ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 28 Mei 2020 | 6 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
ARSITEKTUR

Benarkah Plafond Semakin Tinggi Maka Akan Semakin Sejuk Rumah ?

02 November 2017 08:12:46
plafond tinggi
ilustrasi

ChanelMuslim.com - Pada rubrik Arsitektur kali ini akan menjawab pertanyaan dari pembaca CMM yang merasakan panasnya didalam rumah kediamannya karena terlalu pendek plafond. Benarkah Plafond Semakin Tinggi Maka Akan Semakin Sejuk Rumah ?

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Ir. Andan Nadriasta di ChanelMuslim.com , rumah saya panas dan pengap. Menurut saya plafond rumah terlalu rendah hingga ruangan jadi panas. Saya ingin tinggikan plafond tersebut. Berapakah tinggi yang ideal dari plafond rumah saya ?

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Joko – jogja

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Joko di Jogja, jazakallah atas akses nya ke ChanelMuslim.com. Semoga silaturahim kita di berkahi Allah. Semoga situs ChanelMuslim.com dapat senantiasa istiqamah berdakwah di layar maya ini.

Pak Joko dan netters sekalian, saya ingin meluruskan pemahaman ini. Benarkah plafond semakin tinggi maka akan membuat rumah semakin sejuk ? Jawaban nya tidak benar. Karena yang membuat sejuk ruangan adalah pola sirkulasi hawa yang benar.

Jadi tidak ada hubungan antara ketinggian plafond dan sejuk atau tidak nya ruangan. Jika kita ingin ruangan menjadi nyaman, sejuk dan segar, maka kita harus memperhatikan pola sirkulasi udara nya.

Ideal nya adalah pola ‘cross ventilation ‘ . Pola sirkulasi hawa silang depan belakang atau kiri kanan akan membuat rumah menjadi segar.

Hawa dari depan dapat masuk dan dibuang melalui hawa belakang. Demikian juga sebaliknya. Apalagi jika di tambah di kiri dan kanan rumah ada bukaan juga. Maka akan bertambah lagi kesejukan nya. Jadi yang utama adalah pola depan belakang dulu. Baru kiri dan kanan jika memungkinkan.

Permasalahan nya banyak sekali orang membangun rumah tanpa memperhatikan pola sirkulasi hawa yang benar. Yang penting buat ruangan sebanyak mungkin, bikin kamar di setiap sisi rumah dan setiap jengkal tanah dapat di jadikan ruang. Pemahaman ini salah. Karena tidak memperhatikan pola kebutuhan ruang dan standarisasi ukuran serta mengabaikan bukaan sinar matahari.

Wajar saja hal ini sering terjadi, karena banyak sekali rumah yang tidak di desain oleh arsitek. Pergilah ke arsitek. Bisa ke teman, tetangga, kenalan bahkan zaman sekarang bisa melalui on line. Diskusikan apa yang di inginkan. Lalu bicarakan fee desain nya yang jelas tidak mahal jika di bandingkan dengan biaya bangun rumah nya. Dan akan terasa lagi tidak mahal jika justru dengan desain tersebut akan melahirkan konsep rumah hemat. Hemat energi, hemat bangunan dan hemat di kantong tentunya.

Netters sekalian, untuk standard plafond, kita harus perhatikan bentuk bangunan nya. Karena ada perbandingan antara ketinggian dan lebar bangunan. Semakin lebar bangunan maka semakin tinggi pula plafond nya.

Jadi jangan main asal tinggi saja. Karena jika kaidah ini yang di pakai, maka justru shock yang di hasilkan. Itulah istilah arsitektur nya.

Ya, kaget. Itulah bahasa mudah nya. Jika ada lorong sempit selebar 1,5 m lalu di buat plafond setinggi 6 meter maka kita akan merasa lorong tersebut mencekam dan shock. Nah, berarti ada hubungan antara lebar ruang dan ketinggian plafond.

Untuk mudah nya saya buat data sebagai berikut :

1. Rumah petak, plafond nya sekitar 2,5 meter sampai 3 meter.

2. Rumah tinggal biasa plafond nya sekitar 3 sampai 3,5 meter.

3. Rumah tinggal yang besar plafond nya sekitar 3,5 meter hingga 4 meter

4. Masjid, plafond nya 4 meter sampai 5 meter.

Itulah standard plafond di bangunan yang berbeda – beda. Jadi tolong di sesuaikan sendiri plafond kita sesuai kebutuhan kita masing – masing.

Demikian Pak Joko, semoga penjelasan ini ada manfaat nya. Semoga penjelasan ini membuat pemahaman kita tentang pola sirkulasi hawa dan standard plafond menjadi baik dan benar.

Akhirul kalam,

Wassalaamua’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Ir. Andan Nadriasta – www.griyainsani.com

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : andanarsitek@gmail.com

Wa : 0813 1901 0400 sms : 0817 496 5742

fb  : griyainsani

IG : @griyainsani

Twitter : @griyainsani_com

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
plafond tinggi
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
ARSITEKTUR
25 August 2018 18:38:55

Renovasi Muka Rumah Hanya 4 Meter

 
ARSITEKTUR
27 September 2017 22:44:24

Desain Rumah Kecil Dengan 5 Kamar Tidur

 
ARSITEKTUR
06 September 2017 11:07:10

Renovasi Rumah 2 lantai Tanpa Bongkar Bangunan Lama

 
ARSITEKTUR
31 January 2019 14:44:36

Renovasi Hemat, Minimalis dan Praktis

Tunaikan Zakat Fitrah bersama Chanel Muslim
 
 
 
TERBARU
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
TERPOPULER
 
 
Muhasabah Akbar Akhir Ramadhan, Sambut Idul Fitri, Selamatkan Negeri
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284