ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 25 Agustus 2019 | 24 Zulhijjah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
TUMBUH KEMBANG

Saat Anak Tantrum, Ini yang Harus Orang tua Lakukan

10 February 2019 22:29:51
Saat Anak Tantrum, Ini yang Harus Orang tua Lakukan
Saat Anak Tantrum, Ini yang Harus Orang tua Lakukan (foto: pexels)

oleh: Kiki Barkiah

ChanelMuslim.com--Berhadapan dengan anak berusia balita, membutuhkan kesabaran tersendiri. Pasalnya, mereka sering tidak dapat memahami pesan yang kita sampaikan. Keterbatasan pola pikirnya membuat Ananda hanya berpikir satu arah. Mementingkan kepentingan dan keberadaan dirinya, namun belum dapat memahami kepentingan dan keberadaan orang lain. Maka hal yang jauh lebih efektif dibanding memberikan nasihat panjang adalah menata panggung atau mengatur lingkungan agar anak-anak dapat bersikap sesuai dengan yang kita harapkan.

Pada usia dini, mereka masih mengolah informasi secara konkrit melalui panca indra. Oleh karena itu, aturlah lingkungan agar tidak menimbulkan stimulus yang akan memicu respon panca indra mereka. Sebagai contoh, jika kita tidak ingin anak membeli mainan, maka hindari membawa mereka ke lorong supermarket yang menjajakan mainan. Sebab ketika panca indra mereka menangkap infomasi yang kita ingin hindari, kita cenderung akan kesulitan untuk mengantisipasi akibatnya.

Maka bagaimana bila hal itu telanjur terjadi? Ingatlah bahwa sesungguhnya anak-anak berusia dini sangat mudah dialihkan. Alihkan dengan hal-hal konkrit yang mampu ditangkap oleh pancaindra mereka. Sebelum mengalihkan perhatian, kita tetap harus memberikan pengertian dengan kalimat yang singkat, padat dan jelas. Meskipun anak membutuhkan proses untuk memahami sebuah alasan, tetapi pembiasaan agar seorang anak melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan alasan, harus tetap kita lakukan. Setelah itu, segeralah mengalihkan perhatian mereka kepada sesuatu yang akan menarik perhatiannya. Sehingga diharapkan ia tidak terlalu bersedih hati karena keinginan sebelumnya yang tidak dapat dipenuhi. Hindari penipuan dan kebohongan pada saat mengalihkan perhatian anak. Kita juga dapat memberikan hal yang hampir serupa meski tak sama untuk mengobati kekecewaannya. Namun bila dengan berbagai pertimbangan kita memutuskan untuk memenuhi permintaan mereka, ajarkan mereka untuk meminta dengan cara yang baik atau meminta mereka memperbaiki cara meminta.

Namun, bila orang tua memilih untuk bersikeras menolak keinginannya, maka bersiaplah terhadap konsekuensi yang ditimbulkan dari penolakan tersebut. Tetaplah konsisten dengan pilihan tersebut. Namun bila naluri orang tua merasakan bahwa akan ada masalah besar yang ditimbulkan ketika kita langsung menolak keinginan anak, maka hindarilah sikap penolakan tersebut sedari awal. Jangan sampai kita bersikap tidak konsisten, memilih menolak lalu kemudian luluh ketika seorang anak melakukan perlawanan yang sangat agresif sebagai wujud frustasinya. Karena dikhawatirkan hal ini akan menjadi senjata bagi mereka di kemudian hari untuk mendapatkan hal-hal yang mereka inginkan. Untuk mengurangi respon negatif saat kita melarang atau menolak keinginan balita, kita juga dapat mempersiapkan alternatif pilihan sebelum melakukan penolakan. Sehingga kekecewaan mereka segera terobati dengan tawaran lain yang kita berikan.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
saat anak tantrum
ini yang harus orang tua lakukan
 
BERITA LAINNYA
 
 
TUMBUH KEMBANG
25 April 2018 22:54:11

Timbul Bercak Putih di Mulut Bayi, Ini Penjelasan Ilmiahnya

 
TUMBUH KEMBANG
12 December 2017 06:04:12

Artikulasi dan Baby Talking

 
TUMBUH KEMBANG
25 February 2018 14:22:21

Memilih Bacaan Tepat untuk Batita

 
TUMBUH KEMBANG
01 February 2019 09:08:23

Mengenal Vernix Caseosa, si Lapisan 'Keju' pada Bayi Baru Lahir

 
TUMBUH KEMBANG
24 January 2019 14:01:56

Kenali 4 Tanda Bayi Alami Lonjakan Pertumbuhan

Muslim Life Festival
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284