ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 18 Januari 2019 | 11 Jumadil Awwal 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Menjaga “Manners” Anak-anak Kita

25 June 2018 09:00:52
#prilaku #santun #manners #tatakrama #anak #parenting
pexels.com

ChanelMuslim.com - Manners atau tatakrama merupakan prilaku kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang. Sebagai orangtua sudah pasti kita menginginkan anak-anak kita mempunyai prilaku yang baik. Tempat umum bisa kita jadikan ajang untuk melatih dan mengukur prilaku anak-anak kita.

Banyak prilaku yang menunjukan sikap kurang baik kita dalam bersosial. Yang pertama tentang mengantri. Mengantri itu penting untuk menjaga kenyamanan dan keamanan lingkungan. Apa jadinya jika terjadi aksi saling serobot. Pasti akan menjadi ricuh dan ramai. Ajak anak untuk membiasakan mengantri. Walau terkadang pada kenyataannya, saat sedang asyik mengantri ada saja yang tiba-tiba menyerobot antrian. Jelaskan pada anak jika itu bukan bagian dari prilaku yang baik. Dan bersabarlah menghadapi prilaku orang lain yang seperti itu. Pada kondisi seperti ini, saya sering mengingatkan anak tentang takdir Allah, bahwa rezeki seseorang tidak akan pernah tertukar.

Kedua, membiasakan anak untuk merapikan meja setelah makan bahkan ketika sedang makan di restaurant atau sekedar di warung makan. Kita sudah biasa menemukan meja makan di restauran atau tempat makan penuh dengan sisa makanan atau tisu yang berserakan dari pengunjung sebelumnya. Pemandangan yang menjijikan bukan. Yang paling mudah memang tinggal memanggil pelayan untuk membersihkan meja. Namun bukankah lebih baik jika setelah makan kita sendiri yang merapikannya. Saya membiasakan anak-anak untuk menumpuk piring makanan setelah makan dan menyatukan sampah pada satu wadah. Ini meringankan tugas pelayan restauran.

Saya tidak membiasakan anak-anak untuk membeli makanan atau minuman yang sekiranya tidak mampu mereka habiskan. Jika makanan tidak habis, saya akan meminta tolong untuk dibungkus dan dibawa pulang. Ketika di rumah bisa untuk dimakan lagi atau untuk hewan peliharaan di rumah. Bukan persoalan pelit atau perhitungan. Ini bisa mengurangi persoalan sampah rumah makan.

Ketiga, mengucapkan terima kasih pada siapapun yang membantu atau meringankan langkah kita. Saya membiasakan anak-anak untuk mengucapkan terima kasih kepada bapak petugas parkir, mbak petugas kebersihan atau kepada mba SPG yang telah membantu kami mencari barang yang kami inginkan. Ucapan terima kasih menunjukan rasa syukur kita kepada Allah atas segala kemudahan yang telah Allah berikan lewat orang-orang itu.

Baca juga : Ibu, Aku Ingin Hijrah

Kami juga sesekali memberi tugas kepada anak untuk bertanya kepada petugas, misalnya bertanya tentang di mana letak mushola. Atau meminta tolong pada pelayan restoran untuk menambah pesanan. Ini untuk melatih mereka berani berbicara, bertanya atau mengungkapkan keinginan mereka pada orang lain. Dan setelah mereka selesai dengan hajatnya, mereka membiasakan diri untuk mengucapkan terima kasih.

Keempat, mengucapkan maaf kepada orang yang dilanggar kenyamanannya misalnya tersenggol saat jalan. Kata maaf ini menunjukan sikap mengakui kesalahan dan penyesalan. Maaf juga bisa membuat orang yang terlanggar kenyamanan menjadi ridho pada kita. Jangan sampai orang yang kita langgar kenyamanannya baik sengaja atau tidak sengaja mengucapkan kata-kata yang tidak baik kepada kita. Khawatir itu menjadi doa.

Kelima, mengucapkan kata tolong saat ingin meminta bantuan. Kata tolong menunjukan sikap kesantunan seseorang . dengan sikap santun artinya kita menghormati orang lain.

Masih banyak lagi prilaku baik yang bisa kita tanamkan kepada anak-anak kita saat berada di tempat umum. Ini melatih mereka untuk bisa menempatkan diri dan bersikap kepada orang lain. Prilaku dan sikap yang baik akan membawa lebih banyak kebaikan kepada diri anak-anak. Mereka akan lebih luwes dalam bersosial dan juga akan mengasah empati mereka sebagai manusia. (MAY)  

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
prilaku
santun
manners
tatakrama
anak
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
01 January 2019 08:41:20

Refleksi Seorang Ibu

 
PARENTING
16 March 2018 06:00:02

Bolehkah Memukul Anak?

 
PARENTING
21 July 2018 06:26:04

Kisah Imam Ahmad bin Hambal Mencari Ilmu

dompet dhuafa, zakat di kita aja, zakat dhompet dhuafa, berawal dari zakat, ayo zakat, zakat penghasilan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284