ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 16 November 2018 | 7 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

Tugas Perkembangan Masa Remaja

31 May 2018 13:26:54 #remaja #masa #perkembangan #balig
pexels.com

ChanelMuslim.com – Menjadi remaja masa sekarang ini begitu berat. Dengan gempuran budaya di luar Islam seperti KPop dan Hollywood, anak-anak kita kehilangan identitas kemusliman mereka. Bayangkan saja, setiap hari mereka digempur oleh tayangan yang mengeksploitasi seksual. Beragam aplikasi internet diciptakan untuk merangsang pertumbuhan seksualitas mereka. Para remaja jadi tumpul di bidang kreatifitas dan keilmuan. Mereka asyik berbicara porno dan tidak senonoh lainnya bahkan di percakapan harian mereka.

Sangat aneh rasanya melihat remaja gadis yang masih serba tanggung tapi sudah gemar menggunakan kosmetik berlebihan dan berbincang mengenai lawan jenis. Sangat canggung rasanya melihat remaja laki-laki menggandeng teman perempuannya di pusat-pusat keramaian.

Setelah berbincang soal kematangan kepribadian, kini kita akan bicara tentang tugas perkembangan selanjut ketika memasuki masa balig.

1. Mampu menerima keadaan fisiknya

Banyak remaja yang memasuki masa balig tidak dapat menerima kondisi fisik mereka. Semua dilihat secara sebelah mata, ya yang kurang tinggi atau kurang langsing. Pada saat ini mereka butuh Ayah Bunda untuk membantu mereka melihat kelebihan-kelebihan dalam diri mereka sehingga mereka mampu bersyukur kepada Allah yang telah menganugerahkan tubuh ananda dengan sempurna dan sehat.

Baca juga : Mudik Bersama Anak-Anak

2. Mencapai kemandirian secara emosi

Berbagai sikap minor sering melanda para remaja. Galau, begitu kata mereka. Kejadian kecil saja bisa membuat mereka minder, tidak percaya diri, cepat kecewa lalu kemudian marah-marah tidak jelas. Ayah Bunda bisa membantu mereka untuk segera menyadari bahwa hal-hal yang kecil yang sepele itu tidak akan menggangu mereka. Bahwa apa yang tengah terjadi adalah tantangan bagi perkembangan kepribadian mereka.

3. Memperluas hubungan dengan tingkah laku sosial yang lebih dewasa

Ajak para remaja untuk berbicara dengan bahasa yang lugas dan penuh logika. Perkenalkan kepada mereka kegiatan-kegiatan positif yang orang dewasa lakukan. Libatkan mereka pada aktifitas yang orang-orang dewasa lakukan, bisa melalui sebuah organisasi atau komunitas. Tetap menjaga komunikasi yang baik dan mendukung.

Baca juga : Generasi Qurrata'ayun

4. Mengetahui serta menerima kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki

Ajak anak untuk melakukan SWOT diri, mulai mengukur strengths, weaknesses, opportunities, and threats. Ajak anak untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) agar mereka bisa membaca diri mereka sendiri untuk kemudian menjadi percaya diri untuk mengambil langkah-langkah selanjutnya.

5. Membentuk nilai moral sebagai dasar untuk berperilaku

Penanaman akhlak, iman dan islam sangat perlu dilakukan sejak dini. Hal-hal itulah yang selalu menjadi landasan dalam berpikir dan aktifitas mereka.

Pada masa penting seperti ini,  remaja sedang dalam pencarian jati diri. Peran orang tua, ustadz, guru atau teman dekat sebagai teman diskusi dalam hal ini akan sangat membantu mereka dalam menemukan tujuan dan nilai-nilai hidup yang harus mereka anut. Sehingga tiap gerak langkahnya, sang remaja akan selalu dilandasi dengan sikap tanggung jawabnya. (MAY)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
remaja
masa
perkembangan
balig
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
21 April 2018 15:28:30

Nak, Sebentar Lagi Ramadhan Tiba

 
ADVERTORIAL
16 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
31 July 2018 05:54:25

Darimana Anak Belajar Mem-Bully?

 
PARENTING
21 March 2018 10:29:38

Masalah Makan Pada Anak

 
PARENTING
14 February 2018 22:11:54

Perjalanan Menuntut Ilmu Bersama Ayah Bunda

 
PARENTING
20 March 2018 06:00:01

Tahan Pandanganmu, Nak


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
Almatour Haji dan Umroh
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga