ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 15 November 2018 | 6 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

Peter Pan Syndrom, Masalah Pola Asuh pada Anak Lelaki

04 September 2018 21:44:57 #peterpansyndrom #polaasuhanak
pexels.com

ChanelMuslim.com - Kita semua tahu kisah Peter Pan. Peter Pan adalah anak laki-laki yang tidak pernah ingin tumbuh dewasa, dan dia tinggal di Neverland, di mana dia tetap muda selamanya. Istilah Peter Pan syndrome pertama kali digunakan oleh penulis psikologi pop Dan Kiley dalam bukunya "Peter Pan syndrome: Men Who Have Never Grown Up."

Peter Pan mengacu pada pertunjukan klasik JM Barrie pada tahun 1904 di mana seorang bocah yang menolak untuk tumbuh dewasa mengajarkan Wendy dan adik-adiknya cara terbang dan kemudian pergi ke Neverneverland yang ajaib untuk berpetualang dengan putri duyung, Indian, dan Kapten Hook yang jahat serta para awak bajak lautnya.  Judul lengkapnya "Peter Pan, or, The Boy Who Would Not Grow Up."

Apa itu Peter Pan Syndrome?

Peter Pan Syndrome terjadi pada orang dewasa yang tidak mau mengambil tanggung jawab sebagai orang dewasa. Peter Pan Syndrome lebih merupakan teori sindrom dalam psikologi popular. Dia tidak terdaftar dalam panduan diagnostik apa pun. Peter Pan Syndrome mungkin berbeda untuk setiap orang. Namun penderita Peter Pan Syndrome umumnya seorang lelaki yang tidak ingin memasuki kehidupan dewasa. Mereka mungkin tidak bekerja, bertanggung jawab, dan ingin semua orang di sekitar mereka mendukung gaya hidup mereka.

Karena sindrom ini tidak termasuk dalam kelainan jiwa secara medis, sulit untuk mengatakan siapa yang menderita. Hanya karena seseorang memiliki kecenderungan seperti anak kecil, seperti rasa ingin tahu, rasa humor, atau cinta berlebihan pada hal-hal tertentu yang terkait dengan seorang anak seperti mengkoleksi mainan, itu tidak berarti mereka memiliki Peter Pan Syndrome.

Baca juga : Perilaku Agresif pada Anak

Penyebabnya

Sulit untuk mengatakan apa sebenarnya yang menyebabkan seseorang ingin menghindari tanggung jawab, tetapi ada beberapa teori, antara lain:

Masa kecil yang manja

Mungkin ada orangtua yang tidak pernah berkata tidak pada anak mereka. Mereka tidak pernah mendisiplinkan anak mereka, mereka tidak pernah mengajarinya keterampilan hidup apa pun, dan ketika mereka menjadi dewasa, orang tua masih memanjakan mereka. Sementara anak-anak terus tumbuh dan harus menemukan diri mereka sendiri. Terlalu manja dapat menyebabkan mereka tidak ingin mengambil tanggung jawab. Perubahan yang tiba-tiba dari manja lalu kemudian harus bekerja untuk memenuhi kebutuhannya sendiri adalah sesuatu yang mengejutkan jiwa mereka. Sebaiknya orangtua mengerti tentang tahapan perkembangan anak dan menyiapkan karakter mereka sesuai fitrahnya.

Baca juga : Memenuhi Hak Anak

Masa kecil yang penuh kekerasan

Di ujung lain, ada orangtua yang sering melecehkan anaknya sendiri dengan ujaran yang mengecilkan sehingga anak merasa tidak berharga dan tidak mempu menemukan bakat dan kemampuannya. Ketika anak-anak tumbuh menjadi dewasa, mereka jauh dari orangtua mereka dan dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan. Mereka ingin merasakan kehidupan nyaman yang dulu tidak pernah mereka rasakan semasa kecil tanpa gangguan siapapun. (MAY)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
peterpansyndrom
polaasuhanak
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
26 June 2018 07:19:31

Melatih Sabar dan Empati dalam Perjalanan Mudik

 
ADVERTORIAL
15 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
23 October 2018 10:52:27

Apa itu LGBT?

 
PARENTING
24 July 2018 21:50:02

Panduan Penggunaan Gawai bagi Anak

 
PARENTING
23 April 2018 16:42:09

Masa Pubertas untuk Anak Perempuan

 
PARENTING
21 February 2018 07:00:59

Melatih Anak untuk Shalat Subuh di Masjid



media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga