ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 22 Mei 2019 | 17 Ramadhan 1440 H
Login | Register

 
Jangann Takut Berzakat Karena Zakatmu Sangat Bermanfaat Tunaikan Zakat

Jangann Takut Berzakat Karena Zakatmu Sangat Bermanfaat Tunaikan Zakat

 
 
 
 
WISATA

Semua Warga Ibukota Wajib ke Bantar Gebang

24 April 2019 09:00:02
Wisata lingkungan, mini Sampah, gunung sampah, wisata Bantar gebang , kunjungan ke Bantar Gebang
Field trip Sustainable Indonesia ke Bantar Gebang (Foto: Ig @sustainableindonesia)

ChanelMuslim.com - Generasi Milenial seharusnya menjadi generasi Zero Waste. Dimana sampah adalah awal bencana itu bermula. Salah satu ide terbaik membuat mata para Milenial kota melek lingkungan adalah dengan mengajak mereka berkunjung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Bantar Gebang Bekasi. Percayalah hati nurani akan tergerak untuk menerapkan hidup minim sampah.

Catatan perjalanan dari Sustainable Indonesia dalam Field Trip ke Bantar Gebang pada Februari 2019 lalu ini menginspirasi ChanelMuslim.com untuk menulis di Rubrik Wisata dengan judul "Semua Wajib Kunjungi Bantar Gebang".

TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu) Bantar Gebang adalah tempat pembuangan sampah milik Pemprov DKI yang berada di wilayah Bekasi Jawa Barat.

Total lahan Bantar Gebang ini kurang lebih 110 hektar yang terbagi dalam 5 zona. Sudah beroperasi sejak tahun 1989. Setiap harinya 8000 ton sampah yang dihasilkan warga Jakarta dikirim ke Bantar Gebang dengan menggunakan truk-truk sampah.

Setiap harinya 400 truk hilir mudik mengantar sampah selama 24 jam. Saat ini volume sampah yang sudah berada di TPST mencapai 39 juta ton. Dengan ketinggian sudah mencapai 40 m. Kamu tahu bahwa kapasitas TPST Bantar Gebang hanya 49 juta ton. Hanya tersisa 10 juta ton.

Dari data-data diatas bisa kita hitung melalui matematika sederhana kita dapat menghitung masa hidup TPST ini adalah 3 tahun lagi. Bukan waktu yang lama kan?

3 tahun waktu yang singkat! Dengan asumsi setiap harinya produksi sampah tidak meningkat ya!

Semua Warga Ibukota Wajib ke Bantar Gebang

Bagaimana caranya agar bisa memperpanjang usia Bantar Gebang ini? Ada 2 pilihan :

1. Mengurangi volume sampah yang dibuang di Bantar Gebang.

Ini bisa banget kita lakukan. Asal kita lakukan bersama-sama. Jelas dong kalau sendiri saja yang puasa sampah tapi temen sebelah kamu, teman kantor kamu, tetangga kamu masih saja produksi sampah. Tidak akan signifikan kurangnya.

Gerakan mengurangi sampah harus dilakukan bersama-sama, masif, berbondong-bondong! Teman-teman minimal dulu nih kita menyadari adanya masalah ini. Lalu mulai berpikir apa yang bisa kita lakukan. Lakukan segera, sekarang, dan bersama-sama.

2. Menambah lahan

Pilihan yang sangat egois. Kita enak-enak nyampah di Jakarta tapi yang menanggung langsung dampaknya adalah warga sekitar Bantar Gebang.

Coba kita pikir kalo opsi menambah lahan ini jadi prioritas. Terbayang dalam beberapa tahun lagi ada Bantar Gebang lainnya

Tahukah kalau dahulu kala Bantar Gebang ini sawah yang indah, kebun bambu yang teduh, hutan. Lalu kita sebagai warga Jakarta merusaknya. Kamu tega!.

Lakukan yang kita bisa. Ajak teman, keluarga, kerabat untuk mengurangi sampah. Dengan kapasitas yang terbatas jelas opsi buang sampah pada tempatnya sudah bukan pilihan lagi.

Semua Warga Ibukota Wajib ke Bantar Gebang

Ini Alasan Kenapa Kita Harus Berkunjung ke Bantar Gebang dirangkum dari catatan field trip Sustainable Indonesia di akun Instagramnya @sustainableindonesia:

1. .Dengan datang kesana peserta dapat melihat bahwa sampahnya tidak kemana-mana, hanya menumpuk di Bantar Gebang saja.

2. Bantar Gebang membuat kita tidak nyaman, gelisah bahkan salah satu dari anak menangis ketika pertama kali kesana.

Realita yang membuat kita harus kian berpikir untuk lebih menerapkan minim sampah di kehidupan kita. Karena sampah terutama di wilayah Jabodetabek itu hanya berpindah dari rumah ke TPA.

3. Fieldtrip ke Bantar Gebang bukan hanya jalan-jalan lihat gunung sampah tapi perjalanan yang telah mengguncang jiwa dan membuat kita berkomitmen untuk mengubah prilaku kita, keluarga dan lingkungan.

4. Tidak hanya masalah lingkungan yang terjadi disana tapi juga masalah sosial.

Kedatangan kita ke Bantar Gebang akan membawa perubahan sangat besar dalam diri kita.

Dengan melihat langsung bukti perbuatan kita, menyium bau menyengat, mengobrol dengan orang-orang yang terkena imbasnya akan menjadi bahan bakar untuk membuat perubahan dalam diri dan lingkungan kita.

Semua Warga Ibukota Wajib ke Bantar Gebang

Yuk ke Bantar Gebang. Jadwalkan bersama keluarga, sekolah atau komunitas menyaksikan betapa benar Firman Allah yang memerintah untuk memelihara lingkungan di QS Ar Rum 41-42:

“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (kejalan yang benar).

Katakanlah (Muhammad), “Bepergianlah di bumi lalu lihatlah bagaimana kesudahan orang-orang dahulu. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).” (42)

Semoga bermanfaat dan terima kasih Sustainable Indonesia telah membuka mata kami.

Sumber Artikel: IG @sustainableindonesia

[jwt]

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
wisata lingkungan
mini sampah
gunung sampah
wisata bantar gebang
kunjungan ke bantar gebang
 
BERITA LAINNYA
 
 
WISATA
16 January 2019 10:00:01

Yuk ke Taman Piknik Kalimalang Jakarta Timur

 
WISATA
17 November 2017 04:05:07

Yuk Mengenal Kuliner Dunia di SIAL Interfood Expo


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284