ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 15 November 2018 | 6 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

Ciri Anak yang Memasuki Masa Balig

28 May 2018 11:10:09 #balig #pubertas #parenting
pexels.com

ChanelMuslim.com –Ketika anak memasuki usia akil balig, banyak perubahan terjadi pada diri anak. Tidak sekedar perubahan fisik tapi juga perubahan psikologis. Anak-anak yang memasuki masa aakil balig mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

- Pertumbuhan fisik yang cepat  

Begitu anak mengalami akil balig atau pubertas, biasanya diiringi dengan pertumbuhan fisik yang cepat. Mereka tumbuh lebih tinggi dan besar. Masing-masing gender juga memiliki ciri khusus yang membentuk tubuh mereka sehingga terjadi perbedaan yang sangat jelas antara laki-laki dan perempuan.

- Emosinya tidak stabil

Baca juga : Bersikap Jujur Itu Berawal dari Rumah

Anak-anak yang sudah baligh menjadi lebih sensitive dengan kondisi dirinya sendiri. Mereka sering merasa tidak puas pada keadaan fisik juga pada kondisi sosial mereka. Tidak jarang hal-hal yang mereka anggap sebagai kekurangan menyebabkan mereka krisis percaya diri.

- Perkembangan seksual sangat menonjol

Sudah mulai muncul ketertarikan pada lawan jenis. Sudah bisa mengatakan siapa yang cantik atau yang ganteng. Bahkan sering muncul keinginan untuk mencoba merasakan memiliki pacar.

- Cara berpikirnya kausalitas (hukum sebab akibat)

Baca juga : Apakah Kita Orangtua Pelaku Bullying Terhadap Anak?

Selalu berpikir jika aku berbuat begini maka hasilnya sudah pasti begitu. Kalau aku tidak cantik pasti orang-orang tidak akan suka sama aku. Cara berpikir seperti ini terkadang membuat anak menjadi tidak mau mencoba sesuatu yang baru.

- Terikat pada kelompoknya

Sikap seperti ini juga lebih banyak membuat anak mati langkah. Dia tidak mau mencoba sesuatu jika teman-teman bermainnya tidak ada yang mau mencoba. Yang lebih sulit jika segala keputusan diambil berdasarkan pendapat teman-temannya itu.

Jika tugas perkembangan sebelum masa balig terpenuhi, maka perkembangan fisiknya akan dibarengi dengan kematangan emosi dan tanggung jawabnya atau cara berpikir kausalitasnya (tamyiz). Anak akan tumbuh sebagai seorang dewasa yang baik.

Kesiapannya sebagai orang dewasa juga bisa dilihat dari interaksi sosialnya. Ia akan mampu memilih teman dekat yang baik bagi dirinya. Ia juga mampu membatasi pergaulan tanpa bersikap masa bodoh.

(MAY)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
balig
pubertas
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
25 July 2018 07:00:01

Mari Kita Cek Pola Pengasuhan Anak-Anak Kita

 
ADVERTORIAL
15 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
20 September 2018 11:05:30

Cinta Allah kepada Seorang Ibu

 
 
PARENTING
12 June 2018 12:06:00

Itikaf Bersama Keluarga



media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga