ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 16 Juli 2019 | 13 Zulqaidah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

Kelakar Poligami, Pelecehan Seksual?

17 December 2018 08:55:00
kelakarpoligami, pelecehanseksual
pexels.com

ChanelMuslim.com – Baru-baru ini Ketua Umum PSI Grace Natalie mengatakan partainya menolak praktik poligami. Grace tidak akan merestui kader, pengurus, dan anggota legislatif dari PSI mempraktikkan poligami.

Komisioner Komnas Perempuan Imam Nahe'i mendukung sikap Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang melarang kadernya poligami. Menurutnya, poligami termasuk kekerasan terhadap perempuan dan bukan ajaran Islam.

"Saya berkeyakinan poligami bukan ajaran Islam. Jauh sebelum Islam datang itu praktik poligami sudah dilakukan. Artinya dengan menyebut poligami ajaran Islam itu keliru. Kemudian Islam datang dan ada ayat poligami itu dalam konteks apa, memerintahkan atau mengatur," kata Imam.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas menyayangkan pernyataan Imam ini. Abbas mengatakan, pernyataan demikian tidak berdasar dan menyesatkan.

Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan bahwa poligami adalah salah satu di antara syariat Islam. Banyak dalil atau hujah baik dalam Al-Quran maupun Hadis yang membolehkan seorang muslim melakukan poligami.

Di Indonesia, sambungnya, poligami telah sesuai dengan ketentuan UU No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan pasal 4 ayat (1) poligami dapat dilakukan dengan beberapa persayaratan.

"Persyaratan antara lain mendapat ijin dari Pengadilan Agama yang dikuatkan oleh persetujuan dari istri atau istri-istrinya, memiliki jaminan kemampuan memberikan nafkah kepada keluarganya dan kewajiban berlaku adil kepada istri-istri dan anak-anaknya," tutup Zainut.

Praktik poligami di Indonesia masih menjadi sesuatu yang belum lumrah. Jika terjadi poligami, masyarakat kemudian jatuh iba pada istri pertama dan mencela istri kedua dan seterusnya. Tidak jarang masyarakat menertawakan istri-istri yang dipoligami dan menanggapi poligami dari sisi seksualnya saja.

Lebih sering lagi adalah sikap tidak adil masyarakat pada syariat yang satu ini, poligami dicela tapi juga dijadikan bahan candaan yang ditimpali bersahut-sahutan. Sering terjadi pada suatu pertemuan, seorang suami berkelakar tentang poligami di hadapan istrinya tanpa memerhatikan perasaan istri. Terjadi juga kelakar poligami ditujukan pada para gadis yang dilakukan oleh laki-laki beristri.

Kelakar-kelakar poligami menjadikan perempuan sebagai objek candaan. Seringkali kelakar ini menjurus pada hal seksual. Kelakar-kelakar poligami yang tidak menghargai nilai dan perasaan perempuan sudah merupakan pelecehan seksual terhadap perempuan. Kelakar-kelakar seperti ini yang menodai kesucian syariat Islam dan membuat wajah Islam menjadi buruk.

Beberapa muslimah memberikan pandangannya tentang kelakar poligami ini. Ketika diberi pertanyaan apakah candaan poligami termasuk pelecehan seksual, mereka menjawab seperti berikut,

Poligami bukan untuk candaan. kalau yang ngerti syariatnya, poligami itu berat. Beberapa teman dekat yang menawarkan suami untuk poligami,  di awal membayangkan akan bahagia bila bisa berbagi kebahagiaan dengan perempuan lain, tapi siapa sangka suami belum siap. Belum siap untuk adil karena setelah poligami biasanya sang suami hanya intens dengan istri barunya. (Siti Mariyam)

Saya paling eneg lihat bapak-bapak becanda soal poligami, apalagi keluarga saya yang dijadikan bullyan. Saya pernah damprat orangnya. Saya ga ikhlas dunia akhirat keluarga saya jd bahan candaan. Sebel kalau ingat itu. (Titis Widyastuti)

Poligami bagian dari syariat islam, menurut saya enggak etis dijadiin bahan becandaan ... khawatir nanti jadi termasuk yang mengolok-olok ... dosa malah jadinya yang bercanda. (Nurazmi)

Becandaan kayak gitu receh banget,

gak classy.

gak berkelas.

sebel.... ????

jadi ketahuan banget isi hati dan fikirannya ternyata 'itu',

padahal masih banyak yg musti difikirkan,

banyak-banyak dzikir harusnya.

biar fikirannya gk fokus di kawin muluk hahaha. (Fitriana Hatta)

Kalau kataku si iya (termasuk pelecehan seksual) nyebelin, nyakitin. (Triana Dyah)

Poligami Allah bolehkan sebagai salah satu jalan keluar dari persoalan dalam pernikahan. Hanya saja sikap masyarakat yang masih memandang buruk dan menjadikannya sebagai bahan olok-olok memberikan pemandangan yang buruk dan menimbulkan trauma baru. (MAY)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
kelakarpoligami
pelecehanseksual
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
03 April 2018 17:14:18

Setiap Kita Awalnya Tidak Tahu

 
SUAMI ISTRI
25 September 2018 08:35:46

Moentji, Manusia Bermulut Ketjil (Bagian 3)

 
SUAMI ISTRI
04 September 2018 11:04:52

Begini Caranya Menjadi Soulmate Sejati

 
SUAMI ISTRI
29 April 2019 08:36:12

Sepuluh Renungan Menjelang Ramadhan


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284