ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 09 April 2020 | 16 Sya’ban 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
DUNIA

Karakax List, Dokumen Cina yang Bocor tentang Penahanan Muslim Uyghur

20 February 2020 09:57:06
muslim,uyghur,cina,karakax,daftar
Dua wanita etnis Uighur melewati polisi paramiliter Tiongkok yang berjaga di luar Grand Bazaar di distrik Uighur, kota Urumqi di wilayah Xinjiang Cina pada 14 Juli 2009. (PETER PARKS / AFP / Getty Images)

ChanelMuslim.com

“Big Brother is watching you.”

Pengalaman George Orwell pada tahun 1984 merupakan pengalaman tentang kehidupan nyata Muslim Uyghur yang tinggal di Xinjiang.

Basis data yang baru-baru ini terungkap menunjukkan bahwa Cina menahan minoritas Muslim Uighur karena berjanggut, mengenakan jilbab, mengunjungi negara-negara asing dan memiliki anak "terlalu banyak".

Basis data, yang dikenal sebagai "Karakax List", mengungkap secara luar biasa alasan utama penahanan para Uyghur.

Dokumen Cina setebal 137 halaman, dilihat oleh BBC, dibocorkan ke Deutsche Welle News, bersama dengan penyiar Jerman NDR dan WDR dan surat kabar Süddeutsche Zeitung.

Daftar resmi para tahanan menunjukkan bagaimana Beijing melacak setiap wajah, setiap keluarga, dan setiap gerakan kaum Uyghur.

Salah satu pakar terkemuka dunia tentang kebijakan Cina di Xinjiang, Dr. Adrian Zenz, seorang rekan senior di Yayasan Korban Komunisme Memorial di Washington, percaya bahwa kebocoran terbaru ini adalah asli.

"Dokumen yang luar biasa ini menyajikan bukti terkuat yang saya lihat sampai saat ini bahwa Beijing secara aktif menganiaya dan menghukum praktik-praktik normal kepercayaan agama tradisional," katanya.

Hukuman Sewenang-wenang

Karakax List atau daftar karakax tampaknya menjadi bukti paling substansial dari cara pengumpulan informasi terperinci ini telah digunakan untuk menyapu orang ke dalam kamp.

Ini mengungkapkan, misalnya, bagaimana Cina telah menggunakan konsep "bersalah oleh asosiasi" untuk memberatkan dan menahan seluruh jaringan keluarga besar di Xinjiang.

Dalam salah satu hukuman retrospektif yang sewenang-wenang, daftar tersebut mencakup kasus seorang wanita berusia 38 tahun yang dikirim ke kamp pendidikan ulang karena mengenakan jilbab beberapa tahun yang lalu.

Yang lain ditahan hanya karena mengajukan paspor, yang membuktikan bahwa bahkan niat untuk bepergian ke luar negeri sekarang dipandang sebagai tanda radikalisasi di Xinjiang.

Pada baris ke-66, seorang pria berusia 34 tahun dengan nama depan Memettohti ditangkap karena dianggap tidak mengajukan permohonan pembuatan paspor dengan alasan yang tepat, meskipun digambarkan sebagai "tidak ada risiko praktis".

Pihak berwenang menahan pria berusia 28 tahun lainnya karena "mengklik tautan web dan secara tidak sengaja mendarat di situs web asing".

Kamp-kamp Tahanan

Banyak yang menyebut Daerah Otonomi Xinjiang Uyghur cina, rumah bagi banyak etnis minoritas, termasuk orang Uyghur Turki - sebagai Turkestan Timur.

Selama bertahun-tahun, otoritas Cina telah memberlakukan pembatasan pada Muslim Uyghur di wilayah barat laut Xinjiang.

Menurut beberapa laporan oleh media dan kelompok-kelompok hak asasi manusia, lebih dari satu juta orang Uyghur dan orang-orang dari etnis minoritas Muslim lainnya telah ditangkap di kamp-kamp di wilayah yang dikontrol ketat.

Dalam laporan setebal 117 halaman itu, “'Membasmi Virus Ideologis': Kampanye Penindasan Cina Terhadap Muslim Xinjiang,” Human Rights Watch menyajikan bukti baru tentang penahanan, penyiksaan, dan perlakuan sewenang-wenang massal pemerintah Cina, dan kontrol yang semakin meluas dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah awalnya menyangkal kamp-kamp itu ada, Cina menggambarkannya sebagai sekolah kejuruan yang bertujuan meredam daya tarik ekstremisme dan fundamentalis Islam.

[My/abotislam.net]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
muslim
uyghur
cina
karakax
daftar
 
BERITA LAINNYA
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
Lawan Corona Bersama ChanelMuslim.com
 
 
TERPOPULER
 
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284