ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 11 Juli 2020 | 21 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
DUNIA

Kasus Corona Meningkat, 15.000 Muslim Rohingya Dikarantina di Kamp Pengungsian

28 May 2020 22:30:56
Kasus Corona Meningkat, 15.000 Muslim Rohingya Dikarantina di Kamp Pengungsian

ChanelMuslim.com - Setidaknya 15.000 pengungsi Rohingya berada di bawah karantina di kamp-kamp besar yang ada di Bangladesh pada saat jumlah infeksi virus corona yang dikonfirmasi di sana meningkat menjadi 29.

Para pakar kesehatan telah lama memperingatkan bahwa virus itu dapat melaju melalui permukiman yang sempit, seperti kamp pengungsian yang menampung hampir satu juta orang Rohingya yang melarikan diri dari kekerasan di Myanmar, dan para pejabat membatasi pergerakan di daerah itu pada April.

Meskipun demikian, kasus pertama di kamp terdeteksi pada pertengahan Mei.

"Tidak ada infeksi yang kritis. Sebagian besar tidak menunjukkan gejala apa pun. Namun, kami telah membawa mereka ke pusat-pusat isolasi dan mengkarantina keluarga mereka," Toha Bhuiyan, seorang pejabat kesehatan senior di sekitar wilayah Cox's Bazar mengatakan kepada kantor berita AFP, Senin lalu.

Dia mengatakan jalan-jalan sempit ke tiga distrik kamp - tempat sebagian besar infeksi terdeteksi - telah diblokir oleh pihak berwenang.

15.000 Rohingya di dalam apa yang disebut blok menghadapi pembatasan lebih lanjut pada gerakan mereka, katanya.

Ini terjadi ketika para pekerja amal mengungkapkan kekhawatiran mereka terinfeksi di kamp-kamp karena mereka bekerja tanpa perlindungan yang memadai.

Dua daerah yang terisolasi berada di kamp Kutupalong, rumah bagi sekitar 600.000 orang Rohingya.

"Kami berusaha meningkatkan pengujian secepat mungkin untuk memastikan bahwa kami dapat melacak semua orang yang terinfeksi dan kontak mereka," kata Bhuiyan.

Tujuh pusat isolasi dengan kapasitas untuk mengobati lebih dari 700 pasien COVID-19 telah disiapkan, katanya, dengan para pejabat berharap hanya memiliki kurang dari 2.000 pada akhir Mei.

Tetapi, menurut Nay San Lwin, salah satu pendiri Koalisi Pembebasan Rohingya, tidak tersedia cukup tempat tidur dan ventilator ICU untuk para pengungsi dan masyarakat setempat di wilayah Cox's Bazar.

'Sangat khawatir'

Mahbubur Rahman, kepala pejabat kesehatan Cox's Bazar, mengatakan pihak berwenang berharap minggu ini mereka akan menggandakan jumlah tes yang dilakukan setiap harinya.

Dia mengatakan pembatasan masuk lebih lanjut telah diberlakukan di kamp, ​​dengan karantina 14 hari diberlakukan bagi siapa pun yang berkunjung dari Dhaka.

"Kami sangat khawatir karena kamp-kamp Rohingya berpenduduk sangat padat. Kami menduga penularan komunitas (dari virus) telah dimulai," kata Rahman kepada AFP.

Bangladesh pada hari Senin memiliki rekor lonjakan satu hari dalam kasus coronavirus, dengan 1.975 infeksi baru, menjadikan 35.585 kasus dan 501 kematian.

Pada awal April, pihak berwenang memberlakukan penutupan total di distrik Box Cox - rumah bagi 3,4 juta orang termasuk para pengungsi - setelah sejumlah infeksi di luar kamp.

Pekerja amal dan aktivis telah menyuarakan keprihatinan tentang kurangnya kebersihan dan perlindungan di kamp.

"Karena kamp-kamp penuh sesak, jarak sosial hampir tidak mungkin," kata Lwin kepada Al Jazeera.

"Banyak yang tidak mengetahui bagaimana penyakit ini menyebar, bagaimana mencegah dan mengendalikannya," kata Lwin.

"Tidak seperti warga dunia, penderitaan mereka sedikit lebih daripada yang lain. Yang lain dapat mengakses informasi untuk mencegah agar tidak terinfeksi, tetapi Rohingya di kamp-kamp bahkan tidak diizinkan mengakses informasi."

Lebih dari 740.000 Rohingya melarikan diri dari penumpasan militer 2017 yang brutal di Myanmar ke Cox's Bazar, tempat sekitar 200.000 pengungsi sudah tinggal.[ah/aljazeera]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
11 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
DUNIA
09 September 2017 18:26:31

Malaysia Siap Tampung Pengungsi Muslim Rohingya

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga