ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 29 Oktober 2020 | 13 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
EDITORIAL

Corona dan Siksaan Mendunia

06 February 2020 17:21:22
corona, wuhan
Kapal pesiar World Dream yang mengalami isolasi karena corona, foto: Liputan6.com

ChanelMuslim.com- Hampir satu bulan ini, seluruh seantero dunia dihantui ketakutan virus corona. Semua kasus dari virus yang mematikan itu mengalir dari sebuah kota bernama Wuhan di China menuju ke seluruh penjuru dunia. Tak pandang bulu, siapa pun bisa kena. Dan inilah mungkin, salah satu bentuk siksaan yang mendunia.

Saat ini, warga China menjadi sosok yang sangat diawasi dunia. Kalau di sebuah bandara atau pelabuhan ada pendatang berciri-ciri khas China, maka sorotan CCTV, pendeteksi suhu, dan pandangan tajam aparat keamanan tertuju kesana.

Fenomena ini mengingatkan publik dengan propaganda terorisme di era awal tahun duaribuan. Siapa pun yang berjanggut panjang, berkopiah, berhijab hitam, dan ciri lain yang sejenis itu akan menjadi sorotan tajam petugas bandara dan pelabuhan. Sorotan tertuju pada tas atau bawaan mereka. Sebuah keadaan yang saat itu sangat menyiksa.

Sosok seram yang dulu bernama terorisme kini bergeser ke penyakit dengan kata kunci: corona.

Teror corona inilah yang menjadikan 243 warga Indonesia berhenti dari kegiatan normalnya di kota Wuhan. Mereka tidak lagi kuliah untuk sementara. Tidak lagi tenang dalam rutinitas hariannya. Setidaknya, untuk 14 hari kedepan. Mereka kini terpaksa berada di sebuah pulau yang bukan kampung halaman mereka. Itu pun jauh lebih baik daripada terisolasi di sebuah kota sumber virus dan berada di negara orang.

Kasus lain, bayangkan ketika saat ini kita berada di salah satu kapal pesiar mewah bernama The Diamond Princess milik Inggris dan World Dream milik Hongkong yang saat ini sedang heboh. Suasana pesta pora dan canda ceria para wisatawan di kapal berfasilitas hotel mewah itu sontak berganti menjadi takut dan duka.

Hal itu terjadi setelah 10 dari sekitar 3700 penumpang The Diamond Princess positif terinfeksi corona. Dan, 1 dari 1800 penumpang Wolrd Dream kini diamankan pihak keamanan Hongkong untuk menjalani pengobatan karena corona.

Di kapal pesiar milik Inggris itu ditemukan 2 warga Australia, 3 Hongkong, 3 Jepang, 1 Amerika, dan 1 kru asal Filipina positif corona. Mereka pun diturunkan dari kapal yang sedang berada di wilayah Yokohama itu untuk menjalani perawatan khusus.

Lalu, bagaimana dengan nasib penumpang lain yang berjumlah ribuan itu? Pihak pelabuhan setempat tidak mengizinkan kapal ini menurunkan penumpang. Ribuan orang kaya itu dipaksa untuk berada dalam kapal selama 14 hari kedepan.

Bisa dipastikan, tak seorang pun dari orang-orang kaya itu membayangkan akan mengalami siksaan yang luar biasa seperti itu. Tapi itulah kenyataan yang harus dialami. Mereka seperti membayar mahal untuk mendapatkan pengalaman hidup yang menyakitkan.

Dari sisi ekonomi, siksaannya tak kalah parah. Entah berapa juta orang yang harus berhenti kerja lantaran perusahaan memberhentikan bisnis di wilayah China, atau bisnis yang berkaitan dengan impor barang China. Sebagai contoh, hampir semua jaringan penerbangan dunia menghentikan sementara dari dan ke China.

Kalau pertanyaannya, sampai kapan jutaan usia produktif dunia ini berhenti kerja dengan mendadak? Tak satu pihak pun yang bisa memastikan.

Dari sisi yang berbeda, berapa kerugian pihak perusahaan dan negara yang terpukul karena kasus corona? Jumlahnya mungkin di luar jangkauan nalar kita. Untuk kasus virus SARS di tahun 2002 lalu saja, kerugian mencapai 30 milyar dolar Amerika. Entah berapa kerugian dunia di kasus corona ini.

Corona bukan sejenis nuklir yang menghancurkan banyak negara. Tidak ada perang yang tampak di kasus corona. Tidak ada pihak yang menjadi penjahat dan pahlawan di kasus ini. Semua siksaan hebat itu disebabkan oleh makhluk Allah yang sangat kecil bernama corona.

Lalu, masihkah ada pihak yang berani menyombongkan diri dengan mengatakan, “Kami bangsa yang paling hebat!” Dan lebih buruk dari itu, masihkah ada yang terpikir untuk mengatakan, “Saya tidak percaya Tuhan!” (Mh)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
corona
wuhan
 
BERITA LAINNYA
 
 
EDITORIAL
22 April 2020 14:16:48

Serba Terbalik di Dunia Corona

 
EDITORIAL
23 August 2020 11:55:42

Kejagung Terbakar, Spekulasi Baru Kasus Djoko Tjandra

 
EDITORIAL
01 June 2020 08:10:16

New Normal, antara Masjid dan Mal

 
EDITORIAL
12 August 2020 09:38:21

Bintang Jasa untuk F2

 
EDITORIAL
01 October 2020 10:31:48

Menerawang Sosok Terawan

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284