ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 19 November 2019 | 22 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
BERITA

Hadapi Tantangan Era Digital, TaniFund Bersama Dompet Dhuafa Lahirkan lnovasi Sektor Peternakan Berbasis Teknologi

14 October 2019 10:57:59
Hadapi Tantangan Era Digital, TaniFund Bersama Dompet Dhuafa Lahirkan lnovasi Sektor Peternakan Berbasis Teknologi
Foto: Official

ChanelMuslim.com - Berangkat dari visi ’Agriculture for Everyone’ atau 'Pertanian untuk Semua’, startup agritech TaniHub Group bekerja sama di bidang social enterprise dengan lembaga filantropi Dompet Dhuafa untuk memberdayakan peternak lokal melalui inovasi teknologi. TaniHub Group menjalankan inisiatif tersebut melalui PT Tani Fund Madani Indonesia (TaniFund), saIah satu unit bisnisnya yang bergerak dalam Iayanan peer-to-peer lending untuk pertanian. 

Kolaborasi tersebut berupa opsi pembiayaan berkonsep imbal hasil bagi peternak hewan kurban binaan Dompet Dhuafa mela|ui platform crowdfunding TaniFund. Dengan teknologi tersebut, kedua belah pihak mencoba mengembangkan kapasitas para peternak lokal melalui sentra-sentra ternak di berbagai provinsi di Indonesia. Peran kelompok atau sentra ternak adalah memberdayakan peternak binaan dan mengoptimalkan hasil produksi. Pada tahap awal, program dilaksanakan untuk 25 kelompok ternak di pulau Jawa dengan target 50.000 hewan ternak, yang akan diserap mela|ui program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa. Melalui program tersebut, masyarakat dapat menyalurkan dana kurbannya melalui TaniFund sejak setahun sebelumnya. 

Ivan Arie Sustiawan selaku CEO dan Co-Founder TaniHub Group dan drg. Imam Rulyawan, MARS., selaku Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa menandatangani perjanjian kerja sama tersebut di kantor pusat TaniHub Group, gedung CoHive 101 di Jakarta, pada hari Senin, 14 Oktober 2019. Perjanjian tersebut merupakan kelanjutan dari nota kesepakatan (Memorandum of Understanding/MOU) antara kedua belah pihak yang telah ditandatangani pada bulan Juli yang lalu. 

Ivan Arie Sustiawan mengatakan, ”Kerja sama ini merupakan inisiatif baru kami bersama Dompet Dhuafa untuk memberdayakan para peternak di Indonesia, yangjuga sejalan dengan salah satu pilar kami, yaitu Social Impact. TaniFund dapat menjadi solusi bagi petani dan peternak untuk mendapatkan akses kepada keuangan (access to finance) sehingga mereka dapat mengembangkan usaha mereka lebih baik lagi. Kami berharap dapat terus menciptakan inovasi bersama Dompet Dhuafa untuk menciptakan kebaikan bagi masyarakat banyak.” 

Selama 26 tahun kiprahnya di dunia filantropi, Dompet Dhuafa memiliki concern salah satunya yaitu membangkitkan gairah perekonomian mela|ui pertanian dan peternakan Indonesia. Dalam menapaki perjalanan tersebut, kerja-kerja pemberdayaan terus bergulir dan tidak sedikit membuahkan kolaborasi dengan berbagai pihak. Di era kemajuan teknologi dan digita|isasi serta pesatnva Iaju perekonomian di era digital, Dompet Dhuafa memilih berkolaborasi dengan TaniFund agar ke depannya pertanian dan peternakan Indonesia dapat sejajar dengan negara-negara di Asia Pasifik maupun dunia. Pemilihan kolaborasi Dompet Dhuafa tidak lepas dari terdaftarnya TaniFund di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan diawasi oleh regulator tersebut. 

“Seiring dengan perkembangan dunia digital, kolaborasi memberdayakan peternak mandiri dalam upaya membangun negeri menjadi satu keniscayaan untuk menciptakan Social Enterprise, sehingga peternak dapat merasakan dampaknya secara Iangsung. Dompet Dhuafa dan TaniFund berkolaborasi, berinovasi dengan teknologi terkini, untuk menjangkau semua kalangan. Selain itu, melalui kolaborasi ini, kami mengajak dan mengajarkan kepada para peternak untuk mengelola usahanya secara profesional,” jelas drg. Imam Rulyawan, MARS. 

TaniHub Group telah memulai kolaborasi perdananya dengan Dompet Dhuafa melalui program pengadaan hewan kurban untuk menyambut musim ibadah haji dan hari raya Idul Adha, yang jatuh pada 11 Agustus 2019. Melalui program Dompet Dhuafa bertajuk 'Tebar Hewan Kurban' yang telah bergulir sejak 1994, platform e-commerce pertanian TaniHub menyediakan opsi tambahan untuk pembelian hewan kurban, yaitu kambing dan sapi, di aplikasinya. Sehingga melalui gawai pintar yang telah ter-install aplikasi TaniHub, masyarakat dapat menyalurkan hewan kurban hingga sebulan jelang Idul Adha. Selama program tersebut berjalan, donasi sebesar 2,5 persen otomatis masuk melalui Dompet Dhuafa untuk setiap transaksi di aplikasi TaniHub. 

 
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
BERITA LAINNYA
 
 
BERITA
26 September 2019 10:13:03

STID Natsir Pancang Tiang Pertama Asrama Mahasiswa

 
BERITA
10 September 2018 09:40:14

Salimah Kutai Kartanegara Sukseskan HAORNAS

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284