ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 13 November 2018 | 4 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

Panduan Penggunaan Gawai bagi Anak

24 July 2018 21:50:02 #panduan #penggunaan #gawai #Anak
pexels.com

 ChanelMuslim.com – Anak milenial tumbuh bersama dunia digital. Kehidupan mereka semakin mudah dengan bantuan teknologi digital. Main tidak perlu jauh-jauh ke kampung sebelah. Cukup menggunakan gawai untuk bermain game. Susah mengerjakan soal matematika, tidak perlu tanya ayah dan ibu. Cukup berselancar di dunia maya, jawaban sudah bisa didapat. Mau makan ayam goreng favorit, tidak perlu lagi keluar rumah. Tinggal menggunakan aplikasi layanan antar, makanan sudah sampai di rumah dalam beberapa menit saja. Namun berkembangnya dunia teknologi digital tidak melulu dibarengi oleh hal yang baik. Ada beberapa hal yang tidak baik berkaitan dengan tumbuh kembang anak-anak.  

Organisasi Dokter Anak Amerika, American Academy of Pediatrics (AAP) mengeluarkan sebuah artikel tentang panduan penggunaan gadget dan media digital untuk anak. AAP memberikan rekomendasi dan referensi mengenai penggunaan media interaktif yang baik untuk membantu orang tua dalam menghadapi dunia digital dan dunia nyata secara seimbang bagi anak-anak, mulai dari lahir sampai dewasa.

Beberapa panduan umum yang diberikan oleh AAP adalah tentang penggunaan media, orang tua atau pengasuh harus memasukkan unsur kesehatan, pendidikan, dan hiburan. Orang tua harus proaktif memikirkan dan menyaring media yang digunakan anak-anak mereka, serta harus sering berdiskusi mengenai konten media yang mereka konsumsi. Karena jika anak terlalu banyak mengonsumsi media, mereka akan kekurangan, atau bahkan kehilangan waktu untuk bermain, belajar, berinteraksi, atau istirahat. Hal yang paling utama adalah, orang tua harus menjadi mentor media bagi anak-anak mereka. Itu artinya, mengajari mereka cara menggunakan media sebagai alat untuk berkreasi, komunikasi, dan alat untuk belajar.

AAP juga memberikan sebuah literatur yang cukup detail tapi beberapa prinsip utama bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,

1. Bayi hingga 18 bulan

Baca juga : Dan Umar bin Abdul Aziz Pun Menangis

Hindari penggunaan media atau sama sekali tidak ada screen time. Artinya tidak ada gawai dan televisi.

2. Anak usia 18 - 24 bulan juga tidak diperkenanlan untuk menggunakan gawai dan televise atau no screen time. Kecuali video chatting dengan orang-orang terdekat. Video chatting dibolehkan karena ada interaksi antara anak dan lawan bicaranya.

2. Anak usia 2 – 5 tahun

Batasi penggunaan media selama 1 jam setiap harinya, itupun hanya untuk menyaksikan program-program yang kualitasnya sangat dikontrol oleh orang tua. Orang tua harus mendampingi anak, agar dapat menjelaskan konten media dan  implementasinya di dunia nyata.

Baca juga : Belaroa, Kampung yang Ditelan Bumi

3. Anak usia 6 tahun keatas

Buatlah kesepakatan dengan anak. Berikan batasan waktu yang jelas, jenis konten yang dikonsumsi, dan pastikan kegiatan itu tidak mengganggu waktu tidur, belajar, aktivitas fisik, dan kegiatan-kegiatan rutin anak. Tentukan waktu tanpa gadget  bersama, seperti saat makan, rekreasi, atau berkendara bersama. Bisa juga dengan membuat area tanpa gadget, seperti kamar tidur dan ruang keluarga. orangtua harus tegas dan konsisten dengan hasil kesepakatan. Komunikasikan terus menerus tentang kesopanan dan keamanan secara online, termasuk memperlakukan orang lain secara sopan, baik di media sosial maupun di dunia nyata. (MAY)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
panduan
penggunaan
gawai
anak
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
13 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
31 May 2018 13:26:54

Tugas Perkembangan Masa Remaja

 
PARENTING
10 November 2018 14:05:38

Teks Pidato Bung Tomo

 
PARENTING
22 June 2018 05:51:59

Mewarisi Kearifan dan Kecintaan pada Alam



media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga