ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 13 November 2018 | 4 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
TUMBUH KEMBANG

Biarkan Anak Bermain Squishy

02 February 2018 15:24:54 squishy, anak, balita, mainan
Foto: Policylocator

ChanelMuslim.com – Squishy merupakan salah satu mainan anak-anak yang sedang digandrungi saat ini. Bagi orang dewasa, squishy mungkin tidaklah menarik. Squishy hanya permainan meremas yang tidak menantang. Ditambah dengan harganya yang lumayan merogoh uang belanja.

Banyak pilihan permainan lain yang bisa ditawarkan seperti permainan berbasis gadget atau permainan non-gadget yang lebih seru danmurah. Namun, jangan salah jika anak atau balita kita ingin bermain squishy atau bahkan beberapa memiliki koleksi squishy di rumah. Ternyata ada banyak manfaat dari permainan squishy ini.

Dikutip dari Purekids, dibalik bentuk dan aromanya, squishy ternyata memiliki banyak manfaat bagi anak. Denia Putri Prameswari, S.Psi., M.Psi.T., seorang praktisi anak usia dini menyebutkan bahwa squishy bisa menjadi sarana untuk melatih gerak sensoriknya. Kemudian lewat teksturnya yang lembut, squishy dapat melatih indera peraba anak.

Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, Psi., seorang psikolog anak dan keluarga dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia, menambahkan benefit bermain squishy untuk anak balita, yaitu:

1. Secara fisik dengan memijat atau meremas squishy, anak sedang memperkuat koordinasi motorik halus, terutama pada jari-jari dan telapak tangan.

Baca juga : Dukung Anak Cerdas, Perhatikan Saluran Pencernaannya Selalu Sehat

2. Secara kognitif, bentuk squishy yang bermacam-macam bisa menjadi ajang anak untuk memperluas wawasannya. Misalnya, anak jadi belajar mengenal bentuk dan nama buah-buahan, sayuran, alat-alat perkakas rumah, bumbu-bumbu dapur, atau aneka roti dan lain-lain yang sudah tersedia.

3. Secara verbal, bentuk squishy yang bermacam-macam bisa melatih imajinasi dan kemampuan bahasa anak. Misalnya, squishy berbentuk roti dan sayur, anak-anak bisa bermain dengan meniru gata transaksi jual-beli di toko. Ketika anak bercakap dengan dirinya sendiri dan menciptakan teman bayangannya atau mengajak Bunda serta Ayah untuk ikut bermain peran bersamanya bisa merangsang imajinasi dan bahasa anak.

4. Secara emosi ketika meremas squishy, anak dapat menyalurkan emosi negatifnya. Misalnya, kekesalan anak akan berkurang dan bahkan menghilang ketika meremas squishy. Hal ini membantu juga untuk melatih emosi anak.

5. Secara sosial, squishy bisa jadi ajang sosialisasi anak karena saat bermain dengan teman-temannya permainan bisa dilakukan bersama-sama. Salah satunya dengan bermain peran. Misalnya, anak berperan sebagai penjual dan temannya sebagai pembeli.

Baca juga : Memilih Bacaan Tepat untuk Batita

Squishy juga aman untuk dimainkan. Jadi tidak perlu takut membelikan anak permainan squishy. Justru ini bisa mengurangi kecanduan gadget pada anak yang bisa berdampak negatif untuk tumbuh kembangnya. (Wnd) 

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
squishy
anak
balita
mainan
 
BERITA LAINNYA
 
 
TUMBUH KEMBANG
03 January 2018 19:32:07

Bunda, Yuk Ketahui Tahap Kemampuan si Kecil dalam Berpakaian

 
ADVERTORIAL
13 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
TUMBUH KEMBANG
18 April 2018 10:29:23

Mendidik Anak Cerdas Bahasa di Usia 6 Tahun Pertamanya

 
TUMBUH KEMBANG
22 February 2018 16:56:31

Manfaat Membaca Kepada Batita

 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga