ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 15 November 2018 | 6 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

Mengapa Anak Kita Membully Orang lain

28 July 2018 07:18:13 #bullying
pexels.com

ChanelMuslim.com - Bullying adalah aktifitas berbentuk agresi aatau tindakan kekerasan dengan tujuan untuk menyakiti orang lain baik secara fisik maupun mental yang dilakukan secara berulang ulang.

Perilaku bullying ini  benar benar disadari oleh pelakunya. Mereka  dengan sengaja melakukannya  untuk melukai dan  menanamkan ketakutan melalui  ancaman dan menciptakan terror.

 Menurut Elly Risman, Yayasan Buah Hati, bullying  hanya terjadi bila  ada  3 Peran dalam setiap kejadiani. Peran tersebut adalah pelaku, korban dan penonton, kita sebut dengan PKP.

Pada umumnya banyak orang tua tidak langsung mengenali peran yang dilakukan oleh anak-anaknya. Bahkan ketika anak menjadi korban sekalipun ada orang tua yang  baru menyadari anaknya jadi korban ketika kondisinya sudah sangat parah . Apalagi jika anaknya hanya menjadi penonton yang tentunya sangat tidak mudah dikenali. Ini terjadi karena komunikasi  dalam keluarga terhambat. Minimal tidak hangat dan tergesa gesa..  Padahal jika masing-masing peran ini tidak diatasi akan ada efeknya bukan hanya sekarang tapi juga jangka panjang.

Pertumbuhan dan perkembangan kita sebagai anak  manusia, kata ahli ditentukan oleh 20% faktor turunan dan 80% faktor Lingkungan. Jadi peran apapun anak kita, bisa saja karena faktor keturunan. Namun yang lebih menentukan adalah yang 80% yang terdiri  dari factor keluarga,  media , peer group, sekolah, dan masyarakat.

Baca juga : 5 Tips Membuat Anak Berani Tidur Sendiri

Faktor Keluarga

1. Orangtua tidak siap menjadi orangtua, banyak masalah dari masa lalu sehingga dalam mengasuh tidak sengaja mengulang secara otomatis kebiasan dari pengasuhannya sendiri di waktu kecil. Pengasuhan yang dilakukan tanpa ilmu yang memadai  dan jarang dilakukan berdua suami istri. Umumnya anak disubkontrakkan ke tangan orang lain yang notabene kurang memadai dibandingkan dengan orangtuanya sendiri. Akibatnya sejak awal anak sudah memiliki berbagai bentuk kecemasan, kurang kelengketan, perhatian dan kasih sayang . Semua tergesa gesa. Masalah tak sempat teruraikan dan tertangani dengan seksama. Dan tidak terasa anak sudah harus bersekolah .

2. Umumnya  orangtua tidak sadar jika seharusnya mereka merumuskan dan menyepakati  tujuan pengasuhan anak mereka sebagai  penunjuk arah  kemana anak ini akan dibawa dan anak yang bagaimana yang akan dihasilkan. Akibatnya mengasuh sebagaimana lingkungan terdekat mengasuh anak mereka. Kita hanyut bersama arus yang deras.  Orang lain memberi gadget pada anaknya, kita mengikuti trend itu.  Pengasuhan yang tidak punya prinsip sama sekali.

3. Komunikasi  buruk. Tergesa-gesa dan seadanya.  Bagaimana bisa mengenali keunikan anak dan menyapanya. Orangtua tidak punya waktu untuk menyadari bahwa antara adik dan kakak saja berbeda. Orangtua tidak peka terhadap bahasa tubuh yang ditunjukkan anak, tak sempat menebak dan mendengarkan perasaan mereka. Apalagi duduk  membahasnya dengan dialog dari hati ke hati. Orangtua terbiasa menggunakan 12 gaya populer orang tua bicara dengan anaknya, yaitu memerintah, menyalahkan, meremehkan, membandingkan, mencap, melabeli, mengancam, meremehkan, menasehati, membohongi, menghibur, mengeritik, menyindir dan, menganalisa. (MAY)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
bullying
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
11 May 2018 19:27:44

Metode Pembelajaran untuk Anak Ber-IQ Rendah

 
ADVERTORIAL
15 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
20 July 2018 07:00:02

Anak Rohis Manis Bukan Terorisme

 
PARENTING
01 May 2018 20:50:32

Tips Membawa Anak-Anak ke Mall

 
PARENTING
06 July 2018 15:53:56

Tik Tok Diblokir Terbitlah Bowo

 
PARENTING
03 July 2018 13:30:46

Kembali ke Permainan Tradisional



media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga