ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 13 November 2018 | 4 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
TUMBUH KEMBANG

Bunda, Yuk Ketahui Tahap Kemampuan si Kecil dalam Berpakaian

03 January 2018 19:32:07 Si kecil, anak, berpakaian, Bunda, Ketahui Tahap Kemampuan si Kecil dalam Berpakaian, tumbuh kembang
Foto: magicmum

ChanelMuslim.com-Kemampuan motorik anak, baik motorik kasar maupun halus terus mengalami pertumbuhan di usia emasnya (balita). Bunda, yuk ketahui apa saja tahapan kemampuan si kecil terutama dalam berpakaian di usia 2-5 tahun.

Anak Bunda yang baru berusia 2,5 tahun sudah terlihat sibuk di pinggir tempat tidurnya. Rupanya, ia sedang berusaha keras melepaskan piyama yang ia kenakan sejak semalam, hendak menggantinya dengan kaos dan celana pendek sebelum keluar kamar tidurnya.

Seminggu kemudian, saat Anda hendak mengajak ia berjalan-jalan di taman dekat rumah, ia pun ngotot memakai sepatunya sendiri, tanpa bantuan Anda.

Senang, sih, melihat balita Anda yang semakin mandiri. Tetapi, di rentang usia 2-3 tahun ini, tentu saja ia belum mampu dengan cepat memakai (atau melepaskan) baju dan sepatunya sendiri. Gemas rasanya melihat ia tak juga berhasil memasukkan telapak tangannya ke lubang lengan kaosnya secara benar.

Baca juga : Sudahkah Pertumbuhan Fisik si Kecil Sesuai dengan Tahapan Usianya? Cek di Sini ya

           

Meski tak sabar, tahan diri Bunda untuk segera membantunya memakai atau melepaskan kaos, celana maupun sepatu dan kaos kakinya, ya, Bun.

Karena, ia baru mampu melakukan semua itu sendiri tanpa bantuan sedikit pun dari Anda setidaknya saat ia menginjak usia empat atau lima tahun. Itu pun, ia masih akan kesulitan mengancingkan sendiri bajunya yang memiliki kancing berukuran kecil.

           

Baca juga : Timbul Bercak Putih di Mulut Bayi, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Dikutip darihttp://www.youngparents.com.sg/, ternyata berpakaian merupakan salah satu soft skill yang akan berkembang seiring pertambahan usianya, seperti di bawah ini.

 

Umur 2 tahun

Kemampuan mengontrol lengan dan kakinya semakin berkembang, begitu juga dengan kemampuannya mengkoordinasikan tangan dan matanya. Semua itu memungkinkan anak memakai sendiri sepatunya saat hendak keluar rumah, meski masih terbalik antara kiri dan kanan.

 

Umur 3 tahun

Anak semakin menikmati kemampuannya berpakaian dan melepaskan pakaian. Ia bahkan sudah dapat melepaskan berbagai jenis pakaiannya tanpa bantuan Anda, meski untuk beberapa jenis pakaian, seperti rompi, ia masih kesulitan melakukannya sendiri.

Dan seiring dengan semakin pintarnya ia berkemih dan buang air besar di toilet, maka ia pun semakin jago melepaskan sendiri celana dalamnya, dan mengenakannya lagi usai buang air.

 

Umur 4-5 tahun

Ingat, ya, Bun, tetap saja ada beberapa keterampilan berpakaian yang belum ia kuasai, sampai beberapa tahun lagi. Jadi, jangan coba-coba memaksa ia mengikat tali sepatunya sendiri, atau menutup resleting celananya, mengancingkan kemeja atau blusnya, dan melipat bajunya dengan rapi. Bisa-bisa, Anda putus asa sendiri, Bun, karena si kecil memang belum siap melakukan itu semua.

Semoga bermanfaat.(Ind/ayahbunda)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
si kecil
anak
berpakaian
bunda
ketahui tahap kemampuan si kecil dalam berpakaian
tumbuh kembang
 
BERITA LAINNYA
 
 
TUMBUH KEMBANG
18 April 2018 10:29:23

Mendidik Anak Cerdas Bahasa di Usia 6 Tahun Pertamanya

 
ADVERTORIAL
13 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
TUMBUH KEMBANG
06 July 2018 13:14:21

Saat si Kecil Doyan Mie Instan

 
TUMBUH KEMBANG
25 April 2018 22:54:11

Timbul Bercak Putih di Mulut Bayi, Ini Penjelasan Ilmiahnya

 
TUMBUH KEMBANG
25 February 2018 14:22:21

Memilih Bacaan Tepat untuk Batita

 
TUMBUH KEMBANG
12 December 2017 06:04:12

Artikulasi dan Baby Talking



media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga