ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 30 September 2020 | 13 Safar 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
BERITA

Berhenti Bicara Kasus Bunuh Diri di Media Sosial

21 January 2020 02:00:02
berhenti,bicara,bunuh,diri,media,sosial
pexels.com

ChanelMuslim.com – Insiden seorang siswi SMP, SN yang loncat dari lantai 4 gedung sekolahnya mengisi media beberapa hari ini. Tidak hanya media mainstream, bahkan media sosial sangat sibuk memperbincangkan kasus ini. Tagar RIP Nadia menjadi trending Twitter pada hari Minggu (19/1/20). Sebanyak 39 ribu cuitan menggunakan tagar RIP Nadia. Ramai dibicarakan motif yang menyebabkan SN melakukan tindakan bunuh diri itu dengan beragam versi. Padahal hingga tulisan ini dibuat, polisi masih menyelidiki motifnya alias belum jelas penyebabnya.

"Setop bergosip! Ini bisa berdampak ke orang yang rentan terhadap pemikiran bunuh diri," kata Kepala Koordinator Into The Light, Benny Prawira Siauw, kepada wartawan, Minggu (19/1/2020).

Into The Light adalah kelompok pemerhati pencegahan bunuh diri. Benny yang merupakan peneliti kajian bunuh diri (suicidolog) ini menyayangkan warganet yang menarik kesimpulan atas dasar tangkapan layar WhatsApp dan Instagram, seolah-olah menuntut keadilan untuk korban bunuh diri.

"Ketika kita mendramatisir persoalan ini, akhirnya ini mempersulit kondisi keluarga. Di sisi lain, keluarga perlu ruang dan waktu untuk berduka. Kalau masyarakat hendak menunjukkan keprihatinan atas isu ini, maka berilah pemahaman pencegahan bunuh diri," kata Benny.

Benny sudah menerima laporan dari orang-orang yang rentan terhadap pemikiran bunuh diri. Nuansa yang tercipta dari keriuhan media sosial internet tidak sehat bagi kesehatan jiwa.

"Pembicaraan yang tidak konstruktif dan suportif itu berpotensi 'trigerring' atau memicu teman-teman yang rentan. Ini akan memicu nuansa depresif," kata Benny memperingatkan bahaya keriuhan di media sosial.

Maka yang perlu dilakukan adalah menunggu keterangan polisi, menghargai privasi keluarga, dan memberikan dukungan moril ke teman-teman dan orang-orang terdekat yang punya kecenderungan bunuh diri.

 
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
berhenti
bicara
bunuh
diri
media
sosial
 
BERITA LAINNYA
 
Senandung Akbar
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
Pelatihan Menulis Oase Chanel Muslim
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284