ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 17 November 2019 | 20 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
DUNIA

Bergelar PhD di bidang Teknik, Muslimah Ini Juga Atlet Olimpiade Cabang Angkat Besi

08 August 2019 10:42:51
atlit,olimpiade,angkat,besi
aboutislma.net

ChanelMuslim.com - Seorang warga Pakistan-Amerika akan membuat sejarah September ini dengan menjadi salah satu yang bersaing dalam olahraga yang didominasi pria, angkat besi.

Saat ia akan mewakili Pakistan dalam Kejuaraan Dunia di Thailand, Kulsoom Abdullah juga menjadi satu-satunya yang mengenakan jilbab dalam acara internasional itu, menurut laporan Metro.co.uk. Namun dia ditolak masuk kejuaraan angkat besi nasional pada 2010 karena dia mengenakan jilbab.

 “Itu sangat mengecewakan dan memengaruhi latihan saya meskipun saya sudah terbiasa dengan beberapa diskriminasi,” katanya.

“Saya sudah berlatih dan berkompetisi di tingkat lokal, jadi ini adalah perasaan yang membuncah. Jika intropeksi kembali, itu semua adalah pengalaman yang mengubah hidup (saya).”

Pernah diberi kata tidak, kemudian mendapat dukungan dan perhatian media membuat kulsoom terkejut. Dia telah berusaha dan melakukan yang terbaik agar dia bisa lebih berprestasi dan diterima meski berhijab.

Kulsoom telah berkompetisi dalam kompetisi angkat besi Olimpiade sejak 2010, meski sebelumnya lebih tertarik pada taekwondo.

“Saya tidak tahu apa itu angkat besi ketika saya masih kecil. Tidak memiliki panutan atau berpikir bahwa saya bisa menjadi atletis, saya tidak pernah tergila-gila pada olahraga. ‘Saya mulai tertarik dengan angkat besi ketika saya kuliah pascasarjana.”

“Saya mulanya berlatih taekwondo dan sudah mendapat sabuk hitam. Untuk menambahnya, saya mulai membangun daya tahan dan kekuatan saya.”

Kulsoom mulai berlatih untuk membangun daya tahan tubuh dan kekuatannya. Namun dia sangat kesulitan menemukan orang-orang dan lingkungan yang mendukung untuk perempuan sehingga dia banyak melakukan latihan ini sendiri. Dia menikmati latihan-latihan berat itu dan pada akhirnya, setelah menyelesaikan Ph.D-nya, dia menggeluti angkat besi.

Kulsoom memiliki gelar PhD dalam bidang teknik. Bidang teknik mungkin dianggap sebagai karir yang menguntungkan, angkat besi adalah pilihan yang tidak biasa bagi komunitas Muslim Kulsoom.

“[Di gym] biasanya saya ditanya apakah saya panas karena ditutup-tutupi (berjilbab). Jawabannya adalah ya, saya biasa kepanasan ketika musim panas karena tidak ada AC tetapi di musim dingin saya baik-baik saja, ”katanya.

“Saya pikir karena saya mencoba yang terbaik untuk menemukan lingkungan positif untuk belajar dan dilatih, dan difokuskan pada hal itu, saya tidak memperhatikan atau mencari tahu apa yang dipikirkan orang tentang mengapa saya melakukan ini.”

Ketika mendapatkan gelar PhD di bidang Teknik Listrik / Komputer di Institut Teknologi Georgia, Kulsoom mulai menyeimbangkan olahraga dengan studinya.

“Itu tantangan. Ketika saya masih di pascasarjana dan mengambil taekwondo, saya pada dasarnya tidur, makan, belajar, bekerja, Berlatih, lalu tidur lagi, ”katanya.

“Kemudian, dengan angkat besi, saya menikmati olahraga dan ingin tetap melakukannya setidaknya untuk kesehatan mental dan fisik saya sendiri. Saya berusaha memastikan bahwa saya merawat diri sendiri, dan beristirahat selama liburan sehingga saya bisa mendapatkan energi kembali.”

"Hari ini, bekerja di industri ini lebih fleksibel daripada di universitas, jadi saya hanya menemukan angkat beban sebagai bagian dari rutinitas saya untuk mengurus diri sendiri."

Atlet hijabi Muslim telah membuat catatan, memilih untuk berkompetisi secara sederhana.

Ibtihaj Muhammad memenangkan medali Olimpiade pertamanya di Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, menjadikan sejarah sebagai Muslim Amerika berjilbab pertama  dalam pertandingan Olimpiade.

Amna Al Haddad, angkat besi Emirati yang berusia 26 tahun, adalah muslimah berjilbab pertama yang bersaing di Arnold Weightlifting Championship di Ohio pada 2013.

Peseluncur es Emirati muda Zahra Lari juga menarik perhatian di Olimpiade Musim Dingin di Sochi, menunjukkan bakatnya dalam melakukan lompatan dengan kekuatan dan keanggunan sambil dengan bangga mengenakan jilbabnya. [Maya/sumber: aboutislam.net}

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
atlit
olimpiade
angkat
besi
 
BERITA LAINNYA
 
indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284