ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 18 November 2018 | 9 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

Apakah Kita Orangtua Pelaku Bullying Terhadap Anak?

25 July 2018 07:39:30 #orangtua #pelaku #bullying #pola #pengasuhan
Jan Prokes

ChanelMuslim.com – Ayah dan Bunda, pernahkah mendengar tentang peristiwa yang terjadi tahun lalu, seorang anak kelas 2 SD tewas dibully teman sebayanya .Berawal dari sering ejek, korban dan para pelaku menjadi sering terlibat perkelahian.Terakhir, korban tak hanya dipukuli. Ketika  sudah terkapar, telinga korban disumbat menggunakan keripik dan disiram dengan minuman ringan.

Ayah Bunda, masih ingatkah peristiwa dua anak laki-laki berusia tujuh tahun melakukan perbuatan tak senonoh terhadap teman perempuannya ketika jam istirahat sekolah. Korban sedang ke toilet untuk buang air, tapi mendadak kedua pelaku menerobos masuk dan mencabuli korban.Kemudian tiga temannya datang lagi namun tidak melerai, malah menonton.

Perbuatan cabul itu pun dilakukan beberapa menit hingga jam istirahat habis. Usai melakukan perbuatannya, pelaku mengancam jika korban melaporkan.

Bagaimana perasaan Ayah Bunda dan apa yang Ayah Bunda pikirkan?

Pertanyaan terbesar yang ada di kepala kita mungkin, bagaimana anak-anak sekecil itu sudah bisa melakukan perbuatan yang keji. Dari mana mereka mempelajarinya?

Baca juga : Belajar Ridha dari Lukman dan Anaknya

Menurut BBC Indonesia, telah dilakukan 70 penelitian berupa pengamatan terhadap 200.000 anak menunjukkan bahwa perilaku bullying ternyata berawal dari rumah.

Orangtua yang menerapkan pengasuhan yang  otoriter berpotensi memunculkan anak yang menjadi korban dan pelaku bullying. Orangtua yang over protektif juga berpotensi memunculkan anak yang akan menjadi korban bullying karena tidak terlatih membela dirinya sendiri.

Bentuk-bentuk bullying yang kerap dilakukan orangtua, antara lain,

- Terus menerus memberi label negative kepada anak seperti, nakal, tidak patuh, tidak nurut, susah diatur, tidak sholih.

Baca juga : Melatih Anak Menjadi Generasi Qurrata'ayun

- Mengancam anak dengan tujuan kepatuhan. Contohnya perkataan-perkataan seperti, “Awas yah, kalau masih ngompol, Mama nggak mau beliin kamu eskrim. Es krimnya buat kakak saja.” Atau, “Kamu main saja. Kalau raportnya jelek. Bolanya Ibu buang yah!”

- Mengancam anak untuk memainkan emosi anak atau membuat anak menjadi takut. Misalnya dengan kalimat, “Kalau nggak nurut sama Ayah, nggak Ayah sayang lho.” Atau, “Kamu jangan pelit dong, nanti Allah nggak sayang sama kamu.” Sebaiknya gunakan kalimat yang positif, seperti, “Allah itu sayang sekali sama anak yang suka memberi.”

- Memberi hukuman fisik kepada anak untuk mendapat kepatuhan dari anak.

Ayah Bunda, mari periksa pola asuh kita. Jika berpotensi menjadi orangtua pembully, segera perbaiki pola pengasuhan kita. Kita harus kembali sadar jika anak adalah amanah Allah. Mereka titipan dari Allah yang harus disayang dan dididik. Bukan untuk diperlakukan dengan keras dan kasar. (MAY)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
orangtua
pelaku
bullying
pola
pengasuhan
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
15 May 2018 08:10:15

Standar Minimal Pendidikan Anak

 
ADVERTORIAL
18 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
06 April 2018 22:50:24

Menguatkan “Bonding” dengan Membacakan Buku

 
PARENTING
11 May 2018 19:27:44

Metode Pembelajaran untuk Anak Ber-IQ Rendah

 
PARENTING
12 March 2018 16:07:17

Kesalahan Finansial untuk Kebutuhan Anak


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
Almatour Haji dan Umroh
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga