ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 15 November 2018 | 6 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

Menang dan Kalah

03 May 2018 20:52:54 #parenting #kalah #menang #ayah #bunda
pexels.com

ChanelMuslim.com – Malamnya kakak meminta restu bundanya untuk ikut Olimpiade Literasi Siswa Nasional, lomba debat tingkat kota. “Doain Aku ya, Bun,” begitu katanya. Bunda mengelus kepalanya dan berseru, “Semangat, Kak!”

Esoknya, ayah dan bunda tidak bisa mendampingi kakak bertanding. Kami harus menghadiri beberapa undangan pertemuan dan pernikahan. Setelah dzuhur masuklah pesan singkat dari kakak di handphone bunda, Bun, aku kalah.

Sebuah pesan singkat yang membuat bunda bisa merasakan betapa kecewanya kakak akan kekalahannya. Syukurlah ayah dan adik sudah berada di lokasi kakak bertanding sehingga mereka bisa menghibur kakak.  

Sebelumnya, kakak sempat menolak ikut lomba ketika Bu guru memintanya untuk menjadi utusan sekolah. Dia merasa malu jika harus berhadapan dengan banyak orang dari sekolah yang berbeda. Sejak kecil, kakak sangat pemalu dan lama beradaptasi dengan lingkungan baru. Bunda sampai harus membujuknya di hari-hari pertama masuk sekolah.

Untuk mengatasi sifat malu dan kurang percaya kakak, ayah dan bunda sering membawanya ke berbagai event khusus anak-anak atau pergi ke play ground agar kakak bertemu banyak orang. Selain itu, peran adik yang lebih supel juga membantu kakak untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.

Baca juga : Dampak Buruk Gadget pada Anak

Sekarang kakak sudah remaja, ayah bunda tidak harus selalu menemani kakak ke mana pun. Dia belajar untuk mengatasi rasa malu dan kurang PDnya sendiri. Ayah dan bunda memberi motivasi dan menyemangatinya setiap saat. Seperti saat dia bilang menolak ikut lomba. Ayah dan bunda memberinya motivasi, “Kesempatan bagus lho kak, ketemu dengan peserta dari SMP lain.”

“Tapi aku takut, Yah.”

“Lho, apa yang mesti ditakutkan Kak. Kalau kamu tidak mencoba, kamu nggak akan pernah tahu kemampuan kamu sendiri,” ujar ayah.

Akhirnya kakak mau mencoba ikut lomba. Setiap hari ia melatih kemampuannya. Membaca berbagai literatur dan berlatih berdebat bersama ayah dan bunda. Ketika pada akhirnya kakak harus menelan kekalahan, kami berusaha bersikap biasa saja. Toh, kalah dan menang adalah suatu yang biasa terjadi dalam kehidupan ini. Yang terpenting adalah mau mencoba dan sejauh mana perjuangan kakak untuk mencapai sebuah keinginan.

Baca juga : Agar Anak Mendirikan Shalat

‘Anggap ini sebuah latihan, Kak. Kelak dalam hidup kamu akan mengalami naik dan turun, sedih dan gembira, senang dan kecewa. Yang terpenting jangan berhenti berusaha dan bersyukur,” ujar Bunda.

(MAY)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
parenting
kalah
menang
ayah
bunda
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
25 November 2017 10:23:41

Ayah Bunda Penuhilah Hak Anak

 
ADVERTORIAL
15 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
14 February 2018 22:11:54

Perjalanan Menuntut Ilmu Bersama Ayah Bunda

 
 
PARENTING
20 October 2018 07:22:38

Kalimat Bertuah Para Ibu

 
PARENTING
25 June 2018 09:00:52

Menjaga “Manners” Anak-anak Kita



media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga