ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 18 November 2018 | 9 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

Mari Kita Cek Pola Pengasuhan Anak-Anak Kita

25 July 2018 07:00:01 #pola #asuh #anak
pexels.com

ChanelMuslim.com – Dunia Milenial yang kini kita jalani penuh dengan hal yang tidak terduga. Perkembangan teknologi yang semakin maju, mau tidak mau selain menghasilkan dampak positif juga dampak negatifnya. Anak-anak dihadapi dengan berbagai problematika. Mulai dari bullying, narkoba, kekerasan, pornografi hingga sex bebas.

Belum lagi makin berkembangnya paham materialism, segala hal dinilai dari sisi materi saja. Manusia sebagian besar mulai melupakan agama dan Tuhan. Yang berkembang kemudian adalah gaya hidup masyarakat urban yang serba glamour, hi-tech dan serba cepat. Hal ini berdampak pada pola hubungan antar manusia yang tanpa kesan dan tidak lagi manusiawi.

Tantangan bagi orangtua semakin besar dan beragam. Para ibu sebagai madrasah pertama anak-anak seharusnya tetap pada perannya ini. Namun, meski ibu tinggal di rumah atau ibu pekerja memiliki tantangan sama, sejauh mana mereka mengenal anak-anak dan mengetahui kebutuhan mereka. Ibu-ibu yang tinggal di rumah bukan jaminan menjadi lebih baik dari ibu pekerja jika ia terlalu sibuk mengurus rumah, kongkow-kongkow dengan ibu-ibu yang lain, arisan ini atau itu, lupa waktu karena terlalu asyik atau nonton drama korea. Para ibu tidak lagi mampu mengenal anak-anaknya dan menyelami keinginan mereka.

Mari kita cek pola asuh kita terhadap anak-anak,

Sudahkah kita menjadi teladan yang baik

Baca juga : Menanamkan Iman kepada Allah sebagai Akar Kehidupan bagi Anak

Keteladanan adalah kunci yang paling penting dalam mendidik anak-anak. Tanpa keteladanan, anak-anak tidak punya contoh, tidak tahu artinya kebijaksanaan dan adab-adab dalam kehidupan.

Sudahkah kita menjadi pendengar yang baik

Tanpa disadari saat anak sudah mulai membuka percakapan atau bertanya sesuatu, kita justru lebih banyak memberikan nasihat yang begitu panjang, tanpa memedulikan dan mengingat kalau anak justru membutuhkan teman untuk mendengar keluh kesahnya.

Sudahkah kita memaafkan kesalahan anak-anak

Baca juga : Panduan Penggunaan Gawai bagi Anak

Memang, orangtua selalu bisa memaafkan kesalahan anaknya. Sayangnya, orangtua sering lupa dengan mengungkit kesalahan anak di masa lalu. Apa yang terjadi hari ini, tidak perlu diulang dan dibahas terus menerus. Fokus pada hari saja.

Sudahkah kita membuatnya mandiri

Anak yang dekat dengan orangtua itu baik tapi jika sampai terlalu bergantung itu tidak baik juga. Anak butuh bersosialisasi. Orangtua perlu belajar melepas anak menjadi seorang individu yang mandiri.

Sudahkah kita memberikan batasan pada anak

Banyak orangtua yang ingin terlihat jadi ibu yang asyik untuk anaknya. Sayangnya hal ini membuat orangtua lupa untuk memberikan batasan pada anak. Kita memang tidak ingin menjadi orangtua yang menyebalkan, sehingga memberikan kebebasan. Tapi tetap saja harus ada batasan dan mengajarkan anak untuk bisa bertanggung jawab dengan apa yang mereka lakukan. (MAY)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
pola
asuh
anak
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
17 April 2018 13:27:51

Yakin pada Qadha dan Qadar Bagian dari Parenting

 
ADVERTORIAL
18 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
26 October 2018 09:58:44

4 Kunci Komunikasi dengan Anak

 
PARENTING
08 May 2018 15:21:36

Perilaku Agresif pada Anak


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
Almatour Haji dan Umroh
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga