ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 14 November 2019 | 17 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
BERITA

Sudah Sejauh Manakah Penerapan Penanganan Narkoba Berbasis Sekolah Sudah diterapkan?

18 September 2017 16:55:36
Narkoba, PCC,
Foto Ilustrasi, Sumber Republika

ChanelMuslim.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayan Muhadjir Effendy merespon cepat kasus terjadinya seorang pelajar tewas dan 42 orang dirawat di rumah sakit jiwa dan beberapa rumah sakit lain, akibat meminum obat PCC (Paracetamol Caffein Carisoprodol) yang terjadi di Kendari, Sulawesi Tenggara. Salah satu langkah yang dilakukannya adalah meminta penguatan penjagaan di wilayah perbatasan.

Masalahnya adalah sudah sejauh mana pemerintah menerapkan penanganan Narkoba Berbasis Sekolah. Jika tidak korban akan terus berjatuhan dan kita akan tetap berada dalam situasi Indonesia Darurat Narkoba.

 Dr Fardinand Rabain Perancang & Konsultan Program Narkoba di RSUD Duren Sawit & RS. Mardjoeki Bogor ini menyarankan pemerintah untuk melakukan dua hal.

"Pertama, supply reduction atau mencegah Peredaran Narkoba di lingkungan sekolah dan kampus. Kita harus dapat menjaga lingkungan sekolah / kampus steril dari peredaran narkoba. Kita harus dapat mengantisipasi jangan sampai terjadi transaksi narkoba dari pihak luar dengan anak didik kita, kita juga harus dapat menantisipasi jangan sampai terjadi transaksi antara orang orang yang kesehari hariannya berada atau bekerja di lingkungan sekolah seperti pendidik, sekurity, juru parkir, cleaning service, pramuniaga kantin dengan anak didik kita. Selain itu kita juga harus dapat menantisipasi terjadinya transaksi antar anak didik itu sendiri," tuturnnya, Senin (18/9/2017).

Kedua, katanya, Deman Reduction atau mengurangi minat permintaaan pemakaian Narkoba. Dimulai dari prevention  atau pencegahan penyalahgunaan Narkoba. 

"Walaupun kita sadari semua sudah tahu narkoba itu berbahaya tapi kita tidak boleh berhenti untuk mengingatkan anak didik tentang bahaya narkoba. Baik itu berupa penyuluhan atau edukasi melalui sikap dan perilaku. Supaya tidak membosankan apalagi menjadi beban tambahan edukasi harus dirancang sebaik mungkin dan semenarik mungkin. Jangan edukasinya menjadi suatu mata pelajaran yang membebani anak didik, selain harus menghafalnya mereka juga harus lulus ujiannya sebagai syarat kenaikan kelas," ungkap salah satu pendiri Badan Narkotika Nasional ini.

Lanjutnya, kalau dalam bentuk mata pelajaran seperti itu hanya akan menambah beban mereka untuk menghafal dan mengikuti ujian yang diberikan, hal ini akan membuat anak didik menjadi bosan dan akhirnya hanya akan menambah tingkat stresor mereka. 

 
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
narkoba
pcc
 
BERITA LAINNYA
 
 
BERITA
07 January 2018 11:16:53

Difteri dan Kejadian Luar Biasa

 
indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284