ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 25 April 2019 | 19 Sya’ban 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

4 Prinsip dalam Mendidik Remaja

12 February 2019 11:31:18
4,prinsip,mendidik,remaja
pexels.com

ChanelMuslim.com – Ketika anak memasuki usia remaja, mereka akan menemukan dunia baru. Dunia yang terkadang masih sangat asing bagi mereka. Mereka menganggap dirinya sudah dewasa namun orang dewasa masih beranggapan jika mereka masihlah anak-anak. Masa ini dimana anak mulai menerima tanggung jawab dirinya secara utuh. Beruntunglah bagi remaja yang telah dibekali pendidikan akhlaq dan adab oleh orangtuanya. Namun bagi anak yang belum siap, masa ini yang dikenal dengan masa transisi akan membuat mereka bingung menentukan jati diri. Ada 4 prinsip yang wajib dimiliki oleh orangtua dalam mendampingi anak-anak yang beranjak remaja.

1. Jadilah teladan yang baik

Remaja Anda membutuhkan role model dalam hidupnya dan Andalah role model yang paling nyata bagi mereka. Untuk menjadi teladan yang baik tentunya Anda harus juga mendidik diri Anda menjadi orang yang baik. Jika anda menginginkan remaja Anda mampu belajar dengan giat dan tidak gampang putus asa, Anda juga harus memberi contoh sebagai orang dewasa yang pekerja keras dan tidak gampang mengeluh.

Prilaku Andalah yang akhirnya menjadi sebuah aturan dalam keluarga Anda. Prilaku andalah yang akan memberi nilai dalam karakter remaja Anda. Meski mungkin merasa banyak dituntut, anak jadi bisa memilah mana sikap yang sebaiknya dilakukan dan mana yang tidak.

2. Jadilah pendengar yang baik

Di usia remaja biasanya anak mengalami berbagai gejolak dalam hidupnya. Mulai dari persoalan pubertas hingga pergaulannya yang mulai berubah dan semakin luas. Ada banyak hal yang masih asing dan menimbulkan pertanyaan dalam benak anak. mereka akan mulai banyak bertanya atau sekedar mengeluarkan isi hatinya kepada Anda. Semua ini untuk mengusir segala kegelisahan di hati mereka. Tidak jarang anak juga merasa nyaman dengan pergaulan barunya.

Dalam kegelisahannya, anak perlu mendapat perhatian yang cukup. Orangtua harus dengan setia mendengar segala keluhan dan pertanyaan mereka. Jangan anggap anak masih terlalu kecil untuk mengetahui hal-hal yang mereka tanyakan. Orangtua harus berusaha sebijak mungkin dalam menghadapi mereka. Jadilah pendengar yang baik.

Bagaimana menjadi pendengar yang baik? Berikan waktu ketika anak mengutarakan keinginannya untuk berbicara. Dengarkan semua keluhan dan pertanyaannya sampai tuntas. Jangan menyela dan jangan menyalahkan. Anda akan mendapat giliran ketika anak membutuhkan saran, masukan atau bahkan sekedar untuk tenangkan hatinya.

3. Hormati privasi anak

Ketika anak beranjak remaja, orantua perlu memahami jika anak memiliki urusannya sendiri yang ingin mereka simpan sendiri. misalnya terkadang mereka ingin berbicara hanya dengan para sahabatnya, orangtua jangan ikut campur pada persoalan persahabatan mereka. Akan ada waktunya anak menceritakan semua hal kepada Anda. Jangan perlakukan anak seperti anak kecil misalnya dengan selalu mengatur mereka atau selalu mengkhawatirkan anak.

Kamar adalah bagian privasi anak yang harus dihormati oleh orangtua. Dalam urusan gadget mereka, orangtua juga harus bijaksana. Gunakan perjanjian sejauh mana anak boleh mengakses media sosial dan menggunakan internet. Arahkan anak untuk menggunakan gadget untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka. Jangan asal membuka obrolan anak dengan teman-temannya di media sosial serupa whatsapp dan lainnya.

4. Sepakati aturan-aturan penting

Saat anak beranjak remaja, akan ada masa anak lebih suka menghabiskan waktu dengan teman-temannya atau menghabiskan waktunya untuk menekuni hobinya. Untuk itu anak dan orangtua perlu membuat peraturan yang harus ditaati oleh anak dan orangtua. Misalnya aturan untuk meminta izin dan memberitahu tempat yang akan dituju anak, pulang tidak boleh lewat maghrib atau aturan membatasi penggunaan gadget.

Beri pengertian kepada anak jika semua peraturan yang dibuat untuk kebaikan bersama. Anak perlu diajak untuk mendiskusikan apa yang akan mereka lakukan dan buat mereka bertanggung jawab atas segala keputusan dan perbuatan mereka. Perlakukan mereka seperti orang dewasa, jangan anggap mereka sebagai anak kecil dengan selalu mendikte dan memarahi mereka. (Maya)

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
4
prinsip
mendidik
remaja
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
08 February 2018 13:38:49

Ayah Bunda, Jadilah Teladan dalam Mengelola Emosi

 
PARENTING
06 May 2018 20:36:45

Tarbiyah Kehidupan

 
PARENTING
17 August 2018 21:34:24

Mengenal Pahlawan Indonesia, Muhammad Natsir

 
PARENTING
24 April 2018 21:34:19

Alas Kaki dan Akhlak Pemakainya

 
PARENTING
25 September 2018 19:56:15

Ibu adalah Teladan



media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284