ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 22 Juli 2019 | 19 Zulqaidah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Mengenal Gaya Pengasuhan Slow Parenting

09 April 2019 09:35:51
slow,parenting
pexels.com

ChanelMuslim.com - Membesarkan anak bukanlah pekerjaan yang mudah. Semua orangtua memiliki gayanya sendiri dalam pegasuhan anak. Setiap orangtua memiliki caranya sendiri dalam membesarkan anak-anak mereka. Saat ini, orangtua sering dihakimi atas pilihan pengasuhan yang mereka buat. Tetapi bagaimana pun orangtuaharus  membesarkan anak-anaknya dengan cara terbaik.

Apa pun gaya pengasuhan yang diterapkan orangtua akan menjadi yang terbaik untuk anak-anak. Ada satu konsep parenting yang mungkin bisa menambah wawasan dalam pengasuhan anak yaitu, slow parenting. Ini mungkin bukan gaya pengasuhan anak yang cocok untuk semua orang di dunia yang bergerak cepat saat ini, tetapi sangat bermanfaat untuk diketahui.

Apa itu Slow Parenting?

Slow Parenting adalah gaya pengasuhan yang menekankan perlambatan dan tidak terburu-buru menjalani hidup bersama anak-anak. Pola pengasuhan gaya slow parenting menganjurkan kualitas daripada kuantitas. Ini artinya seseorang harus memiliki waktu yang berkualitas dengan anak-anak dan keluarga mereka untuk memperkuat ikatan mereka daripada melakukan berbagai kegiatan interaksi sosial atau kelas pengembangan bagi anak-anak. Gagasan di balik konsep ini adalah orangtua tidak punya cukup waktu untuk anaknya dalam menjalankan hal-hal yang sudah mereka atur dan sepakati sehingga orangtua seringkali merasa kehilangan moment-moment perkembangan dalam kehidupan anaknya. Slow parenting adalah gaya pengasuhan yang menganjurkan mengikuti aliran secara alami daripada selalu melakukan perencanaan untuk segala situasi dan situasi yang tak terhindarkan dalam kehidupan anak. Langkah yang terlalu cepat dan teratur di mana kita bergerak dari satu aktivitas ke aktivitas berikutnya, mungkin bisa memberikan rasa puas. Namun kegiatan yang terlalu diatur tidak memberikan ruang bebas untuk keluarga. keluarga tidak punya waktu untuk melakukan pemainan atau perbincangan santai di dalam rumah. Padahal permainan bebas dan waktu keluarga meski dilakukan dengan sangat sederhana diyakini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal anak.

Haruskah Orang Tua Mencoba Pengasuhan Lambat?

Premis dari gaya pengasuhan yang lambat adalah bahwa anak-anak harus dibesarkan dalam lingkungan alami yang mendorong pembelajaran dan pengembangan. Gaya pengasuhan ini menganjurkan pikiran seorang anak tidak boleh dipengaruhi oleh pengkondisian mereka melalui kelas pembinaan dan kegiatan ekstrakurikuler. Mungkin sulit bagi orangtua untuk melepaskan kontrol dengan membiarkan anak-anak mereka bermain tanpa gangguan atau pengaruh. Tetapi gaya pengasuhan seperti ini adalah bisa diadaptasi dalam pengasuhan kita. Dengan mencoba gaya pengasuhan ini, kita akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan ikatan antar anggota keluarga bisa menjadi lebih baik. Kita mungkin pergi ke piknik dengan tiba-tiba, atau mengecat pagar bersama-sama. Aktivitas alami dan spontan dapat memperkuat ikatan keluarga. [Maya]]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
slow
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
20 October 2018 07:49:18

Ketika Anak Melakukan Kesalahan

 
PARENTING
29 May 2018 17:09:12

Kurikulum Pembelajaran Islam yang Komprehensif

 
PARENTING
13 June 2018 07:00:02

Mudik Bersama Anak-Anak

 
PARENTING
28 July 2018 07:18:13

Mengapa Anak Kita Membully Orang lain

 
PARENTING
12 February 2019 11:31:18

4 Prinsip dalam Mendidik Remaja


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284