ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 15 November 2018 | 6 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

Cinderella Complex; Sindrom Anak Gadis yang Manja

07 September 2018 22:30:09 #cinderellacomplek #anakperempuan
walt Disney

ChanelMuslim.com – Setiap kali film Cinderella dengan beragam versi tayang di layar bioskop atau televisi, penontonnya membludak. Meski alur ceritanya sama, selalu film-film dengan tema ini dibanjiri penonton. Anak-anak perempuan menyukai tokoh utama, Cinderella yang sikapnya manis dan baik hati. Belum lagi bajunya yang penuh dengan ornamen yang indah.  

Dalam sebuah buku berjudul "The Cinderella Complex: Women's Hidden Fear of Independence" (1981), Collete Dowling menjelaskan sindrom Cinderella Complex (CC) sebagai sebuah keinginan di bawah sadar seorang perempuan untuk selalu diurus oleh orang lain atau keadaan seorang perempuan yang sangat membutuhkan seorang pria sebagai pelindung dalam kehidupannya.

Cinderella Complex juga merujuk pada tokoh cerita anak, Cinderella. Dalam kisah tersebut, semasa kecilnya, Cinderella hidup bahagia bersama ayah dan ibunya. Menjelang remaja, kehidupannya berubah. Ibu kandungnya meninggal dan ayahnya menikah dengan wanita lain. Setelah ayahnya menikah, kehidupan Cinderella menjadi sangat tidak bahagia. Karena ibu dan dua saudara tirinya itu tidak menyukai Cinderella. Kehidupan cinderella menjadi semakin menderita semenjak ayahnya meninggal dunia. Ia kemudian merindukan sosok lelaki seperti ayahnya yang akan melindungi dan menyayangi dirinya.

Cinderella Complex biasanya dialami oleh perempuan yang semenjak kecil terlalu dilindungi oleh orangtuanya. Bahkan anak perempuan yang hidupnya selalu dalam keadaan tertekan bisa menderita Cinderella Complex. Seorang anak yang mengalami Cinderella Complex, mengharap ada figur yang dapat menyelamatkannya di setiap masalah yang ia hadapi. Akibatnya setiap menghadapi masalah, sedikit sekali usaha dan kemampuan yang ia kerahkan untuk menyelesaikannya.

Paradigma masyarakat yang umumnya beranggapan perempuan itu makhluk lemah pun bisa mengakibatkan pola asuh yang menyebabkan Cinderella Complex pada anak kelak. Paradigma ini harus diubah karena untuk melahirkan generasi terbaik kita membutuhkan ibu-ibu yang tangguh dan cerdas. Anak perempuan sebaiknya dilatih untuk lebih mandiri. Agar siap menerima tanggung jawabnya sebagai manusia dewasa kelak. (MAY)

Baca juga : Pilah Pilih Buku Anak

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
cinderellacomplek
anakperempuan
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
14 February 2018 07:42:16

Hak-Hak Anak dalam Islam

 
ADVERTORIAL
15 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
12 November 2018 09:44:49

Hijrah Fest 2018, Gaya Dakwah Generasi Milenial

 
PARENTING
27 April 2018 15:08:18

Mempersiapkan Anak Menghadapi Ujian Sekolah

 
PARENTING
13 February 2018 08:37:38

Belajar Ridha dari Lukman dan Anaknya



media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga