ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
BERITA

Menjawab Tantangan 4.0, Kemenag akan Terapkan Sistem e-Learning di Madrasah

17 September 2019 21:17:16
Sekjen M. Nur Kholis Setiawan berbincang dengan Direksi Alef Education (foto: Istimewa)
Sekjen M. Nur Kholis Setiawan berbincang dengan Direksi Alef Education (foto: Istimewa)

ChanelMuslim.com - Menjawab tantangan pendidikan di era disrupsi, Kementerian Agama akan menerapkan sistem e-learning pada madrasah. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenag M. Nur Kholis Setiawan.

“Kemenag serius melakukan terobosan inovasi sistem pembelajaran, terutama di madrasah, yang selaras dengan tantangan disrupsi revolusi industri 4.0,” kata Nur Kholis Setiawan, di Abu Dhabi, Selasa (17/09) dilansir laman kemenag.

Nur Kholis yang ditemui saat melakukan kunjungan kerja di Abu Dhabi menuturkan, salah satu agenda lawatannya ke Uni Emirat Arab (UEA) adalah menjajaki kerjasama dalam pengembangan sistem e-learning di madrasah.

“Dunia terus berubah. Kalau kita bekerja linier dan cara belajar anak-anak cenderung linier, maka kita akan ketinggalan dengan anak-anak di negara lain,” ungkap Nur Kholis.

Sekjen Kemenag yang didampingi Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah Abdullah Faqih, menjadi perwakilan Kementerian Agama dalam Delegasi Republik Indonesia ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Tim yang melakukan kunjungan kerja sejak 15 hingga 18 September 2019 ini dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Selama berada di Abu Dhabi, Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini mengunjungi sejumlah sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan dan berdiksusi dengan para pemangku kebijakan dalam pengembangan sistem e-learning di UEA.

Di antaranya adalah Al Asayel Primary School, Alef Education, Krypto Labs, Alef Micro School, dan Algorytma. Dalam kunjungan tersebut, delegasi Indonesia berdiskusi tentang kemungkinan penerapan sistem e-learning tersebut di Indonesia, khususnya di Madrasah.

Menjawab Tantangan 4.0, Kemenag akan Terapkan Sistem e-Learning di Madrasah

Lebih jauh, Nur Kholis mengatakan bahwa sistem e-learning yang diterapkan di sejumlah sekolah di UEA sudah dilakukan dengan sangat serius, bahkan dengan berbagai riset yang melibatkan sejumlah ahli.

“Karenanya, untuk saat ini adaptasi sistem mungkin pilihan terbaik, agar dampak sistem ini bisa langsung dirasakan oleh siswa-siswa madrasah di Indonesia yang pada gilirannya akan dapat berdampak peningkatan mutu dan daya saing pendidikan madrasah,” papar Nur Kholis.

Kelebihan sistem e-learning yang diterapkan oleh Pemerintah UEA menurut Sekjen Kemenag ini adalah sistem monitoring capaian pembelajaran dapat dikontrol dan dianalisis dengan menggunakan artificial intelligence. Hal ini kemudian akan menghasilkan big data dan meta data tentang capaian pembelajaran siswa.

"Berdasar hasil analisis data tersebut, kemudian akan menjadi basis pengambilan kebijakan strategis terkait pelatihan guru ataupun intervensi kebijakan penjaminan mutu pendidikan. Jadi, intervensi kebijakan kita betul-betul berdasarkan data yang akurat. Bukan trial and error," kata Nur Kholis.

Nur Kholis mengungkapkan bagaimana Indonesia perlu belajar dari system yang telah diterapkan di sebagian besar sekolah di UEA ini.

"Dengan harapan penerapan sistem e-learning ini akan memberikan kontribusi penting untuk memberikan layanan pembelajaran yang berkualitas yang selaras dengan kebutuhan pembelajaran abad 21,” tutup Nur Kholis optimis. [jwt/kemenag]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
sekjen m. nur kholis setiawan berbincang dengan direksi alef education (foto: istimewa)
 
BERITA LAINNYA
 
 
BERITA
17 January 2018 20:25:54

Ingin Masuk Surga Sekeluarga? Ini Tipsnya!

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284