ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 11 Desember 2019 | 14 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
INFO BISNIS

Korupsi Bisnis Sendiri

24 November 2017 13:06:12
Korupsi Bisnis Sendiri

ChanelMuslim.com - Bulan lalu saya & tim diminta menangani sebuah usaha yang lumayan sudah maju, tapi karena ada perubahan manajemen, ownernya sekalian diminta ada perbaikan. Teman saya sebagai CEO bayangan, dan saya sebagai CFO bayangan bagi manajemen yg baru.

Tahap awal saya minta laporan penjualan. Bisnis dia bisa menjual dengan harga yang 2-4 kali lipat lebih mahal daripada usaha sejenis. Kebetulan saya pernah handle perusahaan sejenis jadi tahu hitungannya. Biayanya cuma 20%-25% lebih mahal daripada usaha sejenis. Jadi untung bersihnya lebih besar.

Harga pokoknya saya lihat sekilas masih bisa dihemat lagi karena kita sudah tau supplier yang lebih murah. Wah, perusahaan kaya gini bisa untung gede nih.

Tapi kenapa masih suka ada masalah keuangan sih di perusahaan ini? pengakuan dari karyawannya, sekarang rekening cuma tinggal dikit. Oke kalau kas cuma sedikit, coba lihat daftar piutang, ternyata masih ada 4M piutang yang belum ditagih. Langkah pertama, tagih dulu dong duit segar 4M itu. 

Berapa sih gaji si owner? 100jt pak.

Owh... oke... kayanya sih masih aman.

Tapi setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata si owner ngambil uang 100jt per bulan. Plus kadang ngambil uang suka-suka kalau lagi ada perlu. Terakhir karyawan laporan kalau owner ngambil uang 500jt dari perusahaan grup.

Owh... oke. Kalau gitu kami mundur aja. Nggak bisa bantu perusahaan ini kalau ownernya nggak niat untuk membersarkan perusahaan. Kami anggap owner ngambil uang seenaknya sendiri sebagai K-O-R-U-P-S-I.

Lho, kenapa disebut korupsi? itu kan perusahaan dia sendiri. Terserah dia dong.

Memang betul itu perusahaannya sendiri & dia punya kewenangan untuk ambil uang. Tapi, bukankah dia sendiri sudah menetapkan gaji 100jt/bulan. Lalu apa namanya kalau seenaknya ngambil 500jt tanpa bilang sama karyawannya sendiri? Yang seperti ini kan bikin susah manajemen karena bisa merusak perencanaan bisnis.

Tapi kan kalaupun perusahaannya bangkrut, yang rugi kan dia sendiri, risiko sendiri. 

Nggak juga dong.... kalau perusahaan dia bangkrut yg rugi dirinya sendiri sebagai owner, suppliernya, karyawannya dan konsumennya juga.

Masih mau korupsi dari bisnis sendiri?

Korupsi Bisnis Sendiri

Riwayat Penulis : 

 

Ahmad Gozali sudah belajar Financial Planning langsung dari pelopornya di Indonesia sejak masih duduk di bangku kuliah. Sempat menjadi PNS setelah menuntaskan pendidikan di bidang akuntansi dan fokus sebagai finasial planner di Safir Senduk & Rekan sejak 2003 sampai 2010. 

Menangani banyak sekali kasus yang berkaitan dengan keuangan keluarga, keuangan syariah, haji, pendidikan anak, asuransi dan pensiun. Berpengalaman dalam memberikan seminar dan pelatihan untuk publik maupun karyawan perusahaan  baik untuk pengelolaan gaji , persiapan pensiun, maupun pengelolaan golden shake hand.

Pada tahun 2011 Gozali mendirikan Zelts Consulting, konsultan independent finansial planner yang memberikan jasa konsultasi bagi klien individu maupun jasa training dan pelatihan untuk perusahaan yang ingin memberikan edukasi finansial bagi karyawannya. Sesuai dengan nama Zelts yang berarti emas, perusahaan ini memberikan edukasi bahwa setiap orang memiliki golden opportunity untuk bisa sejahtera. Salah satu buku yang pernah ia tulis berjudul Habiskan Saja Gajimu !

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
korupsi bisnis sendiri
 
BERITA LAINNYA
 
 
INFO BISNIS
11 April 2019 16:16:14

Syariah Hotel Solo Siapkan Sajian Khusus Timur Tengah

 
 
INFO BISNIS
14 June 2018 16:43:42

BCA Syariah Beri Kemudahan ZIS Nasabah

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284