ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 20 Januari 2019 | 13 Jumadil Awwal 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
TUMBUH KEMBANG

Dukung Anak Cerdas, Perhatikan Saluran Pencernaannya Selalu Sehat

02 March 2018 15:19:21
Dukung Anak Cerdas, Perhatikan Saluran Pencernaannya Selalu Sehat
Foto: Waktuku

ChanelMuslim.com – Tidak ada satupun orang tua di dunia ini yang tidak menginginkan anaknya tumbuh cerdas. Berbagai cara sering kali dilakukan. Mulai dari menyekolahkan anak sedini mungkin atau melakukan bermacam treatment agar tumbuh kembang anak maksimal.

Ternyata, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan oleh orang tua. Hal tersebut adalah menjaga saluran pencernaan anak selalu dalam keadaan sehat. Jika perihal ini sukses diterapkan maka perkembangan otak akan berlangsung optimal sehingga anak tumbuh cerdas.

Beberapa areal berkembang di otak anak, yaitu area pemikiran logis, mengingat, bahasa, emosi, perilaku dan kemampuan motorik. Perkembangan ini ditentukan oleh faktor genetik dan lingkungan seperti berbagai peristiwa yang dialami anak dan asupan nutrisi berkualitas.

Dikutip dari Alodokter, otak memiliki fungsi penting bagi manusia, yakni sebagai pusat dari segala aktivitas organ yang terdapat di tubuh manusia, juga berperan sebagai pusat berpikir, pengatur gerakan otot-otot, kemampuan kreativitas, daya analisis dan keseimbangan.

Sistem pencernaan sehat akan membantu menentukan fungsi kerja otak.  Diketahui terdapat hubungan komunikasi dua arah antara otak dengan sistem saraf yang mengatur pencernaan. Hubungan ini dinamakan gut-brain connection, yang menghubungkan pusat kognitif dan emosional otak dengan fungsi dari sistem pencernaan, begitu pula sebaliknya.

Baca juga : Dukung Anak Cerdas, Perhatikan Saluran Pencernaannya Selalu Sehat

Hormon-hormon di saluran pencernaan, metabolisme energi dan asupan kalori yang diserap oleh pencernaan, serta kandungan gizi yang terdapat dalam asupan yang dicerna, merupakan beberapa hal penting yang memengaruhi hubungan antara saluran cerna dan otak.

Sinyal-sinyal dari sistem pencernaan akan dikirim ke otak jika terindikasi adanya gangguan. Sebaliknya, kinerja sistem pencernaan juga ikut terganggu apabila fungsi otak bermasalah.

Untuk itu, bagi orang tua yang mendukung anak tumbuh cerdas harus selalu memperhatikan saluran pencernaan agar selalu sehat. Pemberian makanan dan minuman yang berkualitas dengan mengandung nutrisi baik bagi pencernaannya. Nutrisi ini juga harus mendukung tumbuh kembang anak terutama nutrisi untuk perkembangan otak anak. (Wnd)

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
TUMBUH KEMBANG
06 July 2018 13:14:21

Saat si Kecil Doyan Mie Instan

 
TUMBUH KEMBANG
12 December 2017 05:59:43

Artikulasi dan Baby Talking

 
TUMBUH KEMBANG
02 February 2018 15:24:54

Biarkan Anak Bermain Squishy

dompet dhuafa, zakat di kita aja, zakat dhompet dhuafa, berawal dari zakat, ayo zakat, zakat penghasilan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284