ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 17 November 2019 | 20 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
INFO BISNIS

Ingin Terhindar dari Gharar Dalam Berqurban, ke Pasar Qurban Mubarak Al Azhar Aja!

25 August 2017 11:43:31
Laznas Al Azhar, Pasar Qurban Mubarak

ChanelMuslim.com - Mendekati hari raya Idul Adha, masyarakat berbondong bondong mencari hewan qurban untuk dibeli. Ada yang membeli lewat online ataupun langsung ke pasar hewan qurban. Rata rata mereka yang langsung ke pasar hewan qurban karena ingin menghindari gharar. Untuk itu, Laznas Al Azhar dan Takmir Masjid Al Azhar menggelar Pasar Qurban Mubarak di Lapangan Masjid Agung Al Azhar. Pasar Qurban Mubarak berlangsung sejak dibuka pada Kamis (24/7/2017) hingga 4 September 2017. 

Digelarnya Pasar Qurban ini kata Rahmatulloh Sidik,Ketua Panitia Pasar Qurban Mubarak menyatakan hadirnya Pasar Qurban Mubarak untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin ibadah qurbannya jelas dan syar'i sehingga terhindar dari gharar.

"Biasa bisa dengan manual, bisa online, bisa di Salam Al Azhar. Setelah mereka memilih kambing di kandang maka kami akan berikan bukti dan nomor serinya. Pada hari H mereka yang membeli kambing atau sapi tersebut membawa bukti pembelia. Jadi kami menghilangkan adanya gharar, supaya fikihnya dan syariahnya jelas" tegasnya.

Menurut salah satu panitia Pasar Qurban Mubarak, Yahya mengungkapkan, Laznas Azhar dan Masjid Al Azhar menyediakan 200 ekor kambing atau domba dan 30 ekor sapi. Hewan qurban tersebut berasal dari para peternak binaan Laznas Al Azhar di Jabodetabek.

Uniknya, konsep pasar qurban Laznas Al Azhar berbeda dengan pasar qurban yang lain. Yaitu, dengan membuat miniatur pemberdayaan peternak di desa binaan Laznas Al Azhar. Tujuannya menurut Rahmat, agar masyarakat khususnya para pembeli mengetahui bagaimana Laznas Azhar memberdayakan peternak di desa binaan. Selain itu, juga dapat mengedukasi masyarakat mengenai hewan qurban.

"Masyarakat umum silahkan datang untuk membeli dan kami edukasi para pengkurban, kalau qurban di sini adalah untuk memberdayakan peternak di seluruh Indonesia. Oleh sebab itu kami menampilkan miniatur pemberdayaan. Di sini ada saung ilmu, ada kandang komunal, ada tanaman sayur mayur, bahkan pupuk organik yang memang diproduksi oleh peternak. Sehingga hasil peternakan dan peternian mereka bisa menghasilkan. Inilah konsep integrating farming oleh Al Azhar" tutur Rahmat.

Dalam sisi pelayanan Laznas Azhar menggratiskan biaya pemeliharaan dan pengiriman hewan Qurban. "Biaya qurban sampai hari H sampai pelaksanaan. Apakah itu beli sekarang atau beli di hari H. Jadi kami tidak menambahkan tambahan biaya untuk pemotongan, pengiriman dan pemeliharaan. Jika mereka meminta untuk mengantarkan kami akan mengantarkan sampai ke tempat pembeli, dan tidak ada biaya minimal pembelian," ujarnya menjelaskan.

Kata Rahmat, Laznas Azhar ingin memuliakan pengkurban agar nyaman, dan puas dalam berkurban.

"Kita akan berikan pelayanan terbaik, dengan menyediakan tempat yang nyaman. Selain mereka bisa transaksi seperti biasa dengan mendatangi Pasar Qurban Mubarak atau membeli secara online," tutur  Pria yang menjabat sebagai Kepala Divisi program dan pendayagunaan Laznas.

Dalam pembukaan Pasar Mubarak Al Azhar juga dihadiri oleh Direktur Eksekutif Laznas Al Azhar. Beliau berpesan, dalam beribadah disamping keikhlasan, perlu kenyamanan dan kepuasan. Sehingga menurutnya, dalam beribadah seperti berqurban harga itu relatif, dan jangan cari yang murah.

"Masyarakat kita kebanyakan cari harga murah dalam beribadah, sehingga mudah ketipu. Oleh karena itu dalam membeli hewan qurban, untuk membeli yang dapat memuaskan dalam beribadah. Seperti di Pasar Qurban di sini. Hewan qurban yang disediakan berasal dari para peternak binaan dalam program pemberdayaan ekonomi keluarga non riba sejuta berdaya. Dengan membeli di tempat ini artinya akan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan peternak, sehingga peternak bisa menyekolahkan anak anak mereka ke jenjang kuliah," tuturnya.

Mengenai harga Laznas Al Azhar memberikan penawaran hewan qurban berbagai tipe. Untuk kambing atau domba, dengan kisaran harga Rp. 2.438.000,- s.d 3.428.000,-. Sedangkan untuk sapi dari kisaran harga Rp. 17.038.000,- s.d 21.438.000,-. (Ilham)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
laznas al azhar
pasar qurban mubarak
 
BERITA LAINNYA
 
 
INFO BISNIS
04 September 2017 00:34:50

Bersama Seribu Anak Yatim, Airin Ikut Nyate Bareng

 
 
 
INFO BISNIS
31 August 2017 14:15:38

Asus Resmikan Exclusive Store di Bekasi Cyber Park

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284