menjadi obat.

QS 17 ayat 82. Kita berikan teguran kepada anak tidak perlu narasi panjang, tapi cukup dengan cari hadist, ayat yang terkait dengan kehidupan sehari-hari anak, seperti “La taghdhob walakal jannah.”

Dakwah dengan Alquran itu mudah. Perdengarkan saja Alquran. Seperti pesantren balita di Cina, yang anak usia balitanya mampu hafal Alquran. Ketika kita mengajarkan Alquran, maka kita juga sedang mengobati hati kita, dan hati anak-anak kita.

Bertambahnya iman. Orang yang paling kuat imannya adalah yang paling baik akhlaqnya. QS Al Anfal (8) ayat 2 disebutkan bahwa apabila dibacakan Alquran akan ditambahkan keimanannya. Iman yang ditanamkan melalui ayat demi ayat.

Alquran cahaya kehidupan. Kita selalu sibuk mengajar Alquran, maka akan penuh dengan cahaya Alquran. QS Al An’am (6) ayat 122, dijelaskan barang siapa yang mengambil cahaya Alquran, maka hidupnya akan selalu lurus.

Menjadi ruhnya umat Islam. Kondisi umat Islam sekarang, ada yang sibuk memikirkan umat Islam, tapi ada juga yang tidak. Orang yang selalu dekat dengan Alquran akan menjadi ruh umat Islam. Setiap 100 tahun akan ada pembaharu dalam Islam yang bisa menggerakkan umat sedunia. Akan dijauhi dari kezholiman orang-orang yang tidak cinta pada akhirat. Di QS Al Isra’ (17) ayat 45 Allah jelaskan bahwa ada hijab antara orang yang membaca Alquran dengan orang yang tidak beriman.

Akan menjadi ahli Alquran, yaitu waliyullah (keluarga Allah) yang diistimewakan. Dapat derajat yang tinggi. Akan diberi pahala yang besar.

Memiliki Visi yang Jelas tentang Pembentukan Keluarga Qurani

Menjadi qudwah hasanah. Orang yang tidak berpikir materi, apa yang dia ucapkan maka akan dapat masuk ke dalam hati orang yang mendengarkan. Sebelum berangkat mengajar, ia telah selesai membaca Alquran 1 juz. Membentuk lingkungan Qur’ani di sekolah, sehingga semua pajangan, hiasan, suara Alquran selalu menghiasi lingkungan sekolah.

Banyak mendoakan. Doakan anak ketika menyambut di pagi hari: “Semoga menjadi ahli Alquran.”

Kita menjadi perpanjangan tangan seorang Rasul. Kita minta kepada Allah agar lebih dahulu mengajar kepada anak-anak, sebelum kita mengajar mereka. Mengajarkan Alquran dengan baik dan tepat. Ulangi bacaan sampai 10-20 kali dengan bacaan yang benar.

Jangan hukum anak yang belum mampu/hafal. Beri motivasi, apresiasi. Anak kecil senang dipuji, “Nak, besok hafalkan ayat ini ya..” Lalu tulis di buku penghubung dengan orang tua, agar orang tua di rumah juga melakukan yang sama sehingga ada sinergitas orang tua dengan sekolah.

Membiasakan akhlak Qurani.

Mendidik anak agar menghargai yang diajarkan oleh guru. Melatih anak agar bisa diam duduk menyimak guru. Komunikasi dengan orang tua agar memadukan kurikulum di sekolah dengan di rumah.

Rumah yang senantiasa diperdengarkan Alquran juga memiliki 4 keistimewaan, yakni: dilimpahkan rahmat dan keberkahan, dan dilapangkan jiwa yang mendengarkan, dihadiri oleh malaikat, dan dijauhi dari syetan.

(ind/rkipesanggrahan)

 

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
ayah bunda
lakukan 3 hal ini agar bahagia mendidik anak dengan alquran bisa terwujud
alquran
keluarga
pendidik
ustadzah aan rohana
rki pesanggrahan
rumah keluarga indonesia
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
KELUARGA
06 February 2019 12:57:10

Sebegitu Mudahnya Wanita Masuk Surga

 
KELUARGA
28 February 2017 16:54:00

Suami Itu Butuh Didengarkan

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284