ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 18 November 2018 | 9 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

10 Alasan Gawai Harus Dilarang Penggunaannya Bagi Anak

02 August 2018 09:00:04 #larangan #gawai #gadget #anak #parenting
pexels.com

ChanelMuslim.com - American Academy of Pediatrics (AAP, 2001/2013) dan the Canadian Society of Pediatrics (CPS, 2010) menyatakan bayi usia 0-2 tahun tidak boleh terpapar teknologi, 3-5 tahun dibatasi untuk satu jam per hari, dan 6-18 tahun dibatasi hingga 2 jam per hari. Namun anak-anak dan remaja menggunakan teknologi 4-5 kali dari yang direkomendasikan. Hal ini berkonsekuensi yang serius dan sering mengancam nyawa (Kaiser Foundation 2010, Active Healthy Kids Canada 2012).

Perangkat genggam (ponsel, tablet, dan game elektronik) secara dramatis meningkatkan teknologinya agar mudah diakses dan digunakan, terutama oleh anak-anak yang masih sangat muda. Seorang terapis okupasi pediatrik, Cris A Rowan menuliskan untuk Huffington Post, 10 alasan berbasis penelitian tentang dampak penggunaan gawai bagi anak-anak di bawah usia 12 tahun.

1. Pertumbuhan otak yang terlalu cepat

Pada usia 0-2 tahun, pertumbuhan otak anak memasuki masa perkembangan hingga 21 tahun. Perkembangan otak awal ditentukan oleh rangsangan lingkungan. Stimulasi yang berasal dari gadget akan berhubungan dengan fungsi eksekutif dan defisit perhatian, gangguan kognitif, kesulitan dalam belajarm peningkatan impulsif dan menurunkan kemampuan dalam mengendalikan diri.

2. Menghambat tumbuh kembang anak

Baca juga : Metode Penanam Aqidah Yang Menggugah Jiwa

Penggunaan gadget akan membatasi gerak anak, yang mengakibatkan perkembangan terhambat. Satu dari tiga anak sekolah yang menggunakan gadget memiliki hambatan pada perkembangan, dan berdampak buruk pada prestasi akademik. Penggunaan gadget di bawah usia 12 tahun akan menghambat perkembangan anak.

3. Obesitas

Gadget berkorelasi dengan risiko obesitas. Saat menggunakan gadget, anak cenderung kurang bergerak. Anak yang diperbolehkan bermain gadget di kamar tidur mereka 30 persen mengalami risiko obesitas. Obesitas berpotensi diabetes, stroke, dan serangan jantung. Sehingga dapat memperpendek usia. Anak-anak yang lahir pada abad 21, kemungkinan tidak akan hidup lebih lama daripada orangtua mereka.

4. Gangguan tidur

Baca juga : Anak Kinestetik, Si Trouble Maker

Kebanyakan orangtua tidak mengawasi anaknya saat bermain gadget. Sebanyak 75 persen anak yang bermain gadget di kamar tidur mengalami masalah pada tidurnya. Sehingga berdampak pada prestasi belajar mereka.

5. Penyakit mental

Penggunaan gadget berlebihan menjadi penyebab meningkatnya laju depresi pada anak, kecemasan, gangguan perhatian, autisme, gangguan bipolar, psikotis dan gangguan perilaku pada anak.

6. Agresif

Konten kekerasan dapat menyebabkan agresif pada anak. Seperti pada game Grand Theft Auto V, yang menggambarkan seks, pembunuhan, pemerkosaan, penyiksaan dan mutilasi. Dan banyak lagi di dalam film dan acara TV.

7. Pikun digital

Konten media berkecepatan tinggi berkontribusi terhadap meningkatnya risiko defisit perhatian, serta penurunan konsentrasi dan ingatan, karena pemangkasan otak yang berperan dalam melakukan hal itu.

8. Kecanduan

Kurangnya perhatian orangtua, anak-anak cenderung lebih dekat dengan gadget. Dengan tidak adanya keterikatan orangtua, anak-anak melampiaskannya ke gadget. Sehingga menyebabkan kecanduan.

9. Radiasi

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan ponsel sebagai risiko kategori 2B, karena emisi radiasi yang dihasilkan. Anak-anak lebih sensitif terhadap berbagai radiasi dibandingkan orang dewasa, karena sistem kekebalan tubuhnya masih berkembang.

10. Tidak berkelanjutan

Edukasi yang berasal dari gadget tidak akan lama bertahan dan berkelanjutan dalam ingatan anak-anak. Anal-anak adalah masa depan kita, tetapi tidak ada masa depan bagi anak-anak yang terlalu sering menggunakan gadget. Dengan demikian, pendekatan pendidikan melalui gadget tidak akan berkelanjutan bagi anak-anak.

(MAY)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
larangan
gawai
gadget
anak
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
25 November 2017 10:23:41

Ayah Bunda Penuhilah Hak Anak

 
ADVERTORIAL
18 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
15 August 2018 07:00:03

Dampak Buruk Gadget pada Anak

 
PARENTING
17 July 2018 08:49:54

Proyeksi Pendidikan Abad 21

 
PARENTING
13 February 2018 08:37:38

Belajar Ridha dari Lukman dan Anaknya

 
PARENTING
30 March 2018 12:31:52

5 Pemicu Stres Pada Anak


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
Almatour Haji dan Umroh
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga