ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 13 November 2018 | 4 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
TUMBUH KEMBANG

Manfaat Membaca Kepada Batita

22 February 2018 16:56:31 tumbuh kembang anak, membaca, batita, pintar, cerdas
Foto: Pampers

ChanelMuslim.com – Islam memerintah kepada orang tua untuk mendidik anak sejak dini. Bahkan sejak dalam kandungan ibu. Mungkin menanamkan kebiasaan membaca terlihat begitu mustahil dilakukan kepada batita. Namun, yakinlah menanamkan kebiasaan membaca kepada batita merupakan salah satu hal terbaik untuk selalu dicoba.

Dilansir dari Boldsky, kegiatan membaca itu adiktif bagi mereka yang menikmati kesenangannya. Menanamkan kebiasaan membaca buku sejak usia dini sangat penting bagi batita. Dan bukan hanya agar batita berprestasi di bidang akademis saat telah dewasa. Membaca kepada batita juga memiliki manfaat bagi tumbuh dan kembangnya. Simak ulasan berikut.

1. Menciptakan ikatan

Membaca menciptakan ikatan yang mendalam antara orang tua dan batita. Batita akan merasa tenang oleh suara orang tuanya. Hal ini juga membantu membuat batita tetap sehat. Penelitian menunjukkan bahwa ketika orang tua membaca kepada batita yang berada di NICU, mereka memiliki intensitas ikatan dan keakraban yang sama dengan orang tua dan batita baru lahir yang sehat.

2. Batita lebih mudah membaca

Baca juga : Saat si Kecil Doyan Mie Instan

Batita memang tidak mengerti kata-kata atau maknanya, tapi mereka memperhatikan nada, infleksi dan ritme saat orang tua membaca kepadanya. Ini akan membantunya untuk terbiasa membaca. Di kemudian hari, batita juga akan bisa lebih cepat membaca daripada teman-temannya yang belum pernah dibacakan.

3. Meningkatkan daya tangkap otak

Jika batita sering dibacakan oleh orang tuanya maka batita cenderung memiliki kosa kata yang lebih banyak. Penelitian menyebutkan batita yang sering dibacakan orang tua akan pandai berbahasa dan memiliki kemampuan matematika yang lebih baik. Hal ini karena batita telah terlatih menggunakan daya tangkap otaknya.

4. Lebih responsif

Baca juga : Meluruskan Pemahaman tentang Bayi Bau Tangan

Seorang batita baru lahir biasanya tidak banyak merespon. Batita hanya merespon apa yang dilihat, dirasakan dan didengar. Ketika orang tua membaca kepada batitanya, batita akan terangsang untuk lebih responsif. Batita merespon melalui komunikasi gerakan lengan dan kaki yang sesuai dengan ritme ketika orang tua membaca.

5. Mengenalkan emosi

Batita belum memiliki banyak emosi. Tentu tidak seperti orang dewasa yang telah melewati banyak pengalaman hidup. Ketika orang tua membaca kepada batitanya, sebenarnya orang tua sedang mengenalkan emosi kepada batita. Saat membaca, orang tua melakukannya dengan membuat suara untuk karakter tertentu atau membaca dialog dengan emosi yang disampaikannya. Hal ini membantu menciptakan empati dan perasaan pada batita yang pada akhirnya memberi pemahaman pada pengelolaan emosi yang baik.

Itulah ulasan dari manfaat membaca kepada batita. Hal ini mungkin dianggap remeh oleh sebagian orang. Namun, sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk selalu berikhtiar memberikan pendidikan yang terbaik bagi buah hati. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
tumbuh kembang anak
membaca
batita
pintar
cerdas
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
13 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
TUMBUH KEMBANG
23 February 2018 13:07:12

Panduan Orang Tua Membaca Untuk Batita

 
TUMBUH KEMBANG
25 April 2018 22:54:11

Timbul Bercak Putih di Mulut Bayi, Ini Penjelasan Ilmiahnya

 
TUMBUH KEMBANG
29 March 2018 11:42:38

Tips Kembangkan Imajinasi Anak

 
TUMBUH KEMBANG
10 January 2018 22:13:31

Permainan Apa Saja yang Cocok untuk si Dua Tahun?



media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga