ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 20 November 2019 | 23 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
JENDELA HATI

Pemilihan Warna

04 October 2017 10:52:18
Pemilihan Warna

ChanelMuslim.com - Kadang, 

 anak kecil gak bisa menyampaikan apa yang dipikirkan, apa yang dirasakan, jadi bila kita ingin tahu apa isi hatinya kita suruh dia menggambar (melukis atau mewarnai).

Waktu aku ke perbatasan Syria, dan berjumpa dengan beberapa anak-anak Syria yatim yang jadi korban perang. Mereka menggambar rumah yang indah dengan latar belakang salju dan anak-anak berlarian di bawah pohon mapple dan yang digambarkan hanya yang indah-indah saja. Lalu, anak yang sudah agak besar menggambar ibunya yang menyusui bayi dan ibunya berlinangan air mata.

Aku ingat pak Nana, NN (Kepala Sekolah SD di JISc), yang ikut program charity to Syria, berkata, "Kebanyakan gambar ibu dan anak, Mam!"

Ya itulah yang teringat di benak mereka adalah; kampung halaman yang indah, ibu dan adik-adiknya, yang setelah terjadi perang tidak tahu pada kemana dengan kampung halaman hancur tak berdaya.

Lain lagi, waktu aku ke pengungsian di Palestina, mereka menggambar kakek yang buntung kakinya, pesawat terbang, rumah yang hancur, ibu berjilbab dan anak, tentara bersenapan dan darah, tentu saja dengan air mata.

Namun, ketika berjumpa dengan anak-anak korban tsunami Aceh, mereka menggambar hitam dan hitam saja. Hal itu adalah air laut yang menghantam daratan dan tegak berbaris dan warnanya memang hitam bukan biru laut sebagaimana yang kita tahu. Mereka ingat ketika air laut kejam menyapa mereka. Bahkan saking traumanya ada anak yang gak mau minum. Jadi, kalau minum ditutup dulu matanya dan minum pakai sedotan.

Kenapa aku tulis soal anak-anak dan gambar? Oh ya, karena malam ini aku sedang muroja'ah Ben (susah-susah gampang deh, Emaknya talaqi berkali-kali anaknya diam aja), tapi tangan Ben gerak terus menggunting dan mewarnai berbagai object dari kertas yang sudah aku gambar, dengan sesekali komat-kamit mengikuti surah asy-syarh yang aku baca berkali-kali. Tangannya asik memilih warna rumah.

Lalu, membuatku amazing karena aku melihat banyak warna dalam satu rumah, dan dia mengatakan, "Ini rumah kita".

Oh… berarti dia melihat keceriaan dan banyak macam-macam dalam rumah kami. Pemilihan warna menggambarkan apa yang dia rasakan dalam rumah kami. Ceria!

Dari Abi Musa r.a. berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya perumpamaan petunjuk (hidayah) dan ilmu yang dengannya aku diutus oleh Allah bagaikan hujan yang jatuh mengenai Bumi. Di antaranya ada bumi yang subur, ia dapat menerima air kemudian menumbuhkan tumbuhan-tumbuhan dan rumput yang lebat. Di antaranya ada Bumi yang tandus (tanah berbatu padas) yang dapat menahan air, lalu dengannya Allah memberikan manfaat kepada manusia, sehingga mereka dapat minum, menyirami, dan bercocok tanam daripadanya. Dan (air hujan) ada yang mengenai sebagian Bumi, sesungguhnya ia tanah licin tidak dapat enahan air dan tidak dapt menumbuhkan tanaman. Demikian itu, perumpamaan orang yang mengkaji agama Allah dan bermanfaat apa yang aku diutus dengannya, ia mengetahui dan mengajarkan (kepada orang lain) dan perumpamaan orang tidak peduli (tidak mampu mengambil manfaat apa yang aku diutus dengannya), dan tidak menerima petunjuk Allah yang aku diutus dengannya.” (HR. Muttafaq Alayh)

Alhamdulillah, ‘ala kulli hal.

Ini cuma observasi aku sebagai Emak yang melihat banyak anak dimana-mana. Aku, Emak dengan ribuan anak di hatiku. Lalu, bagaimana dengan pendapatmu?

User profile picture

Mam Fifi

Pengasuh Rubrik Jendela Hati

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
BERITA LAINNYA
 
 
JENDELA HATI
31 March 2018 22:34:40

New Tunnel

 
JENDELA HATI
09 April 2019 15:00:03

Wanita Luar Biasa

 
JENDELA HATI
11 December 2018 13:19:17

Tempat Ngaso

 
JENDELA HATI
16 April 2018 13:00:55

Anak Pertamaku dan Angkatan Pertama JISc

 
JENDELA HATI
30 October 2018 14:12:12

Testimoni Saudara Baru di Palu

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284