ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 22 Maret 2019 | 15 Rajab 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Penjagaan Fitrah Anak

28 September 2018 09:16:53
#penjagaan #fitrah #anak
Pexels.com

ChanelMuslim.com - Kemarin saya ngobrol online sama teman, bahasa kerennya chat online. Kita ngobrolin soal keputusan kami untuk menjadi full time mother. Keputusan ini ternyata sangat berat dijalani oleh ibu yang sebelumnya bekerja.

Sebenarnya kalau kita khidmati benar tugas kita sebagai ibu ternyata agak sedap-sedap ngeri. Tugas terpenting orangtua itu menyiapkan anak untuk akil baligh. Dan ini sebagai madrasah utama dan pertama bagi anak-anak tentunya punya peran sangat penting.

Jadi bagi para ibu yang menjadi full time mother tidak perlu galau dengan berbagai perasaan seperti, ya ampun aku kan sarjana, masa ngurusin popok bayi atau aku ini mantan sekretaris, ya masa pagi-pagi pegang cucian, dan seabrek perasaan tidak berdaya lainnya.

Tugas menyiapkan anak menuju akil baligh itu di antaranya menyiapkan adab, akhlak dan fitrahnya. Ketiga hal ini bukanlah hal teoritis yang bisa kita siapkan secara instan. Ketiga hal ini mirip ketika kita menyiapkan bibit yang terbaik kemudian kita semai dan rawat hingga tumbuh membesar kemudian berbunga dan berbuah.

Ada banyak ibu yang bisa kita jadikan contoh, misalnya seorang teman saya yang selalu menemani anak-anak mereka untuk shalat berjama'ah di masjid. Itu dia lakukan karena tugas suaminya membuat mereka terpisah untuk beberapa waktu. Jadi suaminya tidak bisa menemani anak-anaknya ke masjid.

Ketika kita menyiapkan kedewasaan dan kemandirian adab, akhlak dan fitrah anak-anak, sebenarnya akan memudahkan tugas kita kelak dalam mengarahkan mereka ketika mereka dewasa. Jika ada yang belum tuntas dalam penyiapan ini, akan membuat orangtua lebih repot karena anak akan terlalu bergantung pada orangtua.

Suatu hari, saat anak pertama saya mulai masuk sekolah di SMP, saya bertemu teman saya. Saya dan anak saya sedang memilih seragam sekolah di sebuah toko. Teman saya dan anaknya pun sedang melakukan hal yang sama. Ketika saya, anak saya dan akang yang melayani kami sedang tertawa karena tidak ada pakaian yang sesuai ukurannya dengan kakak, teman saya dan anaknya malah sedang ribut perkara hal yang sama.

Saya dan anak saya akhirnya terdiam melihat tingkah anak yang selalu ribut dan menolak setiap kali ibunya menyuruhnya mencoba pakaian. Seolah apa yang dipilih ibunya, semua salah. Bahkan pakai acara saling cubit dan saling pukul. Dan akhirnya kami pun melipir ke spot lain karena jengah dengan pemandangan itu.

"Ya Allah, itu anaknya jahat banget sama ibunya," kata kakak.

Dan saya memeluk dia, "Terima kasih sudah jadi anak baik ya Kak."

Jadi Bun, nikmatilah peran sebagai seorang ibu karena dengan menyiapkan anak-anak, kita tidak hanya menyiapkan masa depan mereka tapi juga tengah menyiapkan masa depan kita yang aman dan tentram tanpa utang penjagaan. Kelak anak-anak akan mnjadi manusia dewasa yang mandiri dan berbakti pada orangtuanya.

(MAY)

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
penjagaan
fitrah
anak
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
PARENTING
23 April 2018 16:42:09

Masa Pubertas untuk Anak Perempuan

 
PARENTING
10 December 2018 21:11:57

Fujoshi dan Fudanshi, Penggemar Manga Aliran LGBT

 
PARENTING
13 February 2018 08:37:38

Belajar Ridha dari Lukman dan Anaknya

 
PARENTING
11 April 2018 07:00:01

Hinanya Anak yang Hidup dengan Celaan



media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284