ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 13 November 2018 | 4 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
TUMBUH KEMBANG

Memilih Bacaan Tepat untuk Batita

25 February 2018 14:22:21 tumbuh kembang anak, membaca, batita, pintar, cerdas
Foto: Kartu Flash Card

ChanelMuslim.com – Dilansir dari Boldsky, membaca untuk batita dilakukan agar membantunya memahami irama dan suara. Meskipun batita belum bisa memahami isi dari bacaan tersebut tetapi batita sudah mampu mendengar dan mulai membedakan intonasi suara. Lalu seperti apa bacaan yang tepat dibacakan untuk batita? Simak ulasan berikut:

Ketika berusia enam bulan pertama, orang tua bisa memilih buku-buku dengan sedikit atau tanpa huruf. Membacakan buku yang memiliki gambar besar dengan warna terang dan kontras sangat dianjurkan dalam usia ini. Orang tua dapat membaca dari buku atau majalah apapun tidak harus dari buku bacaan khusus dengan harga mahal. Disarankan untuk banyak membacakan Alquran. Karena batita hanya memperhatikan suara orang tua saat membaca dibandingkan isi dari bacaan tersebut.

Pada usia tujuh sampai dua belas bulan atau ketika batita mulai mengucapkan beberapa kata, batita mulai mengenali suara dan kata-kata. Gunakan bacaan dari buku yang memiliki gambar kehidupan nyata. Arahkan telunjuk ke masing-masing gambar sambil menyebut nama objek tersebut saat membaca. Hal ini akan mendorong batita untuk ikut mengoceh. Batita akan belajar fokus dan mulai berlatih ikut mengucapkan.

Usia delapan belas bulan. Dalam periode usia ini, batita bisa diberikan buku yang memiliki satu atau dua kalimat di setiap halaman. Usahakan saat membaca untuk batita usia ini buatkan suara yang sesuai dengan karakter tokoh dalam buku bacaan. Jika buku tentang hewan maka gunakan suara binatang sesuai yang ada pada gambar.

Sembilan belas bulan untuk dua puluh empat bulan, untuk anak-anak seusia ini, batita belajar dalam kondisi nyaman dengan rutinitas dan kedekatan interaksi. Pada usia ini, batita mulai meminta orang tua untuk membaca buku yang sama berulang kali. Batita juga akan mengulangi segala sesuatu yang diucapkan orang tua. Pada usia ini, orang tua bisa mulai merasakan dampak baik dari kegiatan membaca. (Wnd)

Baca juga : Mendidik Anak Cerdas Bahasa di Usia 6 Tahun Pertamanya

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
tumbuh kembang anak
membaca
batita
pintar
cerdas
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
13 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
TUMBUH KEMBANG
22 November 2017 05:33:29

Meluruskan Pemahaman tentang Bayi Bau Tangan

 
TUMBUH KEMBANG
12 December 2017 06:04:12

Artikulasi dan Baby Talking



media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga