ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 02 Desember 2020 | 17 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
DUNIA

Jaringan Toko Iceland Segera Hentikan Produk dari Minyak Kelapa Sawit

12 April 2018 16:55:17
Jaringan Toko Iceland Segera Hentikan Produk dari Minyak Kelapa Sawit

ChanelMuslim.com - Jaringan toko Iceland akan menghentikan penggunaan produk mereknya sendiri yang menggunakan minyak kelapa sawit pada akhir tahun 2018.

Jaringan pertokoan nasional yang bermarkas di Deeside - sekitar empat jam perjalanan mobil dari London - akan menjadi supermarket besar pertama Inggris yang melarang kandungan minyak kelapa sawit, yang selama ini dipakai pada lebih dari setengah produknya, mulai dari biskuit sampai sabun.

Iceland menyatakan peningkatan permintaan akan minyak tersebut sangat merusak hutan tropis Asia Tenggara.

Spesialis makanan beku ini menyatakan kesadaran akan tantangan lingkungan minyak kelapa sawit muncul karena adanya aksi dari para pegiat lingkungan Greenpeace.

Larangan hanya berlaku bagi barang-barang dengan merek Iceland, yang berarti produk yang dijual pengecer lain di jaringan pertokoannya mungkin saja tetap mengandung sawit.

Direktur Iceland, Richard Walker, menegaskan 'tidak ada minyak kelapa sawit yang berkesinambungan'.

"Minyak kelapa sawit bersertifikat saat ini tidak membatasi deforestasi dan tidak membatasi perkebunan minyak kelapa sawit," katanya kepada BBC. "Jadi selama belum ada minyak kelapa sawit yang benar-benar berkesinambungan, yang sama sekali bukan dari deforestasi, kami mengatakan tidak kepada minyak kelapa sawit."

Walker mengatakan langkah ini memang akan meningkatkan biaya tetapi tidak akan dibebankan ke pembeli: "Akan terdapat ongkos tambahan tetapi kami pikir ini adalah hal yang baik untuk dilakukan."

Salah satu spesies yang terkena pengaruh minyak kelapa sawit adalah populasi orangutan.

Di beberapa tempat, penanaman kepala sawit menyebabkan penggundulan hutan sehingga spesies yang hidup di hutan perawan kehilangan tempat tinggal.

Sejumlah perkebunan kelapa sawit didirikan tanpa berbicara terlebih dulu dengan masyarakat setempat terkait dengan pemakaian tanah mereka atau bahkan menyebabkan peduduk setempat terusir.

Iceland sendiri menyatakan telah menemukan resep alternatif bagi 50% produknya.

Jaringan toko ini sebelumnya juga sudah pernah mencabut produk bermasalah dari raknya dengan menjadi supermarket pertama yang melarang tanaman hasil rekayasa genetika.

Awal tahun ini Iceland juga menyatakan akan menghapus atau mengurangi besar-besaran pembungkus plastik pada produk mereknya sendiri dengan sasaran pada akhir tahun 2023.[ah/bbc]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284