ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 20 Oktober 2020 | 4 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
DUNIA

Dua Universitas AS Keluarkan Resolusi pro-BDS Melawan Apartheid Israel

02 October 2020 10:08:05
Dua Universitas AS Keluarkan Resolusi pro-BDS Melawan Apartheid Israel

ChanelMuslim.com - Gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) telah mencatatkan kemenangan ganda dalam kurun waktu seminggu setelah dua universitas Amerika mengeluarkan resolusi yang menyerukan divestasi dari Israel.

Universitas Illinois di Urbana-Champaign (UIUC) dan Universitas Columbia telah bergabung dengan sejumlah institusi pendidikan tinggi lainnya untuk mengambil sikap terhadap apa yang oleh para aktivis dikecam sebagai keterlibatan dengan praktik apartheid Israel.

Badan mahasiswa di Universitas Columbia mengeluarkan referendum pada hari Selasa yang dirancang oleh Columbia University Apartheid Divest (CUAD), sebuah kelompok yang dibentuk pada tahun 2016. Referendum tersebut menanyakan: “Haruskah Universitas Columbia mendivestasi saham, dana, dan dana abadi dari perusahaan yang mendapat keuntungan dari atau terlibat dalam tindakan Negara Israel terhadap Palestina, yang menurut Columbia University Apartheid Divest (CUAD), termasuk dalam Konvensi Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Penindasan dan Hukuman Kejahatan Apartheid?”

Enam puluh satu persen badan mahasiswa universitas memilih mendukung divestasi dari perusahaan yang terlibat dalam kejahatan Israel terhadap Palestina, sekitar 27 persen menolak resolusi sementara 11 persen lainnya abstain, menurut angka yang diterbitkan oleh Badan Telegraf Yahudi.

Terlepas dari dukungan luar biasa untuk RUU divestasi Israel, Presiden Universitas Columbia Lee Bollinger merilis pernyataan yang menjauhkan universitas dari resolusi tersebut. "Universitas seharusnya tidak mengubah kebijakan investasinya berdasarkan pandangan tertentu tentang masalah kebijakan yang kompleks, terutama ketika tidak ada konsensus di seluruh komunitas Universitas tentang masalah itu," kata Bollinger.

Universitas Illinois di Urbana-Champaign mengeluarkan resolusi serupa enam hari sebelumnya yang menyerukan divestasi dari sejumlah perusahaan atas keterlibatan mereka dalam pelanggaran hak asasi manusia di Tepi Barat dan Jalur Gaza yang diduduki Israel. Perusahaan yang disebutkan dalam resolusi - berjudul "Pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam Investasi Universitas dan Kepolisian" - termasuk Northrop Grumman, Perusahaan Raytheon, Lockheed Martin, Caterpillar dan Sistem Elbit.

Resolusi itu lolos dengan selisih 22-11, dengan tujuh abstain.

“Kemenangan ini sangat berarti bagi saya, baik sebagai seorang Palestina dan sebagai mahasiswa UIUC,” kata seorang mahasiswa UIUC dan penulis resolusi Buthaina Hattab. "Ada rasisme anti-Palestina yang merajalela di antara mahasiswa dan fakultas, yang diperkuat dan dilindungi oleh administrasi universitas."

Mengomentari kemenangan tersebut, Koordinator Gerakan BDS di Amerika Utara Olivia Katbi berkata: "Kemenangan BDS kampus ini menunjukkan perubahan gelombang yang cepat yang kami lihat di seluruh Amerika Serikat."[ah/memo]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284