ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 20 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Ayah Bunda Penuhilah Hak Anak

25 November 2017 10:23:41
Ayah Bunda Penuhilah Hak Anak

ChanelMuslim.com – Terkadang kita memberikan banyak aturan dan berusaha keras mendisiplinkan anak dengan berbagai cara. Kita begitu ingin memiliki anak yang baik, anak yang shalih dan menginginkah hasil yang cepat terlihat.

Ayah Bunda, disaat kita membuat berbagai aturan, disaat kita seringkali merasa lelah karena merasa usaha yang kita lakukan nampak masih jauh dari hasil yang diinginkan. Mari kita break sejenak dan melihat sudahkah kita memberikan hak-hak anak kita.

Suatu ketika Umar bin Khathab didatangi seorang laki-laki yang mengadu bahwa anaknya telah durhaka pada orang tuanya. Umar menegur anak tersebut, karena sungguh durhaka pada orang tua adalah perbuatan yang sangat buruk. Namun, sebelum Umar berkata lebih lanjut sang anak bertanya pada Umar, “adakah hak anak dari orang tuanya yang harus dipenuhi?” Umar berkata tentu ada.“Apa sajakah hak-hak anak atas orangtuanya itu, wahai Amirul Mukminin?”

Sahabat yang sekaligus menantu Rasulullah Saw ini pun menjelaskan. Bahwa hak anak atas orang tuanya adalah dipilihkan ibu yang baik baginya, diberikan nama yang bagus dan diajarkan Alquran kepadanya.

Ada tiga hak utama yang harus diberikan orang tua pada anaknya. Salah satu diantaranya adalah mengajarkan Alquran. Mengajarkan Alquran, mengajarkan kalam Allah, mengajarkan berbagai kisah dalam Alquran, mengajarkan tauhid dan juga akhlak.

Mengenalkan Alquran dengan kalimat-kalimat tauhid dan tentang keagungan pencipta-Nya. Mengajarkan Alquran agar anak mencintai Alquran dan dengan sendirinya ia nanti akan haus untuk terus membaca, menghafal dan mengamalkannya. Mengajarkan Alquran mengajarkan tentang kemurahan Allah dan balasan kebaikan.

Ajarkan Alquran dengan kelembutan sebagaimana Rasulullah menyebarkan dakwah di tahun-tahun pertama kenabian dengan penuh kesabaran. Seringlah membaca Alquran di dekat anak-anak. Karena ayat-ayat Alquran adalah wahyu yang penuh keajaiban yang dapat melembutkan hati, menjadi obat dan mengandung pahala.

Bersabarlah dalam proses mengajarkan Alquran pada anak-anak. Biarkanlah anak mengenal dan berjalan menuju Allah dengan rasa cinta bukan karena rasa takut. (w)

Referensi : Kajian Ustadz Herfi Ghulam Faizi Lc./Mendampingi Anak Belajar Alquran

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
ayah bunda penuhilah hak anak
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
07 January 2019 11:05:18

Kisah Juraij dan Doa Ibunya

 
PARENTING
16 April 2018 07:00:02

Anak Kinestetik, Si Trouble Maker

 
PARENTING
17 August 2018 21:34:24

Mengenal Pahlawan Indonesia, Muhammad Natsir

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284