ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 05 Agustus 2020 | 16 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
BERITA

Status Gunung Merapi Waspada, Dompet Dhuafa Buka Pos di Lima Titik

16 January 2019 07:00:02
Dompet dhuafa, gunung Merapi,
Dompet Dhuafa , gunung Merapi, Yogyakarta, pos hangat gunung Merapi Yogyakarta

ChanelMuslim.com - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, pada laporan tertanggal 10 Januari 2019, menyatakan kubah lava saat ini dalam kondisi stabil dengan laju pertumbuhan yang masih relatif rendah. Aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi dan ditetapkan dalam tingkat aktivitas waspada. BPPTKG juga menghimbau masyarakat menjauhinya sejauh radius 3 Km. Begitu juga masyarakat yang berada di Kawasan Rawan Bencana III.

Melihat potensi status tersebut Dompet Dhuafa melalui kantor cabang Yogyakarta, menginisiasi pembukaan Pos Hangat sebagai tempat pantauan langsung terhadap kondisi Gunung Merapi. Di lokasi-lokasi aman dengan radius 6 Km dari Puncak Merapi, pos tersebut didirikan.

Terdapat lima lokasi pos hangat yang dibuka, yaitu di Sumberjo; Kaliurang Utara dan Selatan; Cepagan; serta di Jrakah. Semua lokasi tersebut berada di wilayah Kaliurang. Selain di lima lokasi tersebut, rencananya akan dibuka lagi Pos Hangat, di dua titik di kawasan Sleman, dan satu titik di Boyolali.

Lokasi-lokasi tersebut dipilih karena di sana terdapat relawan-relawan lokal Dompet Dhuafa yang sudah cukup memahami seluk-beluk daerah tersebut. Sehingga membuat lokasi tersebut dinyatakan strategis sebagai tempat pemantauan dari aktivitas vulcanologi Gunung Merapi.

“Kita punya relawan lokal di semua desa di sekiling Gunung Merapi. Bahkan ada yang di dekat puncak merapi juga,” jelas Badar, selaku perwakilan relawan Dompet Dhuafa Yogyakarta dalam keterangan persnya.

Hal tersebut juga memudahkan tim Dompet Dhuafa untuk bersinergi dengan penduduk sekitar Gunung Merapi. Maka, apabila terjadi perubahan pada Gunung Merapi, dengan cepat kita dapat menggulirkan respon di sana. (jwt/rilisDD)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
dompet dhuafa
gunung merapi
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
05 August 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
BERITA
11 December 2017 05:24:41

Banjir dan Longsor Pacitan, BMH Salurkan Bantuan

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
Munajat Dzulhijjah
 
 
TERPOPULER
 
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga